alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Menengok PLTU Milik Antam di Pomalaa dengan Kapasitas 60 MW
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af24a06d89b0900228b456e/menengok-pltu-milik-antam-di-pomalaa-dengan-kapasitas-60-mw

Menengok PLTU Milik Antam di Pomalaa dengan Kapasitas 60 MW

Menengok PLTU Milik Antam di Pomalaa dengan Kapasitas 60 MW

Unit Bisnis Pengolahan Nikel (UBPN) milik PT Antam Tbk di Pomalaa, Sulawesi Tenggara, memiliki pembangkit listrik sendiri dari tenaga uap batu bara (PLTU). Pembangkit yang beroperasi (commisioning date) pada 2016 ini memasok listrik ke pabrik mereka seluas 6 hektare.

SVP Deputy General Manager UBPN Sultra, Nilus Rahmat, sebelum ada PLTU yang berkapasitas 2X30 Mega Watt (MW) ini, pabrik hanya mengandalkan pasokan listrik dari pembangkit tenaga diesel (PLTD). Adapun kapasitas listrik dari dua pembangkit tersebut mencapai 160 MW.

“Total listrik yang dihasilkan di pabrik ini 160 MW. Dari PLTD 100 MW dan PLTU 60 MW,” kata Nilus saat ditemui di PLTU Pomalaa, Selasa (8/5) sore.

Dari total listrik yang dihasilkan, Nilus mengatakan ada kelebihan pasokan (excess power) sebesar 5 MW yang kemudian dijual ke masyarakat Kabupaten Kolaka, atau 30% dari kebutuhan listrik masyarakat di sana yang sebesar 16 MW. 

Nilus menambahkan, PLTU didirikan untuk mengantisipasi kebutuhan BBM jenis Diesel yang selama ini digunakan jika nanti harga minyak dunia mengalami kenaikan tajam. Dengan adanya PLTU yang dihasilkan, harga listrik di sini pun jadi lebih murah.

“Sekarang harga listrik di sini Rp 1.200 per kwh. Sebelumnya waktu hanya menggunakan PLTD, harganya Rp 1.500- Rp 1.800 per kwh tergantung harga minyak. Jadi lebih hemat Rp 500 per kwh,” ujarnya.

Sementara itu, kebutuhan batu bara di PLTU ini sebesar 30 ribu ton per bulan. Batu bara dibeli dari perusahaan lain yang ada di Kalimantan seperti PT Arutmin Indonesia, PT Kalimantan Prima Coal, dan PT Indonesia Coal Resources.

“Kami beli dari sana dengan kadar kalorinya 4.000 kcal/kg. Kadar rendah ya. Langsung dibawa dari sana pakai kapal tongkang,” ujarnya. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...apasitas-60-mw

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Menengok PLTU Milik Antam di Pomalaa dengan Kapasitas 60 MW Menengok PLTU Milik Antam di Pomalaa dengan Kapasitas 60 MW

- Menengok PLTU Milik Antam di Pomalaa dengan Kapasitas 60 MW Antam Bakal Bikin Pabrik Stainless Steel Pertama di RI

- Menengok PLTU Milik Antam di Pomalaa dengan Kapasitas 60 MW Antam Kebut Proyek Smelter di Mempawah dan Halmahera Timur

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di