alexa-tracking

Ini Rahasia Tempura Jepang Garing dan Mekar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af19a98ddd7709c368b456a/ini-rahasia-tempura-jepang-garing-dan-mekar
Ini Rahasia Tempura Jepang Garing dan Mekar
Ini Rahasia Tempura Jepang Garing dan Mekar

Tempura merupakan salah satu makanan dengan teknik digoreng yang begitu terkenal dari Jepang. Bila dilihat tekstur tempura begitu garing dan mekar. Sama halnya ketika dikonsumsi, biasanya tempura terasa renyah dengan balutan tepung tak terlalu tebal. 

Lantas apa rahasianya? Salah satu juru masak yang ada di kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Chef Hori Ikuo mengungkapkan rahasianya. 

“Kuncinya adalah alat-alat dan bahan yang digunakan untuk membuat adonan harus dingin. Seperti telur, air, dan mangkuknya harus dingin,” ujar Chef Hori Ikuo di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018). 

Ia menjelaskan dengan menggunakan beberapa alat dan bahan yang dingin, maka akan menahan gluten yang dihasilkan dari tepung yang digunakan. 

“Kalau glutennya tertahan, jadinya nggak mudah nempel dan biar tetap bisa crispy,” kata Chef Hori. 

Lalu juga, adonan yang dingin juga membantu pada saat proses menggoreng. Menurut Chef Hori, saat menggoreng akan terjadi perbedaan suhu. Adonan yang akan digoreng bersuhu dingin dan minyak goreng yang lebih panas. 

“Kalau menggunakan suhu yang sama (antara adonan dan minyak goreng) nggak akan crunchy,” kata dia. 
Bila tempura atau goreng-gorengan yang akan dimasak berbahan dasar bahan laut, panas minyak goreng disarankan berkisar 170 hingga 180 derajat. Sementara bila bahannya menggunakan sayuran, disarankan panas minyak goreng sekitar 165 hingga 170 derajat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Rahasia Tempura Jepang Garing dan Mekar", [url]https://travel.kompas.com/read/2018/05/08/190000027/ini-rahasia-tempura-jepang-garing-dan-mekar. [/url]
Penulis : Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Editor : Wahyu Adityo Prodjo
kayak ada yg kurang, apaaa gitu ya
image-url-apps
yahh, ngga bisa pertamax di tret tempuraemoticon-Frown

Baru tau aku ternyata bikin tempura pake telur ya om. Yg aku tau malah kalo bikin gorengan pake telur, ga bisa garing. Telurnya semua apa putihnya aja?
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:

sepertinya putihnya emoticon-Big Grin
itu mod mbel yg dulu sering bikin tempura

sebenernya tempura dari portugal, masuk ke jepang diperkenalkan biarawan
image-url-apps
Quote:


oh gitu ya. baru tau aku, kirain aslinya dari jepang. bikin cerita yg detail dong om ttg sejarah tempuraemoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:

leh uga emoticon-Big Grin
gw cari catetan dolo

aduh pengen emoticon-Insomnia