alexa-tracking

Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1c93ec2cb17206c8b4568/desmond-amien-rais-bukan-bapak-reformasi-tapi-pecundang
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang
Selasa 08 Mei 2018, 12:04 WIB
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang
Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang Share 0 Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang Tweet Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang Share 0 Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang 307 komentar
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang Desmond J Mahesa (Gibran Maulana/detikcom)
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang
Jakarta - Siapa tokoh utama reformasi menjadi perbincangan panas setelah Sri Bintang Pamungkas cs menyebut Amien Rais pengkhianat. Aktivis '98 yang turun langsung ke jalan, Desmond J Mahesa, mengutarakan pendapatnya soal siapa sebenarnya yang jadi tokoh sentral reformasi.

"Menurut saya sih mahasiswa itu sendiri. Jadi kayak Bintang dll itu kan adalah orang-orang tua yang sebenarnya tidak terlibat langsung dalam proses itu. Itu kan dimulai oleh kawan-kawan berbagai kampus melakukan advokasi-advokasi dalam suasana kondisi waktu itu di zaman Soeharto," ujar Desmond saat dihubungi, Selasa (8/5/2018).

Baca juga: Tepis Desmond, PAN: Amendemen UUD '45 Bukan Karya Amien Rais

Desmond mengatakan mahasiswa merupakan tokoh utama reformasi. Mereka turun ke jalan dan mengadakan demo di beberapa kota di Indonesia. Puncaknya, di Jakarta, gedung DPR RI diduduki mahasiswa.


Soal Amien Rais yang disebut PAN penggerak reformasi, Desmond tak setuju. Desmond merupakan salah satu aktivis '98 yang duduk di parlemen saat ini.

"Nggak. Beliau itu dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk orang yang berbicara di panggung. Dia itu bukan inisiatornya, beliau itu adalah artis," jelas Desmond.

Baca juga: PAN: Amien Rais Bukan Pecundang!

Amien Rais dianggap Desmond hanya dimanfaatkan mahasiswa dalam reformasi. Kebetulan, kata Desmond, Amien saat itu merupakan tokoh yang berani vokal dengan memanfaatkan panggung mahasiswa yang menduduki DPR.

"Iya, karena kebetulan waktu itu dia berani ngomong apa adanya. Tapi kalau inisiator reformasi sendiri jauhlah, Amien Rais bukan siapa-siapa," ucap Ketua DPP Gerindra itu.

Baca juga: PAN Balas Sri Bintang cs: Amien Rais Penggerak Reformasi, Akui!

Soal reformasi, Sri Bintang cs menuding Amien Rais sebagai pengkhianat. Bagi Desmond, Amien lebih pada pecundang. Apa maksud pecundang versi Desmond?

"Yang harus paham, Amien Rais tidak bisa kita sebut bapak reformasi ya. Kenapa? Karena, bagi kami mahasiswa, jebolnya konstitusi, UUD '45 dengan amendemen itu kan Ketua MPR-nya Amien Rais. Jadi, kalau Amien Rais membobol dasar negara, Amien Rais itu pecundang, gitu, lo," ucapnya.

"Menurut istilah saya, dengan saya pertanggungjawabkan, dengan kondisi rusaknya bangsa ini dengan salah satu jebolnya konstitusi kita dan di situ ada peran Amien Rais dan Megawati waktu itu presiden yang memegang benteng kerusakan bangsa ini semakin liar," tandas Desmond.

Baca juga: Panas! Giliran PAN Sebut Sri Bintang Pamungkas Pecundang

Waketum PAN Totok Daryanto membela Amien Rais yang diserang Sri Bintang Pamungkas cs. Menurut Totok, Amien penggerak reformasi dan itu harus diakui.

"Bahwa Pak Amien Rais dinilai mungkin menurut mereka, tapi fakta bahwa Amien tokoh reformasi, penggerak reformasi, harus diakui, kayak Bung Karno itu proklamator Indonesia, tiap orang nggak bisa menyangkal fakta itu," ujar Totok kepada wartawan, Senin (7/5).

https://news.detik.com/berita/401043...tapi-pecundang


nah loh, aktivis 98 sendiri bilang gitu, kader gerindra sendiri bilang gituemoticon-Wkwkwk

Selasa 08 Mei 2018, 21:02 WIB
Gerindra Ikut Bela Amien Rais dari Serangan Desmond
Ahmad Toriq - detikNews

Gerindra Ikut Bela Amien Rais dari Serangan Desmond Amien Rais (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Gerindra ikut membela sesepuh PAN Amien Rais dari serangan ketua DPP-nya sendiri, Desmond J Mahesa. Waketum Gerindra Ferry Juliantono menegaskan Amien Rais punya peran penting saat reformasi.

Polemik soal peran Amien Rais sebenarnya dimulai dari Sri Bintang Pamungkas. Dalam sebuah diskusi bertajuk 'Peringati Lengsernya Soeharto, Amien Rais, Bapak Reformasi?' di UP2YU Coffe & Resto Ibis Budget Hotel Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/5) kemarin, Sri Bintang menyebut Amien sebagai pengkhianat, dalam konteks reformasi.

Baca juga: Sri Bintang cs Serang Amien Rais soal Reformasi: Dia Pengkhianat

Dihubungi terpisah, Desmond lalu bicara soal peran Amien di era reformasi. Aktivis yang sempat mengalami penculikan itu menyatakan Amien bukanlah bapak reformasi, melainkan pecundang, karena amendemen UUD '45 di era Amien sebagai Ketua MPR.

Gerindra, lewat Ferry, seolah ikut gerah atas pernyataan Desmond. Gerindra ikut membela Amien.

"Amien Rais tokoh reformasi yang harus dihormati. Sejarah tahun 1998 peranan Pak Amien Rais sangat penting sekali dan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan gerakan mahasiswa pada saat itu," kata Ferry kepada wartawan, Selasa (8/5/2018).

Desmond J Mahesa.Desmond J Mahesa. (Ari Saputra/detikcom)

Baca juga: Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang

Mengenai amendemen UUD 1945 yang disinggung Desmond, menurut Ferry, itu tak terlepas dari reformasi. Ferry meminta Amien tak disalahkan soal amendemen itu.

"Itu merupakan peristiwa pascareformasi yang menjadi salah satu di antara 6 tuntutan amanat reformasi dan menjadi tanggung jawab kita untuk meluruskan kembali amanat reformasi tersebut tanpa menimpakan tanggung jawab kesalahan pada satu orang," ulas Ferry.

Baca juga: Waketum Gerindra Tepis Desmond: Amien Rais Bukan Pecundang

Ferry Juliantono berbincang dengan Amien Rais.Ferry Juliantono berbincang dengan Amien Rais. (Foto: dok. pribadi)

Ketua DPP Gerindra Habiburokhman ikut membela Amien Rais. Dia memberi testimoni soal peran penting Amien di era reformasi.

"Gua Aktivis 98, jauh sebelum Jkt panas, Lampung sdh duluan turun ke jalan dan bentrok. Gua tahu betul Pak Amien Rais salah satu tokoh reformasi, dan sampai saat ini saya lihat beliau tetap istiqomah di jalan kebenaran. Maju terus Pak Amien!" lewat akun Twitter @habiburokhman yang dikutip detikcom, Selasa (8/5) hari ini.
(tor/fjp)

https://news.detik.com/berita/d-4011...rangan-desmond



sesama gerindra ribut sendiri, ketumnya asik nonton pilememoticon-Leh Uga
nasbung saling gigit sendiri emoticon-Ngakak
bapak sengkuni
semua kebutuhan politik
Wah para villains berantem emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Amin rais kakek kandung para nasbung
Se7..... pecundang bin penghianat
Mang enak u dikadalin kakek tua sengkuni
emoticon-Ngakak
pahlawan reformasi sesungguhnya ya para mahasiswa
Mahasiswa dan Amien sama2 mempunyai peran penting dlm reformasi

Akan tetapi, kalian lupa bahwa ada 1 yg sangat penting perannya. Yakni,

Kurs Rupiah emoticon-Ngakak
Udah mulai saling serang lewat kata2 emoticon-Leh Uga
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang
orang kata.. last minute, mereka ini saling garot... ancur dan gigit jari.. liat aja dah
Quote:


Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang