alexa-tracking

Berantas Pungli, Pengelolaan Jembatan Timbang Akan Diberikan ke Swasta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1a4fb14088de3578b456a/berantas-pungli-pengelolaan-jembatan-timbang-akan-diberikan-ke-swasta
Berantas Pungli, Pengelolaan Jembatan Timbang Akan Diberikan ke Swasta
Berantas Pungli, Pengelolaan Jembatan Timbang Akan Diberikan ke Swasta

Operator jembatan timbang untuk mengukur berat dan volume truk rencananya akan diserahkan kepada pihak swasta. Sebelumnya jembatan timbang dikelola oleh pemerintah daerah. Tujuannya agar pengelolaan jembatan timbang lebih profesional dan tak ada lagi pungutan liar (pungli).

Nantinya jembatan timbang juga akan dikontrol melalui CCTV. Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/5).

"Jadi privat. Orang saya mendampingi, swasta melakukan. Jadi swasta kalau tak mampu kita berhentikan. (Lalu) pakai orang yang kita suruh keliling kemana-mana," kata Budi Karya Sumadi.

Budi Karya lalu memberikan penjelasan kalau saat ini baru di dua wilayah saja jembatan timbang yang akan dikelola oleh swasta. "Sementara ini di Jawa Barat dan Jawa Timur," lanjut dia.

Sedangkan pengelolaan jembatan timbang oleh pihak swasta akan dilakukan setelah Lebaran. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sempat mendapatkan keluhan soal jembatan timbang.

Keluhan berasal dari sopir truk bernama Agus Yuda asal Sidoardjo, Jawa Timur. Agus menuturkan dirinya sebenarnya tahu kalau truk yang ia bawa kelebihan muatan akan tetapi ia tak bisa berbuat apa-apa.

"Dia tahu itu tapi dia enggak bisa buat apa-apa. Karena pemilik barang memaksakan. Kalau kamu berangkat, angkatlah ini dengan truk diesel tapi beratnya 25 ton padahal kemampuan 15 ton," ucap Budi Karya.

"(Kelebihan muatan jadi celah pungli) karena dia over kan gampang ngeceknya, beratnya berapa, muatan berapa. Memang mesti keluar uang. Membuat kesalahan berjemaah si pemilik barang memaksa mereka (sopir)," tuturnya.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...ikan-ke-swasta

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Berantas Pungli, Pengelolaan Jembatan Timbang Akan Diberikan ke Swasta Berantas Pungli, Pengelolaan Jembatan Timbang Akan Diberikan ke Swasta

- [img][/img] Melihat Lokasi Pungli di Jakarta Utara Seperti Aduan Sopir Truk

- Berantas Pungli, Pengelolaan Jembatan Timbang Akan Diberikan ke Swasta Video Kecelakaan Hebat di Tikungan Cipaku UPI Bandung, 1 Orang Tewas Ditempat