alexa-tracking

Jokowi dan stempel aman truk

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af298b75c7798dc598b456b/jokowi-dan-stempel-aman-truk
Jokowi dan stempel aman truk
Jokowi dan stempel aman truk
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) menyalami pengemudi angkutan barang seusai bersilaturahmi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5).
Presiden Joko Widodo menerima 80 pengemudi truk dari Jawa, Sumatra, dan Kalimantan di istana negara pada Selasa (8/5/2018). Para sopir truk itu mengeluhkan banyaknya pungutan liar selama di perjalanan dan Jokowi menjanjikan akan menindaklanjuti keluhan itu.

Jokowi mengungkapan kegembiraan karena dapat bertemu dan silaturahmi dengan para pengemudi truk. Presiden mengatakan apresiasinya terhadap pengemudi truk atas dedikasi dalam mendistribusikan barang, bahan pokok dan pangan ke seluruh tanah air.

Jokowi menanyakan kepada para pengemudi truk apakah masih terjadi pungutan liar. Pengemudi truk pun menjawab banyak pungutan liar. Seorang pengemudi mengisahkan jasa keamanan melalui cap atau stempel di belakang truk.

"Saya sudah dengar banyak dan saya kaget tadi, ternyata banyak sekali cap tadi. Pak Wakapolri akan saya perintahkan langsung untuk segera dioperasi," kata Presiden. melalui laman Sekretariat Kabinet.

Jokowi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya dan Wakapolri Syafruddin yang hadir dalam pertemuan itu untuk segera menindaklanjuti keluhan yang disampaikan para sopir truk.

Presiden meminta preman-preman yang selama ini memalak sopir truk untuk ditindak. Begitu pula apabila ada oknum polisi atau petugas dinas perhubungan yang bermain. "Disikat semuanya," kata Jokowi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji akan menjadikan keluhan yang disampaikan para pengemudi truk sebagai masukan dalam pengelolaan jembatan timbang di seluruh Indonesia.

Budi Karya mengingatkan, fungsi jembatan timbang adalah untuk mengatur berat dan volume kendaraan pengangkut barang yang melalui suatu daerah. Menhub tidak menampik, jika di beberapa daerah ada yang menggunakan jembatan timbang sebagai sumber pendapatan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Mulai tahun ini akan kita tertibkan, itu akan dikendalikan oleh pemerintah pusat, dan kita akan mengembalikan fungsinya untuk mengatur berat dan volume karena ini penting," kata Budi Karya.

Dari evaluasi yang dilakukan, kata Menhub, 80 persen truk itu melampaui batas berat dan volume. Ia mengakui, jika dalam kasus demikian biasanya yang menjadi korban adalah para sopir karena biasanya pemilik barang inginnya mengangkut barang sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan daya dukung dari angkutan.

Budi Karya mengatakan, batasan volume barang yang bisa diangkut oleh truk sudah disampaikan secara tegas di sebelah kanan itu ada tulisan yang di situ tertera. Kalau engkel, menurut Menhub, biasanya 10-15 ton, sedangkan untuk tronton bisa 20 sampai mungkin sekitar 30 ton.

Stempel "aman" truk

Wakil Kepala Polri Syafruddin menantang para sopir truk untuk memberikan rekaman tindakan pungutan liar yang melibatkan aparat Polri.

Dia mengemukakan polisi zaman dulu dengan saat ini sudah jauh berbeda karena pemerintah sudah memberikan remunerasi yang cukup besar sehingga tidak ada alasan jika dikaitkan dengan penghasilannya yang tidak mumpuni.

"Mereka juga jijiklah mau pungli-pungli yang Rp5.000, Rp10.000 sekarang. Remunerasi besar sekarang polisi itu. Lebih dari gajinya," kata Syafruddin.

Untuk itu, dia meminta para pengemudi truk yang mendapatkan pungli dari aparat kepolisian untuk segera melapor kepadanya. Bagi aparat yang terbukti melakukan pungli, sanksi pemecatan menjadi opsi satu-satunya.

Apakah ancaman Wakapolri dapat pula menghapus stempel "aman" truk? Praktik cap atau stempel sebagai tanda pengamanan truk sudah berlangsung sejak lama.

Cap semprot ini dikelola sejumlah orang yang mengeklaim dapat mengamankan truk selama perjalanan. Beberapa nama jasa pengamanan legendaris adalah Gajah Oling yang sudah bubar.

Pengemudi truk mendapatkan cap pengelola jasa pengamanan, berupa cat semprot untuk sekali jalan. Pengemudi truk harus membayar jasa pengamanan itu dengan tarif sekitar Rp50 ribu, dan bisa turun kalau sudah pernah menggunakan jasa yang sama.

Cap yang disemprotkan di belakang atau pinggir truk itu menjamin keamanan sampai wilayah kerja pengelola jasa keamanan itu. Mereka menjamin keamanan dan tak akan diganggu di tengah jalan, meskipun keamanan sebenarnya sudah menjadi tugas kepolisian.

Gajah Oling yang dikabarkan sudah bubar, tetapi jasa pengamanan tetap muncul. Di Mesuji Lampung, misalnya, polisi pernah menggelar operasi penghapusan jasa pengamanan jalan raya dengan cara memberikan cap kepada kendaraan angkutan dan meminta sejumlah uang pengamanan.

Pengemudi truk menyambut operasi penghapusan jasa itu. "Tapi kami juga minta dijamin keamanannya, takutnya nanti pihak yang masang merek itu marah, dan untuk kami kalau untuk melawan mereka itu sangat tidak mungkin," kata seorang sopir, Andi dikutip News Lampung Terkini.
Jokowi dan stempel aman truk


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...mpel-aman-truk

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jokowi dan stempel aman truk Tiru Ahok, Sandi ingin tata Tanah Abang pakai dana swasta

- Jokowi dan stempel aman truk Kejelasan status hukum ABK Ever Judger dipertanyakan

- Jokowi dan stempel aman truk Investasi dan bansos pendorong utama ekonomi kuartal I 2018

image-url-apps
Quote:


kalo 10rb kali 100 truk juga ga jijik lagi njing emoticon-Blue Guy Bata (L), lagian pengelola jasa keamanan juga orang2 lu jugaemoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


gan coba jangan terlalu frontal begitu dong emoticon-Ngakak (S)
jasa pengaman yang paling banyak nyedotnya dan terkesan di biarkan ya emoticon-Ngakak (S)
KASKUS Ads
image-url-apps
Malak supir. Hadeu...emoticon-Cape d...