alexa-tracking

Gerindra Bantah Pesan Survei INES

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af234db98e31b6f548b4584/gerindra-bantah-pesan-survei-ines
Gerindra Bantah Pesan Survei INES
Gerindra Bantah Pesan Survei INES

Jakarta: Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria membantah partainya memesan hasil survei Indonesia Network Election Survey (INES).  Lembaga survei INES merilis elektabilitas Prabowo Subianto lebih tinggi ketimbang Joko Widodo di Pemilu 2019.


'Kita ini enggak pernah pesan-pesan survei begitu, dari dulu enggak begitu kita,' ujar Riza dihubungi Medcom.id, Selasa, 8 Mei 2018.


Menurut Riza, hasil survei INES sesuai dengan persepsi masyarakat di Tanah Air yang menginginkan pemimpin baru. Mestinya, kata dia, survei yang bisa dipertanggungjawabkan perlu dihormati semua pihak. 


'Siapa pun yang bikin survei kita hormati masing-masing, sekali pun bener enggak bener kita hormati. Itu sebagai masukan pertimbangan,' uajrnya. 


Perbedaaan hasil survei, kata dia, merupakan hal wajar. Elektabilitas tinggi tokoh dalam survei tak melulu sejalan dengan hasil sesungguhnya.   


Riza mengatakan, adanya perbedaan hasil survei dengan kenyataan terjadi di beberapa kasus. Misalnya, Pilkada DKI Jakarta 2017. Kala itu, mayoritas lembaga survei meramalkan Anies Baswedan kalah dari petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.


'Bagi Gerindra sudah biasa, bukan mengabaikan tapi kita tidak fokus pada survei, kita fokus pada hasil kerja, mau dibilang lemah, mau dibilang kuat, bagi kita fokus pada kerja-kerja partai,' ungkapnya.


Baca Juga: Survei INES: Prabowo Unggul dari Jokowi 


Sebelumnya, INES merilis hasil survei yang menyebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bisa memenangkan pemilihan presiden jika dihelat pada saat hari pertanyaan diajukan. Dalam survei itu, Prabowo mendapatkan suara 50,2 persen, sementara petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya mampu mengambil hati 27,7 persen dari total responden.


Survei itu merupakan hasil nama-nama top of mind yang dihimpun dari 2.180 orang di 408 kabupaten/kota. Di samping itu, survei yang diselenggarakan pada 12-28 April 2018 ini diklaim memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 2,1 persen.


Hasil yang sama juga terjadi jika survei dilakukan secara tertutup, yakni hanya mengerucutkan nama ke beberapa pilihan. Tercatat, 54,5 persen responden memilih Prabowo Subianto dan 26,1 persen memiih Jokowi jika pemilihan Presiden dilakukan saat survei berlangsung.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...an-survei-ines

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Gerindra Bantah Pesan Survei INES Direktur INES Mengaku Terima Dana Sponsor untuk Survei

- Gerindra Bantah Pesan Survei INES Gatot Nurmantyo Malu-Malu Bahas Koalisi Parpol

- Gerindra Bantah Pesan Survei INES Hidayat Nur Wahid tak Setuju Anies Ikut Pilpres