alexa-tracking

Wakapolri: Polisi Jijiklah Pungli Rp 5 Ribu, Rp 10 Ribu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af25eafdcd770fe6e8b4567/wakapolri-polisi-jijiklah-pungli-rp-5-ribu-rp-10-ribu
Wakapolri: Polisi Jijiklah Pungli Rp 5 Ribu, Rp 10 Ribu
Wakapolri: Polisi Jijiklah Pungli Rp 5 Ribu, Rp 10 Ribu

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Syafruddin keberatan anak buahnya masih disebut terlibat pungutan liar (pungli) sopir truk di jalanan.

Saat silaturahmi Presiden Joko Widodo dengan perwakilan sopir truk se-Indonesia, di Istana Negara, Selasa (8/5), para sopir buka-bukaan kepada Kepala Negara mengenai maraknya pungli oleh preman hingga aparat. Baik di jalan, jembatan timbang maupun pelabuhan.

Menurut pengakuan para sopir, persoalan tonase truk kerap dijadikan sasaran aparat melakukan pungli. Sementara sopir tahunya membawa barang banyak agar bisa mendapatkan uang.

"Kami enggak tahu batas bawah dan batas atas gimana, biar gak overload, biar gak diminta sama dishub. Pak polisi biasanya baik-baik, kalau pak polisi mintanya kecil, kalau dishub dengan ancaman kalau tidak bayar nanti mobil ditahan, dikandangi," ungkap salah seorang sopir.

Usai acara itu, wakapolri yang ditanya soal keluhan sopir tentang masih adanya pungli oleh aparat, justru bertanya balik.

"Aparat mana? Jembatan timbang? Enggak ada lagi korek-korek gitu. Dulukan polisi, korek-korek. Enggak ada lagi korek-korek. Kalau itu ketangkap sama Propam, kita pecat," tegas Syafruddin.

Mantan Kepala Divisi Propam Polri itu menyebutkan bahwa para sopir mengeluhkan tentang pungli oleh preman.

"Iya dia (sopir) mau curhat tapi menyangkut premanisme. Jangan langsung ditujukan ke polisi. Kalian kan pikirannya langsung polisi. Polisi zaman dulu, 20 tahun yang lalu dengan polisi zaman sekarang, itu beda itu. Itu remunerasinya polisi sudah cukup banyak, cukup besar. Mereka juga jijiklah mau pungli-pungli yang Rp 5 ribu, Rp 10 ribu sekarang," tutur Syafruddin.

Karenanya dia menilai apa yang disampaikan para sopir tersebut tidak masuk akal. Kalaupun masih ada dan ditemukan di lapangan, dia memastikan sanksi yang berat.

"Tidak masuk akal, kalau toh ada satu, dua oknum yang gila, kami akan pecat. Yang dikeluhkan itu premanisme di jalan itu. Bukan aparat formil," tegasnya.(fat/jpnn)
Quote:


iya juga yah, pastinya mwnya lebih dunk yah, masak polkis cuma 10 rebu, murah amat emoticon-Leh Uga
jadinya ndak masuk akal memang emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Salah ambil jalur aja minta 50, mending gw kena tilang sekalian emoticon-Big Grin
image-url-apps
10ribu kali brapa emoticon-Hammer
KASKUS Ads
image-url-apps
Ceban kalok orang seratus aja bisa buat makan sengsu pak. Makin buncit tuh perut wereng..
image-url-apps
Gini aja. Nanti kalo misalnya ada aparat yang nagih 10ribu gitu, ingat nama dan mukanya trus laporkan. Siapatau bisa dilacak emoticon-Big Grin
berarti yang 50.000, atau 500.000 atau 5.000.000 gak jijik dongemoticon-Peace
lampu motor depan putus dadakan kena 50rb

gw minta buat ganti lampu doank, polisinya kagak mau, tetep minta tilangan.

emoticon-Cape d...
image-url-apps
emoticon-Wkwkwk

10rebu, yg masuk muatan ratusan-ribuan truk per/hari

Sehari bisa modalin naek haji 1 kloter emoticon-Ngakak
Damai itu minimal Rp. 20.000,-
image-url-apps
Jijiklah
Minimal 15rb
image-url-apps
Quote:


hrsnya sih msh bs diperdebatkan kalo mati dadaknya siang bolong, kecuali malem gelap2 lampu mati tp ga sadar. Jgn mau kalah lah, polisi cma lulusan SMA/k aja kok.
image-url-apps
Koplak tuh ngelesnya

Damai itu 50 rb
yang gini2 sering ketutup ama pembanguna tol yang lagi marak lho
image-url-apps
Regenerasi my ass



Setoran dari bawah ke atas.
emoticon-Traveller
Sudah cerita lama, DISHUB maupun POLISI
Pengalaman sewaktu masih di jalanan,
dari shubuh dah ada PJR di TOL, nongkrong di kiri, liatin spion kanan.
begitu nampak sebuah truk, kasih lampu sign kiri, walhasil, mobil jalan pelan, si kenek truk turun lari sambil bawa duit,
begitu nyamperin di pinggir pintu, kaca sudah dibuka apa polisi, si kenek lapor ngasih tau bawaan itu truk sambil ngasih duit.

Dulu di tol seringnya dilempar pake kotak korek api kayu yang dilamnya dikasih duit,
lama kelamaan polisi kagak mau, karena kadang cuma di kasih duit recehan.

wkwkkwkw

dan itu ada tarifnya
kalo muatan barang tertentu minimal mereka sekian ribu rupiah.

Coba itung
berapa jumlah truk lewat dalam 1 shift poliisi PJR di tol, dikalikan minimal uang yang dikasih ke polisi,
kenyang ga tuh??


nyengir aja dah emoticon-Big Grin
ane kena tilang diminta 200rb
5rb mah udah jijik..
image-url-apps
iya tapi kalau milyar gak jijik
image-url-apps
iya pak, kalo 5000 ato 10.000 tapi di kalikan 100 ato 200 ato bahkan 1000 kendaraan yakin masih jijik pak ??? emoticon-Big Grin

kan yg di jalan ada shiftnya pak emoticon-Big Grin emoticon-Stick Out Tongueeace2: lho pak
image-url-apps
gak perlu banyak omong dah pak , liat en telusuri aja jalan santai tuh di lintas sumatera ... bisa keliat yg malak itu preman atooo...........