alexa-tracking

GP Ansor: Pemerintah Perlu Lindungi Generasi Millenial dari Ideologi Khilafah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af265abd9d77085598b4581/gp-ansor-pemerintah-perlu-lindungi-generasi-millenial-dari-ideologi-khilafah
GP Ansor: Pemerintah Perlu Lindungi Generasi Millenial dari Ideologi Khilafah
GP Ansor: Pemerintah Perlu Lindungi Generasi Millenial dari Ideologi Khilafah

JPP, JAKARTA - Pemerintah perlu merangkul eks anggota Hizbut Thahrir Indonesia (HTI) pascaputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) agar bersama-sama dalam naungan Pancasila dan NKRI. 

Namun, khusus bagi kader inti eks HTI diperlukan perlakuan berbeda. Sebab, ada tiga kelompok dalam organisasi pengusung Khilafah tersebut yakni kader inti, simpatisan atau anggota biasa dan generasi Millenial.

“Catatan penting dari kami bagi pemerintah dan semua pihak, jangan sampai rasa kekecewaan pengurus HTI tidak bisa berdiri di Indonesia, malah jadi tindakan kekerasaan. Harus diawasi jangan sampai melakukan kekerasan,” ungkap Nuruzzaman, Ketua Bidang Kajian Strategis dan Komandan Densus 99 Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Hal tersebut disampaikan Nuruzzaman dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Menerima Bersama Hasil Putusan Sidang HTI" yang akan diselenggarakan di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Selasa (08/05/2018).

Hal tersebut diutarakan Nuruzzaman menyikapi putusan PTUN yang menolak gugatan HTI pada Senin (07/05/2018).“Kami ucapkan kepada pemerintah, Kemenkopolhukam, para advokasi yang berjuang di pengadilan, dan semua pihak yang memberikan bukti-bukti kalau HTI layak dibubarkan.”

Pengurus GP Ansor tersebut mengingatkan, perlu ada perbedaan perlakuan terhadap kader inti eks HTI. Ia mengingatkan ada beberapa ideolog HTI seperti almarhum Muhammad Fachri yang menjadi inisiator Tabligh Akbar di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada 2013. Alumnus FISIP Universitas Jember itu pernah ditangkap oleh Densus 88 karena memfasilitasi sejumlah orang untuk berperang di Suriah.

Pun salah satu buronan nomor wahid kasus terorisme di Tanah Air, Bahrun Naim merupakan kader inti HTI yang merekrut banyak orang untuk melakukan tindakan terorisme. Bahrun Naim dikenal juga kerap memberikan manual cara merakit bom dan menggunakan senjata.

Sejumlah kasus terorisme seperti Bom MH Thamrin tahun 2015 berindikasi kepada Bahrun Naim.  “Bagi kelompok simpatisan dan anggota biasa HTI relatif lebih mudah untuk diajak dialog. Namun pemerintah harus memperhatikan generasi millennial. Sebab, mereka kini menjadi sasaran ideologi khilafah. Sebab, mayoritas generasi Millenial belajar agama dari medsos,” imbuhnya. 

Dijelaskan, di era millenial ini, para anggota HTI hampir semuanya mempunyai akun media sosial untuk mensosialisasikan ideologi Khilafah. Sebagai contoh, ustaz Felix Siauw memiliki pengikut di akun twitter hingga jutaan orang. Hal ini yang perlu diwaspadai pemerintah dengan melakukan kontra narasi tentang kebangsaan dan beragama secara moderat.

Satu hal, Nuruzzaman perlu ada sosialisasi dan dialog massif kepada semuan elemen bangsa untuk mendudukkan Pancasila tidak bertentangan dengan syariat Islam. “Untuk apa mengubah-ubah Pancasila ini menjadi negara Islam. Pancasila itu kan sudah Islam. Harus ada kampanye, bahwa Indonesia saat ini sudah Islam,” ujar Nuruzzaman. 

Turut hadir sebagai narasumber antara lain Asisten Deputi Bidang Hukum Kemenko Polhumkam Heni Susila Wardaya dan Kuasa Hukum Menkumham dari Forum Advokasi Pembela Pancasila (FAPP) I Wayan Sudirta. Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube). (kwb)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hukum/32074...ologi-khilafah

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- GP Ansor: Pemerintah Perlu Lindungi Generasi Millenial dari Ideologi Khilafah Pascaputusan PTUN, Wiranto: HTI Jadi Organisasi Terlarang

- GP Ansor: Pemerintah Perlu Lindungi Generasi Millenial dari Ideologi Khilafah Menko Polhukam: Putusan PTUN Bukan Pertarungan Pemerintah Lawan Islam

- GP Ansor: Pemerintah Perlu Lindungi Generasi Millenial dari Ideologi Khilafah SK Pembubaran HTI Sah Karena Penuhi Tiga Syarat

×