alexa-tracking

kumparan Berbagi 'Rahasia' Cara Penulisan Rilis di Media Digital

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1bb98d44f9f792b8b4584/kumparan-berbagi-rahasia-cara-penulisan-rilis-di-media-digital
kumparan Berbagi 'Rahasia' Cara Penulisan Rilis di Media Digital
kumparan Berbagi 'Rahasia' Cara Penulisan Rilis di Media Digital

BANDUNG, Workshop Tim Kehumasan dengan tema "Penulisan Rilis dan Fotografi di Media Sosial" yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018 di Auditorium Balaikota Bandung Jl. Wastukencana No.2, Bandung.

Workshop pertama yang melibatkan admin media sosial di semua perangkat daerah kota bandung dengan narasumber dari petinggi media digital terpopuler saat ini yaitu kumparan.

Beberapa poin rahasia penulisan rilis yang baik disampaikan oleh Rachmadin Ismail adalah :

  1. Buat penulisan judul mengandung statistik seperti (terbaik, tercepat, terlama, pertama, terakhir, terkuat, terbesar) karena isi beritanya terbesar, sebagai contoh misalkan judul 'manusia penghuni jawa barat' itu tidak akan ada isi beritanya tetapi kalau 'manusia pertama yang menghuni jawa barat' , semua orang jadi ingin tahu.
  2. Kalau membuat rilis kalau ada satu brand, organisasi, produk atau ada unsur terkenalnya bisa dimasukkan, itu kan menambahkan relevansi kita dengan pembaca, sebagai contoh judul rilis siapakah pembuat lambang 'Pemerintah Kota Bandung'.
  3. Buat artikel jawaban seperti 'Prosedur Pembuatan Kartu Keluarga'
  4. Buat rilis tentang before/after, foto-foto yang sekarang atau yang dulu ketika nanti ada perubahan kalau di bandingkan secara visual itu akan laku. Contoh seperti 'Transformasi Wajah Raisa Andriana ketika anak-anak sampai dewasa'
Rumus konten:

  • Yang bisa membangkitkan emosional pembaca, karena akan berdampak pada bacaan di media sosial, sebagai contoh konten cerita anak tukang becak yang jadi pegawai negeri sipil atau konten-konten inspritatif lainnya. 
  • Bikin isi konten jawaban buat konten yang berisi unsur jawaban yang ingin kita tonjolkan, sebagai contoh kita buat isi konten dari hasil pidato pimpinan perangkat daerah yang ada unsur untuk jawaban atas pertanyaan-pertanyaan masyarakat.
  • Visual/Foto sebagai contoh foto sebelum dan sesudah, foto tempo dulu dan foto yang jernih, karena visual itu menarik.
Di akhir, beliau berharap ini merupakan awal untuk mengembangkan konten-konten yang ada di Kota Bandung.

"Intinya ini adalah awal, saya secara emosional juga punya motivasi tersendiri untuk mengembangkan konten-konten yang ada di Kota Bandung, saya secara pribadi siap membantu bila butuh bantuan dalam pembuatan rilis, ini adalah sharing apa yang saya ketahui selama 10 tahun terakhir."



Sumber : https://kumparan.com/firman-muhamad-...tal-dan-sosial

---

Kumpulan Berita Terkait :

- kumparan Berbagi 'Rahasia' Cara Penulisan Rilis di Media Digital 3 Rumus Konten Juara ala kumparan

- kumparan Berbagi 'Rahasia' Cara Penulisan Rilis di Media Digital Pelatihan Jurnalistik untuk Meningkatkan Kualitas Humas Pemkot Bandung

- kumparan Berbagi 'Rahasia' Cara Penulisan Rilis di Media Digital Admin Medsos ASN Pemkot Bandung: Terima Kasih kumparan