alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Buwas: Ada Kelompok Pemain yang Bikin Harga Beras di Pasar Mahal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1b8c3dc06bd837c8b4575/buwas-ada-kelompok-pemain-yang-bikin-harga-beras-di-pasar-mahal

Buwas: Ada Kelompok Pemain yang Bikin Harga Beras di Pasar Mahal

Buwas: Ada Kelompok Pemain yang Bikin Harga Beras di Pasar Mahal

Beberapa waktu terakhir, harga beras kualitas medium di pasar melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp 9.450 per kg. Sebab selama ini stok beras kualitas medium dipandang terbatas, sehingga harga melambung.

Direktur Utama Perum Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso mengungkapkan, salah satu penyebab kelangkaan itu dikarenakan adanya mafia beras. Namun saat ini, menurutnya, mafia beras itu sudah mulai tertangkap.

“Ada sedikit bocoran, ada kelompok-kelompok yang mempermainkan beras, dan itu sudah mulai tertangkap,” ucapnya saat ditemui di Trafique Coffee, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/5).

Dia menjelaskan, mafia beras masih tetap ada lantaran panen di Indonesia belum teratur. Pada saat musim panen raya, stok beras berlebih. Sementara di luar itu, stok beras yang ada kadang rentan tidak mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Indonesia itu sebenarnya ketahanan pangannya luar biasa. Yang mempermainkan beras ya ditindak, tapi itu kewenangannya Satgas Pangan, kami memetakan saja,” kata Buwas.

Dia menambahkan, untuk memastikan beras yang dijual tersalurkan ke masyarakat yang membutuhkan, Perum Bulog saat ini menempelkan barcode pada tiap produk yang dijual. Tujuannya adalah Perum Bulog mengetahui pembeli produknya.

“Untuk mengontrol siapa yang membeli berlebihan, jadi beras itu tidak bisa dipermainkan. Daerah ini laku berapa, dan siapa pembelinya, kita tahu,” tegasnya.

Menurut Buwas, Perum Bulog ke depan juga akan menjual beras renceng kemasan 5-10 kilogram yang harganya relatif murah, namun kualitasnya terjamin. Harapannya masyarakat kelas menengah ke bawah dapat menikmati beras berkualitas.

“Itu nanti ada di warung-warung rokok, warung kecil ada. Realisasinya secepatnya karena saya harus kerja sama dengan kementerian lain, termasuk Kemendag, Kementan, dan Kemenko Perekonomian,” ujarnya.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...di-pasar-mahal

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Buwas: Ada Kelompok Pemain yang Bikin Harga Beras di Pasar Mahal Mau Bermitra dengan Buwas Jualan Kopi Jendral? Siapkan Rp 2 Juta

- Buwas: Ada Kelompok Pemain yang Bikin Harga Beras di Pasar Mahal Berantas Ladang Ganja di Aceh, Buwas Bikin Usaha 'Kopi Jendral'

- Buwas: Ada Kelompok Pemain yang Bikin Harga Beras di Pasar Mahal Bulog Siapkan 20.000 Ton Daging Kerbau untuk Ramadan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di