alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Ketika Anak Mulai Suka Dandan, Wajarkah?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af287f214088dc76f8b458d/ketika-anak-mulai-suka-dandan-wajarkah

Ketika Anak Mulai Suka Dandan, Wajarkah?

Ketika Anak Mulai Suka Dandan, Wajarkah?

Balita Anda semakin beranjak besar. Sikap dan perilakunya tentu juga mulai berubah dan berbeda, salah satunya ketika Anda mendapati si kecil jadi mulai suka menaruh perhatian pada perlengkapan makeup dan mulai gemar dandan.

Apakah hal ini wajar? Lalu apa yang harus di lakukan jika sejak dini anak sudah mulai gemar dandan? Tenang saja, Moms, jika anak Anda sudah mulai senang dandan, ini adalah ha

Dalam momen ini, malah bisa jadi ajang menanamkan hal-hal baru untuk anak lho, Moms. Beritahukan ia, maksud Anda berdandan itu untuk membuat Anda tampil rapi, bersih, menarik, dan serasi. Bukan hanya area wajah yang menjadi perhatian, melainkan juga pakaian yang dikenakan. Anda bisa mengenalkan pula aturan tentang penggunaan pakaian. Misalnya, untuk ke kantor, ke rumah ibadah, ke rumah nenek, itu berbeda dengan pakaian untuk tidur di rumah.

Anak juga perlu tahu, kalau di rumah, Anda tidak menggunakan makeup, biasanya tanpa makeup atau cukup memakai produk kesehatan kulit berupa pembersih dan pelembab saja.

Si kecil sedang berada dalam tahap belajar mandiri, Moms, fasililtasi hal ini dengan memberi mereka kebebasan termasuk bebas menentukan sendiri model pakaian dan aksesori yang ingin mereka kenakan. Tugas Anda, yakni bisa membantunya merapikan dan memberikan masukan kepada anak. Saat anak sudah berpakaian tapi belum rapi, Anda bisa mengajaknya bercermin dan memberi tahu si kecil kalau masih belum rapi. Tawarkan pula bantuan untuk merapikannya. Misalnya, ada kancing baju yang belum terkait.

Moms juga bisa memberi pengertian bahwa tujuan berdandan adalah untuk membuat diri tampil semakin rapih, bersih, layak dan juga wangi. Katakan pada mereka bahwa dandan diperlukan hanya pada pesta atau acara yang hendak dikunjungi.

Penting pula memastikan bahwa tampilan yang mereka gunakan sesuai dengan usianya, Moms. Namun, Anda tak perlu cepat-cepat merespons negatif "Jelek banget, seperti tante-tante," jika tampilan anak terlalu heboh. Jika anak dandan berlebihan, Anda bisa mengatakan pada anak bahwa seusianya, akan lebih cantik apabila berdandan atau berpakaian seperti ini (misal sambil menunjukan contoh model-model baju dan dandanan anak di internet.)

Jika si kecil senang mengekplor peralatan kosmetik Anda, mungkin ada baiknya bila Anda menyediakan perlengkapan makeup khusus anak. Tujuannya, kesenangan barunya itu jangan sampai merusak kulitnya. Selain itu, Moms juga bisa mengajari konsep maskulinitas pada anak laki-laki dan feminitas pada anak perempuan. Misal, Anda bisa mengatakan berdandan laki-laki itu seperti ayah yaitu memakai celana panjang, lengkap dengan ikat pinggang, baju dimasukan, dan sedikit menggunakan gel pada rambut. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanmom/ke...andan-wajarkah

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Ketika Anak Mulai Suka Dandan, Wajarkah? Ketika Anak Mulai Suka Dandan, Wajarkah?

- Ketika Anak Mulai Suka Dandan, Wajarkah? Yang Dapat Anda Lakukan saat Anak Melawan

- Ketika Anak Mulai Suka Dandan, Wajarkah? Mengajari Anak dengan Contoh yang Baik

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wajar lah


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di