alexa-tracking

5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kabohidrat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af255511854f754198b4570/5-tanda-tubuh-kekurangan-asupan-kabohidrat
5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kabohidrat
5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kabohidrat

Banyak orang yang menghindari makanan yang menjadi sumber karbohidrat. Selain meningkatkan bobot tubuh, makanan tinggi karbohidrat dipercaya dapat membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan. 

Padahal, hal tersebut tak sepenuhnya benar, lho. Meski tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi serta mendukung sistem metabolisme agar tetap berfungsi maksimal. 

Lantas, apa yang terjadi bila tubuh kekurangan asupan karbohidrat? Dilansir Independent, berikut lima dampak yang terjadi akibat kekurangan karbohidrat: 

1. Mudah lelah

Tak tercukupinya asupan karbohidrat di dalam tubuh akan berdampak pada rasa lelah dan ngantuk yang tak henti meski telah beristirahat dengan cukup. Hal ini karena karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang berperan sebagai sumber energi sehingga tubuh tetap segar dan bugar. 

Jika merasa khawatir akan makanan tinggi karbohidrat yang dapat menyebabkan kegemukan, kamu dapat menyantap beberapa makanan tinggi karbohidrat yang tidak membuat gemuk seperti oat, ubi, dan labu kuning. 

2. Selalu merasa lapar

Selain membuat badan mudah lelah, kekurangan asupan karbohidrat akan berdampak pada rasa lapar yang tak henti menyerang. Rasa lapar terjadi karena kurangnya kadar glukosa yang menyebabkan cadangan energi menipis. 

Bukannya membuat program diet berjalan lancar, kekurangan karbohidrat akan meningkatkan hasrat untuk menyantap makanan dalam jumlah besar. Hal ini tentu akan berujung pada obesitas atau kenaikan berat badan secara signifikan.  

3. Gangguan pencernaan

Mengurangi makanan tinggi karbohidrat sama saja dengan mengurangi asupan serat pangan yang bagus bagi sistem pencernaan. Kurangnya asupan serat akan menyebabkan saluran pencernaan tidak bekerja secara maksimal sehingga berujung pada sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, sembelit akan menyebabkan limbah makanan yang tidak bermanfaat mengendap di saluran usus sehingga akan meningkatkan risiko kegemukan. 

4. Bau mulut

Tak hanya berdampak pada organ bagian dalam tubuh, ternyata kekurangan karbohidrat akan membuat aroma nafas menjadi kurang sedap. Saat asupan karbohidrat menipis, tubuh akan memproduksi keton dari lemak yang digunakan sebagai pengganti energi pada otak dan hati. Keton inilah yang akan mengeluarkan aroma tak sedap sehingga berdampak pada bau menyengat di dalam rongga mulut. 

5. Sulit konsentrasi

Tak hanya tubuh, otak juga memerlukan karbohidrat yang cukup agar tetap berfungsi maksimal. Dan ketika tubuh kekurangan karbohidrat, asupan glukosa sebagai sumber energi pun akan menipis sehingga menurunkan kemampuan otak. Hal ini akan berdampak pada gangguan kesehatan seperti sakit kepala, rasa pening berlebih, serta susah berkonsentrasi. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanfood/5...pan-kabohidrat

---

Kumpulan Berita Terkait :

- 5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kabohidrat Ayam Rica - Rica Sajian Untuk Makan siang

- 5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kabohidrat Kreasi Jajanan Dari Tepung Kanji

- 5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kabohidrat 5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kabohidrat