alexa-tracking

Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1b5e9582b2e31708b457e/perang-data-jumlah-pengangguran-gus-ipul-vs-khofifah
Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah
Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah

Debat putaran kedua Pilgub Jatim 2018 yang mempertemukan Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mulai memanas saat berbicara jumlah pengangguran. Bahkan, perang data sempat terjadi antara dua cagub tersebut.

Perang data ini dimulai saat Khofifah mempertanyakan janji Gus Ipul soal membuka 750 ribu lapangan kerja per tahun. Padahal angka pengangguran di Jawa Timur tercatat 827 ribu. Ia lantas mempertanyakan bagaimana cara Gus Ipul menepati janji tersebut. 

Menanggapi hal itu, Gus Ipul mengungkapkan penciptaan lapangan kerja bisa diwujudkan melalui masuknya investasi hingga mendorong sektor pariwisata. Selain itu, ia juga akan mendorong UMKM dan anak muda membuat lapangan kerja seperti startup.

"Investasi, realisasi menyerap 598.000 tenaga kerja, ini data dari Dinas Penanaman Modal Jawa Timur. Kalau kita tambah dengan 1.000 desa wisata dan investasi, tidak sulit untuk menciptakan 750 ribu lapangan kerja setahun," kata Gus Ipul dalam debat di Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa (8/5).

Menanggapi hal itu, Khofifah kemudian membeberkan data BPS Jawa Timur di tahun 2016 dan 2017 terkait jumlah pengangguran. Pada tahun 2016, BPS mencatat pengangguran di Jawa Timur tercatat 4,14 persen.

"Per Februari 2017 jumlah pengangguran 4,10 persen, cuma 0,04 persen pengganguran turun. Ini dirilis resmi oleh BPS Jawa Timur, gimana ini Pak Wagub (Gus Ipul)," ungkap Khofifah.

Dari jumlah 0,04 persen tersebut, kata Khofifah, bisa diartikan penurunan jumlah pengangguran hanya sebanyak 48 ribu selama setahun. Artinya, lanjut Khofifah, sulit menciptakan lapangan kerja sebanyak 750 ribu per tahun. 

Tak mau kalah langkah, Gus Ipul lantas membeberkan data dari Dinas Penanaman Modal Jawa Timur. Ia menyebut bahwa penurunan pengangguran tahun ini mencapai 2,21 persen.

"Sekarang tinggal 4 persen, itu 500 ribu (pengangguran turun), menyerap tenaga kerja yang baru. Ini yang bisa dipastikan, ini valid, ini hitung-hitungan," kata Gus Ipul.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/p...ul-vs-khofifah

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah

- Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah Saat Gus Ipul Puji Gagasan Emil Dardak

- Perang Data Jumlah Pengangguran Gus Ipul Vs Khofifah Adu Solusi Masalah Pertanian Gus Ipul vs Khofifah

×