alexa-tracking

Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af2a54b507410bf0f8b456a/penjual-oleh-bukalapak-diminta-ganti-rugi-jauh-lebih-mahal-ke-pembeli
Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI
Selamat siang, 
Saya sebagai penjual di bukalapak menjual sebuah mixer oxone dengan nomor transaksi 180812508699. Mixer tersebut seharga Rp 2.100.000 dengan ongkir J&T Rp 546.000 beserta asuransi Rp 5.250 dengan total Rp 2.651.000
Di halaman pertama yang tertera dengan jelas catatan toko apabila packing kayu untuk melindungi dari kerusakan fisik dan harus di pesan secara terpisah (karena di ecommerce seperti bukalapak tidak menyediakan opsi centang packing kayu, hanya tersedia asuransi pengiriman saya)
pembeli hanya membeli barang beserta asuransi. Ternyata beberapa hari kemudian barang sampai dengan kondisi rusak fisik karena tidak packing kayu. Tetapi pihak bukalapak menyalahkan saya  karena saya kirim tanpa packing. Sudah saya kasih argumen dan catatan ke pihak bukalapak disertai bukti dokumentasi foto pengiriman saya dari pihak J&T tetapi solusi akhir tetap bukalapak meminta pembeli retur barang ke tempat saya beserta saya harus mengembalikan biaya barang dan ongkos kirim seharga Rp 2.757.696.
Saya divonis salah karena kirim barang tidak packing kayu

Herannya kesalahan pembeli tidak packing kayu sehingga barang terima fisik cacat malah penjual di salahkan dan saya disuruh retur uang melebihi nilai penjualan. 
Asuransi di kurir seperti J&T dan JNE barang di cek terlebih dahulu oleh kurir dipastikan barang sesuai dengan yang di asuransikan dan tidak ada cacat fisik. 

Dengan ini saya minta solusi dari bukalapak atas kerugian karena barang saya kirim dengan keadaan berfungsi tidak cacat dan baru.
Sekarangan malah barang di retur dan saya disuruh ganti rugi melebihi total biaya penjualan
Penjual lain kali kalau kejadian gini lagi dari pihak pembeli tidak mau beli packing kayu dan ada kerusakan barang fisik waktu terima = 100% salah penjual

Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI
Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI
update 16/05/18
barang sudah di kirim oleh pembeli via tiki & sudah saya terima.
berikut dibawah ini video unboxing dan foto barang yang saya terima.
barang terima kondisi sudah kotor dan tidak ada segel toko (tiap barang yang saya kirim pasti saya kasih segel stiker toko)




Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI

Emgnya pas buyer pesen bgitu, seller kagak chat buyer buat packing kayu ?

minimal di ingetin lah resikonya.
Kenapa mau aja kirim barang tanpa packing kayu? Kl ga sebenarnya bisa diakalin pada berat barang, misalnya berat barang 3kg, bikin aja 6kg, itung2 biaya kelebihan berat barang buat biaya packing kayu
menurut ane ya gan.
walaupun ente buat catatan macam2 dan sebanyak apapun gak pengaruh ke aturan BL .
Setau ane asuransi berlaku kalo barang ilang aja, kalo rusak mah ga ditanggung ama ekspedisi, makanya kalo ke jne barang elektronik selalu disarankan packing kayu,
packingnya pake apaan emang ?
bubble wrap + dus tebal ?
Catatan Penjual sepengamatan ane kayak gaada gunanya... Alias ya gaad a kekuatannya

Kalo ane biasanya mainin di ongkir sih buat cover biaya packing kayu
Quote:


penasaran ama pertanyaan agan ini, d jwb dong TS

btw ciki ane remuk sampe d rumah
pembeli ngirim barangnya keluar duit lagi dong setengah juta emoticon-Kagets
ongkir yg sadis emoticon-Busa:
Quote:


benar ini..saya pun demikian jika menjual elektronik yg rentan rusak diperjalanan ekspedisi..misal brg 3kg jd 5kg, jika memang kelebihan saya akan refund kelebihannya via transfer manual..tapi setidaknya menghindarkan hal2 ini..harga packing kayu biasanya sama jne di doublein jd 2x ongkir.
emang ongkir sby jkt berapa sih?
ane liat di ss TS ongkirnya kena 546rb
ane cek di google beratnya tu mixer ada yang tulis 8kilo,ada yg tulis 12 kilo

kalo diitung 12kilo aja,ongkir per kilo nya 45rb
emang segitu ya?

edit : gak pasti juga sih,soalnya gak ketauan pembeli lokasi dimana
Quote:


kirim ke kota pinggiran di kalimantan (bukan ibukota provinsi) ini mixer yang ukuran 5.5L jadi memang besar barangnya.
berat asli barang 8 kg tapi packaging original sudah hitung volume dus aja sudah 15kg..

packaging saya kasihkan lagi dus tebal
trus dalam packaging orginal sudah ada gabus tebalnya bawaannya juga

Kalo mnrt gw sih seharusnya TS naikin aja beratnya utk cover ongkos packing kayu, soalnya klo ud kayak gni susah pd lempar2an tngg jwab atau klo ngga chat ke buyer suruh tambah kayu....klo dia ga mau agan bs wanti2 klo rusak ngga tnggung jawab dan sblm kirim ud di video atau ks bkti pengriman awal dlm kondisi OK....seandainya buyer complain ke BL pun agan dah kuat posisinya krn buyer menolak packing kayu
Harusnya sih packing kayu utk barang seperti di atas itu WAJIB, bukan OPSI, yah untuk menghindari terjadinya kasus seperti ini, dan berat barang itu dihitung setelah di packing, bukan berat bersih barang nya
iya padahal sudah saya kasih video waktu ngetest dan ngepak barang tetapi tetap kalah. herannya orangnya beli senilai barang dan ongkir 2.6jt tapi bukalapak malah masih solusi final saya harus retur 2.7jt
Quote:



kalau barangnya tiba dalam keadaan rusak, sih mungkin bener BL suruh agan refund

tapi kok nilainya beda ya dari nilai invoice agan. Apa pas pembeli bayar ada biaya lain-lain lagi? kalau gak mungkin coba ditanyain sama B/L darimana dapet nilai segitu plus suruh dia bandingin sama invoice yang dikeluarin BL sendiri untuk transaksi ini
Quote:


Biasanya Bukalapak membebankan biaya pengiriman kembali ke Buyer. Sekarang misal agan beli Barang dengan ongkos kirim 50 rb, setelah sampai ternyata barang itu salah warna / model / rusak. Agan mau emang ngirim balik ke Penjual dengan biaya dibebankan ke Agan ? ngga kan... Yang saya heran ongkir sampe 500 rb itu itungannya darimana ? apa ada Screenshot ongkir nya ?
sory oot ada yg tau cara cepat biar di respon saat complaint ke bukalepek ini ga sih???
update 16/05/18
barang sudah di kirim oleh pembeli via tiki & sudah saya terima.
berikut dibawah ini video unboxing dan foto barang yang saya terima.
barang terima kondisi sudah kotor dan tidak ada segel toko (tiap barang yang saya kirim pasti saya kasih segel stiker toko)




Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI
Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELIPenjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI

berikut bukti dari j&t waktu penerimaan barang dan surat keterangan dari supervisor
Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI

Penjual Oleh Bukalapak Diminta GANTI RUGI JAUH LEBIH MAHAL KE PEMBELI