alexa-tracking

Utang Indonesia Melonjak Drastis Setelah Nilai Rupiah Lewati Rp 14000 per USD

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af246661854f7fe178b4567/utang-indonesia-melonjak-drastis-setelah-nilai-rupiah-lewati-rp-14000-per-usd
Utang Indonesia Melonjak Drastis Setelah Nilai Rupiah Lewati Rp 14000 per USD
WARTA KOTA, PALMERAH -- Dengan kurs rupiah yang menembus level Rp 14.000 per dollar Amerika Serikat (AS), terjadi pembengkakan kewajiban membayar utang luar negeri Indonesia hingga Rp 5,5 triliun.

"Selisih pembengkakan ini akibat currency missmatch, jika gunakan kurs Rp 13.400 sesuai APBN, maka pemerintah wajib membayar Rp 121,9 triliun," ujar ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (8/5/2018).

"Sementara dengan kurs sekarang di kisaran 14.000, beban pembayaran menjadi Rp 127,4 triliun," katanya.

Dia mengatakan, munculnya pembengkakan ini akan mempersempit ruang fiskal perekonomian Indonesia, meski masih tetap bisa membayar utang jatuh tempo.

Sebagai informasi, berdasarkan data Bank Indonesia (BI), kewajiban pembayaran utang luar negeri pemerintah yang jatuh tempo di 2018 mencapai 9,1 miliar dollar AS yang terbagi menjadi 5,2 miliar dollar AS utang pokok sementara 3,8 miliar dollar AS sisanya adalah bunga.

Selain itu, depresiasi rupiah juga akan meningkatkan biaya impor cukup tinggi.

Untuk impor baik bahan baku, barang modal dan barang konsumsi yang sebagian besar menggunakan kapal asing akan membutuhkan dolar sebagai biaya logistik.

"Ini pasti semakin membebani industri domestik. Sementara daya beli sedang lesu, jadi penjual tidak akan sembarangan naikan harga barang," katanya.

Menurutnya, dampak yang dihasilkan dari peningkatan biaya impor karena depresiasi ini dapat menggerus pendapatan pelaku usaha.

Selain itu, depresiasi juga akan berpengaruh pada harga jual barang kebutuhan pokok yang akan memukul daya beli masyarakat miskin.

"Saya ambil contoh bawang putih yang 85 persen lebih pasokannya impor. Mendekati Lebaran permintaan secara musiman tinggi dan dapat mendorong inflasi," ujarnya.

Dampak lain adalah, sebagai negara net importir minyak, pelemahan rupiah akan meningkatkan biaya impor minyak.

Bhima menjelaskan, tahun 2017 lalu neraca migas Indonesia defisit 8,5 miliar dollar AS karena membengkaknya impor minyak hingga 24,3 milliar dollar AS.

"Ini tidak sehat dan memengaruhi harga BBM non subsidi yang dipakai angkutan barang kebutuhan pokok," ucap dia.

http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/08/utang-indonesia-melonjak-drastis-setelah-nilai-rupiah-lewati-rp-14000-per-usd

Duitnya ada
image-url-apps
Nastak akut bilang kaga ngaruh bre dollar meroket sama utang🤣🤣
image-url-apps
Ini bagus buat ekspor Indonesia
Utang Indonesia Melonjak Drastis Setelah Nilai Rupiah Lewati Rp 14000 per USD
KASKUS Ads
abcdefg
itu hukuman dari Allah karena telah memenjarakan Ahok
image-url-apps
Utang Indonesia Melonjak Drastis Setelah Nilai Rupiah Lewati Rp 14000 per USD

#DiaSibukKerja
image-url-apps
Percaya saja sama.pemerintah. sampe 20rb masih aman.






yg percy gila
image-url-apps
Ekonomi lesu
Dollar 14 ribu
Pajak tax amnesty
Bbm naik
Pln naik
Impor beras
Ngutang banyak
Gaduh

Apalagi nih
image-url-apps
segitunya curi kampanye
Utang Indonesia Melonjak Drastis Setelah Nilai Rupiah Lewati Rp 14000 per USDUtang Indonesia Melonjak Drastis Setelah Nilai Rupiah Lewati Rp 14000 per USDUtang Indonesia Melonjak Drastis Setelah Nilai Rupiah Lewati Rp 14000 per USD
belajar lah dari Soeharto , dulu dollar cuman 2500

cuman karena terlalu sayang ama anaknya itu ( tommi),soeharto tidak mau mendengarkan nasehat teman teman nya

apa kehebatan Soeharto

hti, fpi dan radikal lainnya mana bisa muncul kayak sekarang, ampe ke akar akarnya di babas,, penjaga Pancasila

penjaga Pancasila harus kejam , tegas demi Pancasila

pakde terlalu baik..
image-url-apps
Mau murah ya ditawarlah
image-url-apps
gento kok mbayar utang
image-url-apps
mantab betuL emoticon-Matabelo

Tapi ngga apa2, bakso mang kasep masih 10 ribu harganya emoticon-Leh Uga


#2019balikjadikangmebeL
image-url-apps
Saya ambil contoh bawang putih yang 85 persen lebih pasokannya impor

85% impor siap2 naek
dollar naek, pastinya banyak biaya produksi naek.
Apalagi negara ini apa" kudu impor. Kalo biaya produksi naek, artinya harga" akan naik. Sementara penghasilan sebagian besar masyarakat, khususnya yg jadi buruh (kantoran/pabrik), naeknya pertahun. Artinya daya beli akan turun. Artinya, kemampuan bayar kreditan juga berkurang.
Strategi menjaga nilai Rupiah sepertinya ga pernah efektif.
Rasanya cuma saat era Habibie saja yang pernah menguatkan rupiah. Yang laennya melempem ga berdaya. Dollar pasti naik aja setiap tahunnya. Udah seperti harga rumah aja. Naek setiap tahunnya.
Ujung"nya utang naek mulu setiap tahunnya. Herannya, negara ini keuangannya kok selalu dibuat defisit ya tiap tahunnya.
Emang ga bisa gitu dibuat positif, artinya pengeluaran lebih kecil dari pemasukan negara.
Ini saban tahun selalu saja pengeluaran lebih besar dari pemasukan.
Padahal kalo dilihat, banyak pengeluaran yang ga penting" amat. Negara ini pernah mengkaji konsep efesiensi ga ya dalam perencanaan anggarannya?
Kalo anggaran minus, ya ga usahlah yg namanya mobil dinas pejabat negara itu yg mahal".
Kalo anggaran minus, ya ga usahlah yg namanya bikin acara ini itu di hotel berbintang.
Kalo anggaran minus, ya ga usahlah yg namanya bikin fasilitas ini itu untuk pejabat negara.

Intinya berhemat donk kalo udah tau penghasilan ga cukup nalangin pengeluaran.
Inilah multiplier effect yang harus dipikirkan pengambil kebijakan, jangan hanya bilang dolar naik bagus untuk ekspor. Pemerintah harus memberikan insentif berupa subsidi agar kebutuhan pokok tidak naik karena harga bbm naik. Untuk jangka panjang, pemerintah juga harus bisa menghilangkan ketergantungan kita terhadap impor bbm.
image-url-apps
terima kasih pakdhe Jokowi
emoticon-Nyepi
image-url-apps
masih percaya presiden bisa bawa dolar ke 10rb rupiahemoticon-Cool
#jokowiseumurhidupemoticon-Metal:
utang amerika (barat) pada china ( asia) juga naik terus
coba debat dulu sama Rizal ramli
kalo menang mungkin rupiah bisa menguat.
kalo kalah ya mundur aja
×