alexa-tracking

Gus Ipul dan Emil Dardak Tawarkan Solusi Listrik Masuk Desa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1b8b2c0d7702a438b4573/gus-ipul-dan-emil-dardak-tawarkan-solusi-listrik-masuk-desa
Gus Ipul dan Emil Dardak Tawarkan Solusi Listrik Masuk Desa
Gus Ipul dan Emil Dardak Tawarkan Solusi Listrik Masuk Desa

Masalah pengelolaan energi menjadi masalah yang masih dihadapi di wilayah Jawa Timur. Sehingga, tidak heran banyak daerah di Jatim yang belum menikmati aliran listrik.

Cawagub nomor urut 1 Emil Dardak mengatakan, ke depan, provinsi harus memiliki inovasi yang harus dikembangkan. Sebab, PLN tidak menanggung seluruh biaya produksi untuk mengaliri listrik sampai ke pelosok desa di Jatim. Karena itu, ia memandang perlu ada solusi untuk mengatasi hal itu.

"Karena tidak semua biaya pokok produksi bisa ditanggung oleh PLN maka perlu digabungkan konsep jaringan mandiri yang diakses desa, seperti energi surya, biogas," ujar Emil di Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa (8/5).

Ia memandang, Jatim masih memiliki potensi untuk mengembangkan potesi energi terbarukan yang dapat difungsikan bagi masyarakat.

"Kalau kita bicara biogas sebenarnya masih ada peluang lampu di jalan solar cell untuk mendorong energi terbarukan. Kementerian ESDM terlibat satu konsep listrik mandiri dengan membayar sesuai cost recovery sehingga tantangan agar daerah seperti Gili, Kangean bisa teratasi," kata dia.

Sementara itu, cagub nomor urut 2 Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mencanangkan pembiayaan distribusi kabel-kabel listrik sampai ke rumah-rumah warga di pelosok desa. Tetapi, aliran listrik tetap dipasok oleh PLN.

"Pemda bisa membiayai distribusi kabel sampe ke rumah, kita dorong membantu PLN distribusi kabel ke rumah tapi dayanya tetap dari PLN," kata Gus Ipul.

Selain itu, untuk energi terbarukan sebenarnya ada 7 ribu biogas yang sudah mulai diproduksi ke seluruh kabupaten/kota di Jatim. Kemudian, ada juga PLTA hingga Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, harapannya agar dapat memberdayakan masyarakat dan memperkuat ekonomi lokal.

"Demi kesetaraan maka daerah yang belum teraliri listrik harus prioritas keluarkan APBD Provinsi. Kabupaten berkolaborasi menghadirkan pembangkit listrik tenaga sampah di Surabaya sudah memulai dan kita mulai kabupaten yang lain untuk dikembangkan," ucap dia.





Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/g...rik-masuk-desa

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Gus Ipul dan Emil Dardak Tawarkan Solusi Listrik Masuk Desa Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah

- Gus Ipul dan Emil Dardak Tawarkan Solusi Listrik Masuk Desa Saat Gus Ipul Puji Gagasan Emil Dardak

- Gus Ipul dan Emil Dardak Tawarkan Solusi Listrik Masuk Desa Adu Solusi Masalah Pertanian Gus Ipul vs Khofifah