alexa-tracking

Evaluasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Demi Perbaikan di Masa Datang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af273a954c07a302d8b456c/evaluasi-ujian-nasional-berbasis-komputer-demi-perbaikan-di-masa-datang
Evaluasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Demi Perbaikan di Masa Datang
RELION –  Untuk memastikan Ujian Nasional Berbasis Komputer semakin baik setiap tahunnya, pemerintah selalu mengadakan evaluasi agar penyelenggaraan di tahun depan berlangsung lebih baik. Setelah diselenggarakan selama beberapa tahun, selain  jumlah sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terus bertambah, pemerintah juga menemukan kalau UNBK meningkatkan indeks integritas para siswa. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik terlebih ditengah banyaknya kasus terkait kurangnya integritas di kalangan petinggi negara.



Meningkatnya indeks integritas para siswa yang mengikuti UNBK merupakan salah satu efektivitas sistem ujian yang baru beberapa tahun diadopsi oleh pemerintah kita. Meningkatnya indeks integritas ini kemungkinan besar dikarenakan sistem ujian nasional berbasis komputer ini memperkecil kemungkinan terjadinya soal atau kunci jawaban bocor ke tangan peserta ujian. UNBK berbeda dengan ujian konvensional yang memiliki alur panjang hingga lembar soal dan jawaban sampai ke tangan para peserta ujian. Alur panjang ini yang membuat kemungkinan soal atau kunci jawaban bocor yang pada akhirnya akan berefek ke indeks integritas para siswa.

Sayangnya, walau berhasil meningkatkan indeks integritas para siswa tetapi tidak diimbangi dengan kenaikan prestasi akademik. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah, khususnya MENDIKBUD, di tahun-tahun yang akan datang.  Namun persoalannya tentu tidak hanya karena peserta ujian tidak atau belum terbiasa dengan sistem UNBK. Sebelum peserta mengikuti UNBK tentu sekolah mengadakan uji coba atau try out terlebih dahulu untuk memperkenalkan sitem dan tata cara UNBK kepada setiap peserta agar UNBK berjalan dengan lancar. Tantangan untuk meningkatkan prestasi akademik peserta ujian merupakan tantangan yang harus dijawab dengan melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran.

Sekolah tentu harus mempertimbangkan hasil evaluasi ini dan menggunakannya untuk meningkatkan sistem belajar mengajar. Namun bukan berarti bisa mengabaikan persiapan untuk menyelenggarakan UNBK di tahun berikutnya. Persiapan yang harus dilakukan oleh sekolah adalah dengan memastikan sekolah mampu memberikan fasilitas terbaik untuk para murid yang akan mengikuti UNBK di tahun-tahun mendatang. Salah satu caranya dengan menyediakan fasilitas komputer yang sesuai dengan spesifikasi komputer UNBK dan server yang sudah memenuhi spesifikasi server UNBK yang dikeluarkan oleh pemerintah.
http://www.sekolahsiapunonline.com/n...0550.jpg[/img]
×