alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
ISIS Klaim Jadi Dalang Rusuh Mencekam di Mako Brimob
4.17 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af277e3dad7707a258b456a/isis-klaim-jadi-dalang-rusuh-mencekam-di-mako-brimob

ISIS Klaim Jadi Dalang Rusuh Mencekam di Mako Brimob

Jakarta - Bagaimana akhir penanganan rusuh mencekam di rutan Mako Brimob masih belum jelas. Di tengah upaya penanganan krisis, ISIS mengklaim mendalangi kerusuhan ini.

Klaim tersebut disampaikan ISIS melalui Amaq News Agency, kantor berita mereka melalui aplikasi Telegram. Pesan dalam bahasa arab tersebut kemudian dipublikasikan melalui situs kelompok intelijen SITE.

"Biro berita Islamic State melaporkan pejuang mereka terlibat dalam pertarungan dengan unit anti teror di dalam penjara yang ada di Jakarta," demikian pernyataan ISIS itu, Rabu (9/5/2018).


Apa betul ini ulah ISIS? Polri belum bisa dimintai konfirmasi mengenai hal ini. Pernyataan dari Polri masih sangat terbatas karena proses penanganan rusuh ini masih terus dilakukan.

Peristiwa ribut-ribut itu terjadi sejak sekitar pukul 22.00 WIB Selasa malam. Ada ribut antara tahanan dengan petugas yang diduga dipicu tindakan tahanan merebut senjata.

Baca juga: 2 Mobil Ambulans Masuk ke Mako Brimob


Per pukul 01.00 Rabu (9/5), Polri menyatakan penanganan situasi rusuh di Mako Brimob dalam status 'masih dalam proses'. Polri pun meminta doa kepada masyarakat karena masih melakukan sejumlah upaya termasuk melakukan pendekatan lunak.

"Saya membenarkan bahwa ada insiden di dalam. Di mako brimob kelapa dua. Ada dugaan tahanan ribut dengan beberapa petugas. Saat ini, kami sedang melakukan tindakan-tindakan kepolisian, baik soft approach, maupun tindakan-tindakan lain. Saat ini, sedang berproses," ujar Karopenmas Polri Brigjen M Iqbal di Mako Brimob.

Meski penanganan terhadap situasi di Mako Brimob masih dilakukan, Iqbal meminta masyarakat tetap tenang. Informasi-informasi yang berseliweran di media sosial, diminta tak perlu dipercaya.

"Pada kesempatan ini, juga kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang. Tidak terhasut dengan semua informasi yang ada di media sosial yang sudah beredar. Saat ini, situasi masih dapat dikendalikan," tutur Iqbal.

https://news.detik.com/berita/d-4012070/isis-klaim-jadi-dalang-rusuh-mencekam-di-mako-brimob?_ga=2.191672674.977794217.1525658048-949462752.1524875059

gue yang bikin..trit perdana...emoticon-kisssing
Halaman 1 dari 16
Quote:

nyulik dari BP, beberapa foto saya delete, DP

keliatan senjatanya non organik brimob buluk, ada juga glock, tersu SIG MPX kemungkinana hasil rebut dari petugas. kyknya gudang barng bukti yang jebol, klo screencshot ini betul kejadian di kelapa dua

Quote:


nyulik dari BP, beberapa foto saya delete, DP

keliatan senjatanya non organik brimob buluk, ada juga glock, tersu SIG MPX kemungkinana hasil rebut dari petugas. kyknya gudang barng bukti yang jebol, klo screencshot ini betul kejadian di kelapa dua


quote dari web yang sama

"Dua mobil TNI masuk ke dalam Mako Brimob. Dua mobil bertuliskan Yonzikon 11/DW itu masuk secara beriringan.

Pengamatan dari depan Gereja Gideon yang bersebelahan dengan Mako Brimob, polisi bersenjata masih berjaga. Ada 11 polisi bersenjata laras panjang yang berjaga."

===

malah yon zikon yang masuk, mustinya zipur dong ya.. atau kamuflase..ue sih minta sekalin pake leopard aja tuh gedung ditembak..biar ga banyak masalah tambahan....emoticon-Ngacir

seperti yang ue sebutkan diatas, kemungkinan itu senjata dari gudang barbuk milik D88, dikuatkan lagi informasi ada juga penyelidik D88 yang lagi ngurus tersangka baru, terluka oleh narapidana. jadi emg ni gedung selain difungsikan sebagai rutan narapidana juga dipake jadi tempat aktivitas D88. dan dugaan ane barbuk disimpan disitu juga, sayangnya knp barbuk peluru juga disimpan disitu. untuk organisasi sebesar D88 dengan budget gede, dan org org pilihan, mustinya risk asssesment penempatan barbuk dll udah bagus juga. ini sebatas dugaan ane mengingat brimob ga pake M 16, AK seri lama sebagai senjata organiknya. monggo dilanjt diskusinya..

yang ke dua

untuk organisasi sebesar D88 mustinya sudah punya protokol kegawat daruratan yang dilengkapi sarana penunjang untuk mengantisipasi dan memperjelas tindakan apa saja yang perlu diambil klo ada kejadian kyk gini, gila aja ngumpulin org org dengan otak yg sudah tertutup dan militan tanpa tindakan pencegahan yang tepat atau antispasi dan tindak lanjut yang memadai. Contoh, mustinya D88 udah punya skenario tindak lanjut klo klo ada kjadian kyk gini, salah satunya adalah harus punya jammer sinyal, yg dinyalakan segera setelah ada kejadian kyk gini, bagaimana mungkin org org itu bisa melakukan live instagram, kok bisa dapat gadget, senjata aja bisa dapet apalagi HP, dari penjaga yg kena gebuk juga bisa..

update

Wiranto Anggap Masalah di Mako Brimob Menyangkut Keamanan Nasional

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wiranto Anggap Masalah di Mako Brimob Menyangkut Keamanan Nasional", https://nasional.kompas.com/read/201...anan-nasional.
Penulis : Yoga Sukmana
Editor : Sandro Gatra
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto belum mau menjelaskan detail mengenai kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Wiranto beralasan, masalah ini terkait keamanan nasional. Awalnya, wartawan menanyakan kegentingan situasi di Mako Brimob. Pasalnya, sejumlah pejabat berkumpul di kantor Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta, pada Rabu (9/5/2018) siang. Tampak hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPT Suhardi Alius, Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan hingga Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Utami. "Ya, kalau sudah ada yang terbunuh kan, ya urgen," ucap Wiranto kepada wartawan seusai pertemuan. Baca juga : Polri: Sepele, Pemicu Keributan di Mako Brimob Hanya karena Makanan Namun, Wiranto belum mau menjelaskan lebih detail mengenai korban. "Udah nanti aja ya, masalah begini enggak bisa saya ekspos. Kalau selesai kita ekspos ya," kata Wiranto. Mantan Panglima ABRI itu tetap tak mau memberi penjelasan saat terus ditanya wartawan. "Saya akan sampaikan, you enggak bisa desak saya kaya apa, enggak bisa ya. Ini masalah yang harus kita tangani dengan hati-hati tetapi sungguh sungguh karena menyangkut masalah keamanan nasional. Menyangkut bagaimana kita mengatasi dengan baik, benar berdasarkan hukum, dan tuntas," kata dia sambil berjalan.


Mereka membahas kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.(Yoga Sukmana/Kompas.com) Pantauan Kompas.com, begitu keluar dari kantor, mereka langsung menaiki bus. Hanya Sri Puguh Utami yang menaiki mobil dinasnya. Belum diketahui hendak kemana rombongan tersebut. Baca juga : Tanggapan Wapres Kalla Terkait Kerusuhan di Mako Brimob Seperti dikutip Kompas.id, insiden di Mako Brimob, Selasa (8/5/2018) malam, diduga diawali oleh tahanan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) asal Sumatra Selatan (Sulsel) Wawan Kurniawan alias Abu Afif. Berdasarkan informasi dari sumber di kepolisian, Wawan yang tengah menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (8/5/2018), dibesuk keluarganya yang juga membawa makanan untuk Wawan. Namun, pengawal dari kepolisian melarang pemberian makanan itu dan Wawan marah. Sudah jamak diketahui di kalangan aparat, termasuk di lembaga pemasyarakatan bahwa tahanan atau nara pidana (napi) teroris kerap kali mendapatkan barang-barang selundupan yang dilarang aparat dari keluarga atau penjenguk, termasuk melalui makanan. Barang tersebut, sekalipun tidak berbahaya, tak jarang berupa surat atau catatan, dari sesama anggota jejaring terorisme yang diindikasi cukup berisiko ketika menjadi cara mereka menebar pemahaman ekstrem/radikal. Oleh karena itu, aparat bersikap lebih tegas. Kemarahan Wawan berlanjut setelah persidangan dan kembali ke tahanan di Mako Brimob. Sekitar pukul 17.00 WIB, Wawan menuntut untuk dipertemukan dengan petugas untuk memprotes soal larangan pemberian makanan tadi. Namun, petugas yang ingin ditemui Wawan sedang tidak di tempat, dan Wawan diminta bertemu keesokan harinya. Namun, Wawan rupanya tidak puas. Sekitar pukul 20.00 Wawan memprovokasi tahanan lain untuk membuka paksa sel mereka. Mereka kemudian merangsek ke ruang interogasi, yang saat itu sedang ada polisi wanita yang tengah memeriksa tahanan baru, anggota JAD dari Ambon. Mereka kemudian merebut senjata Sang Polwan dan memukulinya. Dari insiden inilah kemudian para tahanan teroris menyerang aparat lainnya dan menyandera mereka. Para tahanan bahkan menjarah gudang barang bukti dan merebut sedikitnya enam senjata laras panjang dan lima senjata laras pendek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wiranto Anggap Masalah di Mako Brimob Menyangkut Keamanan Nasional", https://nasional.kompas.com/read/201...anan-nasional.
Penulis : Yoga Sukmana
Editor : Sandro Gatra
=======
confirm..gudang bar buk. mitigasi resiko D88 musti di perbaharui ini, aset personel yang gugur itu sama sekali ga bisa digantikan, semoga jadi perhatian pejabat berwenang
Diubah oleh den88kuskus
Pada hari ini Selasa tanggal 08.05.2018 sekitar pukul 20.20 Wib adanya tindakan perlawanan dari tahanan teroris Rutan Mako Brimob.
Adapun kronologi sbb:
Ketrangan:
1. MUHAMAN RAMDANI anggota penindak subdit 4 info awal tiba2 suara dari blok c mengeluarkan kata2 sipir anjing dari Napiter Ats nama WAWAN yang menjadi provokator pemicu awal menyuruh untuk memanggil pak budi dengan alasan pngen ngomong masalah tentang makanan.. hasil negoisasi bahwa malam ini pak budi akan datang. - Setelah Sholat issah kalo sampai issa pak budi blom dtang merka akan melakukan hal yg sama dengan ribut di dalam blok C kemudian di ikuti blok B dan A.
- stelah negoisasi di tolak dari bid tindak 13 orng kembli ruang CCTV, akhirnya pintu olah raga samping di jempol dari blok C.
- katim tindak Aipda Firson pergi menghampiri blok c untuk berbicara dengan mereka kemudian di lempar oleh Tahanan napiter blok C setelah itu pintu utama blok C rame2 di dobrak oleh tahanan napiter blok C kemudian mengambil besi jemuran menghancurin kaca2. Bripda dani di lempar pakai asbat rokok yang mengenai kepala korban sehingga terjadi luka sobek di kepala kanan.. setalah kejadian itu bripda Dani dan tim tindak keluar dari Rutan karena piket Brimob sudah datang untuk mengamankan Rutan. Pada saat kejadian kami dari tim tindak 13 orang semuanya tidak membawa senjata Api.

2. Korban dari anggota inves Briptu Hadinata :
semua tahanan block C keluar dan memukuli semua petugas, Briptu Hadinata berusaha lari sempat senjatanya( Sigsauer) jatuh di ambil lagi oleh briptu Hadinata dan berusaha keluar sambil lari dan di keroyok oleh napiter yang memukuli menggunakan benda Tumpul sehingga mengenai kepala kanan atas luka sobek ringan.
Sementara jangka waktunya sekitar 15 min baru ibu lastri dan pak haris bisa keluar yang di bantu sama beberapa oknum napiter sampai ke pintu keluar.

Jumlah tersangka yang terdapat di rutan sebanyak 165 dengan perincian :
Blok A : 50
Blok B : 47
Blok C : 48
Bayi : 1
Tsk diluar blok(ruang sidik) : 10 orang
adapun korban sbb:
Korban luka di RS:
1. Iptu. Sulastri
2. Brigadir Lalu Haris
3. Briptu Hadinata
ANGGOTA yang masih berada didalam rutan dan menjadi sandera sbb:
1. bripka iwan sarjana
2. Briptu Fandi
3. Bripka Deni setiadi
4.Iptu Ros Puji
5. Bripda syukron.
6. Bripda wahyu catur
Mereka diduga menguasai 30 pucuk senjata api baik senpi pendek/pjg rakitan maupun pabrikan. Diduga para tahanan jg menguasai sekitar 300 amunisi.
adapun permintaan para tahanan saat bernegosiasi bahwa mereka ingin dipertemukan kepada Oman Abdurrahman
Rencana tindak lanjut
Hingga saat ini (Rabu, 9 Mei 2018 Pukul 01.31 WIB) masih dilakukan pertimbangan atas permintaan para tersangka yang menginginkan agar ditemukan oleh Oman Abdurrahman, namun akan diupayakan pertemuan tersebut dilakukan pada hari rabu, 9 Mei 2018 pagi hari.
- sekitar jam 02.00 perwakilan tsk teroris Keluar dr Rutan dan bernegosiasi dgn petugas;
Perwakilan napi tsb an. ABU UMAR yg menyampaikan sbb;
1. Pr napi blm memutuskan opsi apakah akan berdamai atau perang
Krn sebagian ada yg setuju dan telah berbaiat syahid, sebagian lg tdk setuju
2. Dari 6 org angt yang di tahan, 5 diantaranya telah wafat dan 1 org masih di tahan di Blok B
3. Polri menyampaikan opsi utk berdamai dan WAJIB para napi menyerahkan seluruh senjatanya
Perwakilan telah kembali ke ruang sel dan akan di bahas oleh para Tsk yg masih di dlm
Quote:


bold : organik dan rakitan, kemungkinan cuam dua, selundupan atau dari gudang barang bukti..

Al Fatihah buat petugas yang telah wafat. emoticon-norose
Sudah berakhir atau masih berlanjut?? Semoga cpt selesai...
tumben tumbenan di tv gak ada livenya seakan akan gak ada apa apa.
Beritanya juga gak sering tampil.
udah di aturkah bagian penyiaraan.
Diubah oleh rakusentai
Quote:


Well, gimana ya....... emoticon-Ngacir
Spoiler for ..:


Spoiler for JEJAK DIGITAL:
Thou shall not negotiate with terrorists...
Quote:


klo kejadin kyk gini ya musti kyk gini, informasi itu cuma dari satu pintu, jgn kyk dulu tipi nggandoli operator. Well musti diinget juga kapolrinya juga operator lapangan, dan ngerti, sekarang itu yg gede perang informasi, makanya ane sorot diatas, fasilitas kelas I D88 kok kgk punya jammer sinyal hengpon.....emoticon-Shutup
Quote:


negosiasi perlu, masih ada sandera hidup dan ga semua pengen perang, ada bayi juga.semoga yg keras kepala mau melepaskan yang kooperatif, abis itu klo mau angus angusan... soo be it..
pantesan aja disana mereka ini jadi kroco , disini kerja kek gini, disana udah punya copyright kalau disini cuma bisa comot sana-sini, photo dari negara tetangga lah diambil emoticon-Malu (S)
nunggu pers konferens polri
Quote:


IMSI catcher emoticon-Malu (S)
Quote:


ngga ngerti IMSI catcher itu apa mbah...suer..mo googling dulu emoticon-Ngacir
Quote:


pemukul lalat pake batre gan , sering dipake buat bangunin orang yang jaga pos ronda emoticon-Ngakak
info dari Cijantung ... beberapa Kopassus dah sampe mako Brimob untuk penyisiran !!! ... semoga cepet kelar
Diubah oleh dengultor81
Quote:


Harusnya dibersihkan tanpa sisa...
Udah dibiarin hidup,. Dikasi makan, ngelunjak. Bener2 dah
Quote:


oh.......
Ralat, ini foto viaduk solo, bukan di kelapa dua

ISIS Klaim Jadi Dalang Rusuh Mencekam di Mako Brimob
Quote:


iyes mbah, itu udah ada capture cegatan solonya di post #8 ID capung 88...saya hapus aja..
Diubah oleh den88kuskus
Halaman 1 dari 16


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di