alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Android P Dirombak: Tiru Navigasi iPhone X, Hapus Tombol Multitasking
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af241ca5a5163c12e8b456a/android-p-dirombak-tiru-navigasi-iphone-x-hapus-tombol-multitasking

Android P Dirombak: Tiru Navigasi iPhone X, Hapus Tombol Multitasking

Android P Dirombak: Tiru Navigasi iPhone X, Hapus Tombol Multitasking

Android P adalah pembaruan besar dalam sejarah sistem operasi Android. Perubahan terjadi pada sisi tampilan, dan cara dasar pengguna dalam menavigasi sistem operasi.

Tidak dapat dipungkiri, Google telah mendesain Android P dengan basis gestur navigasi yang mirip dengan iPhone X. Kalau kamu tidak ikhlas navigasi Android P ini disebut mirip dengan iPhone X, marilah kita sebut saja itu mirip dengan webOS yang berjalan di Palm Pre, sebuah gadget yang diumumkan pada tahun 2009.

Google mengaku telah mendesain sistem navigasi baru ini selama setahun, ya walaupun kita semua tahu iPhone X diluncurkan pada September 2017. Google mengklaim perubahan ini perlu dilakukan untuk membuat Android lebih dekat dan lebih mudah dimengerti.

"Sebagai bagian dari Android P, kami memperkenalkan sistem navigasi baru yang telah kami garap selama lebih dari setahun," kata Dave Burke, VP Engineering Android. "Desain baru ini membuat multitasking Android lebih mudah didekati dan lebih mudah dimengerti."

Perubahan besar terjadi pada tombol dasar yang selama ini terpampang di layar utama Android. Tombol itu adalah Home yang biasanya diletakkan di tengah bagian bawah layar, Back di kiri, dan Multitasking di kanan.

Pada tampilan utama sekarang di Android P, kamu akan melihat satu tombol virtual berbentuk pil, yang ikonnya adalah garis putih kecil, dan ini ditempatkan pada bagian bawah layar. Tombol pil ini memiliki beberapa fungsi yang benar-benar memberi pengalaman baru dalam bernavigasi. 

Mari kita telusuri fungsinya bareng-bareng:



Mengetuk dan Menahan Tombol Pil

Kamu bisa mengetuk tombol pil ini untuk kembali ke tampilan utama setelah membuka aplikasi. Jika tombol itu ditekan yang lama, akan membuka aplikasi Google Assistant. Dalam konteks ini, tombol pil mirip dengan tombol Home di sistem operasi Android terdahulu.



Menarik Tombol Pil ke Atas

Fungsi tombol pil virtual ini bukan cuma untuk diketuk dan ditahan saja. Ada kejutan jika kamu menariknya ke atas, yang mungkin juga membuatmu sepakat bahwa gestur baru ini membuat Android P mirip dengan iPhone X.

Ketika kamu sedikit menariknya ke atas, maka kamu akan dibawa pada tampilan daftar gulir horizontal. Di sini kamu akan melihat sejumlah aplikasi yang sebelumnya terbuka melayang-layang di atas tampilan utama Android P. 

Lalu ketika kamu menariknya tombol pil ini cukup panjang ke atas, maka kamu akan melihat daftar aplikasi yang telah terinstal di ponsel Android P.

Dalam posisi ini, di bagian atas layar, Google menempatkan beberapa aplikasi yang paling sering kamu buka untuk memudahkan dalam mencari aplikasi favorit.



Menggeser Tombol Pil ke Kanan

Ada satu lagi kejutan kecil dari tombol pil ini. Jika kamu menggeser tombol pil ke kanan, maka akan melihat rangkaian aplikasi yang sebelumnya dibuka. Rangkaian ini disusun secara horizontal dan bisa kamu geser ke kanan dan kiri. Setelah itu, cukup lepaskan jari dari layar, dan kamu akan melihat aplikasi yang dipilih.

Kurang lebih, fungsi tombol pil yang satu ini adalah menggantikan fungsi tombol Recent Apps atau Multitasking yang ada di Android terdahulu. Lebih tepatnya, Google menyatukan tombol Home dan Multitasking di dalam satu tombol virtual yang lebih efisien dan intuitif.



Tombol Back Masih Ada di Kiri Bawah Layar

Tombol Back tidak sepenuhnya hilang. Google masih mempertahankan ikon dan fungsi tombol Back virtual di sebelah kiri bawah layar. Tombol ini muncul ketika mulai mengaktifkan layar ponsel atau ketika sedang membuka aplikasi.

Inilah perubahan terbesar yang pernah dilakukan Google untuk navigasi Android setelah sejak tahun 2011 memakai tombol virtual untuk Back, Home, dan Multitasking.

Sulit untuk tidak menyebut Google tidak meniru webOS di Palm Pre atau iPhone X, karena cara apa yang dilakukan Apple pada iPhone X memang sangat elegan dan efisien.

Kalau kamu penasaran dengan Android P, versi betanya sudah tersedia mulai hari ini, sambil menunggu versi finalnya meluncur beberapa bulan mendatang.





Sumber : https://kumparan.com/@kumparantech/a...l-multitasking

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Android P Dirombak: Tiru Navigasi iPhone X, Hapus Tombol Multitasking Android P Dirombak: Tiru Navigasi iPhone X, Hapus Tombol Multitasking

- Android P Dirombak: Tiru Navigasi iPhone X, Hapus Tombol Multitasking Google Perkenalkan Android P Versi Beta, Kamu Bisa Download di Sini

- Android P Dirombak: Tiru Navigasi iPhone X, Hapus Tombol Multitasking Google Resmi Rilis OS Baru Android Things untuk Perangkat IoT

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di