alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Kenapa Bayi Baru Lahir Perlu disuntik Vitamin K?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af199da1854f731238b4588/kenapa-bayi-baru-lahir-perlu-disuntik-vitamin-k

Kenapa Bayi Baru Lahir Perlu disuntik Vitamin K?

Kenapa Bayi Baru Lahir Perlu disuntik Vitamin K?

Bayi baru lahir memiliki kadar vitamin K yang rendah. Dengan demikian, ia rentan mengalami perdarahan atau yang lebih dikenal dengan perdarahan akibat defisiensi vitamin K (PDVK). Perdarahan tersebut dapat terjadi pada kulit, hidung, otak, mata, tali pusat, mulut, saluran kemih dan saluran cerna bayi, yang ditandai oleh muntah atau tinja yang kehitaman. Bahkan pada sebagian kasus, sebagian bayi dapat mengalami perdarahan secara spontan tanpa sebab yang jelas.

Kurangnya vitamin K pada bayi baru lahir disebabkan akibat tidak siapnya plasenta saat menghantarkan lemak dengan baik atau vitamin K hanya terserap sedikit. Penyebab lainnya yakni terlalu sterilnya saluran cerna bayi baru lahir, sehingga tidak dapat menghasilkan vitamin K yang berasal dari flora di usus.

Ada tiga jenis PDVK. Pertama, early PDVK yaitu perdarahan yang terjadi pada 24 jam setelah bayi dilahirkan. Kedua, classic PDVK yaitu perdarahan yang terjadi pada seminggu pertama kehidupan bayi. Yang terakhir adalah late PDVK, yaitu perdarahan yang terjadi pada bayi yang berusia 12 minggu. Namun, khusus pada late PDVK, kasus tersebut sangat jarang terjadi.

Adapun angka kematian bayi akibat gangguan perdarahan defisiensi vitamin K mencapai sekitar 10 hingga 50 persen. Sementara angka kecacatannya mencapai 30-50 persen. Lalu, adakah yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan?

Dikutip dari laman resmi healthychildren.org, salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghentikan perdarahan pada bayi baru lahir adalah dengan cara menyuntikkan vitamin K. Selain berfungsi untuk menghentikan perdarahan, suntik vitamin K juga berfungsi untuk mencegah penyakit yang mengancam nyawa bayi baru lahir, atau yang disebut penyakit hemoragik.

Suntik vitamin K paling lama bisa ditunda hingga 6 jam setelah bayi dilahirkan agar bayi dan ibu bisa membentuk bonding terlebih dahulu. Namun, apabila keluarga tidak menginginkan suntik tersebut karena dirasa bayi tidak membutuhkannya. Anda boleh melarang dokter atau perawat yang bertugas agar tidak memberikan suntikan tersebut. Itu adalah keputusan dan hak setiap orang tua. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanmom/ke...ntik-vitamin-k

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kenapa Bayi Baru Lahir Perlu disuntik Vitamin K? Kenapa Bayi Baru Lahir Perlu disuntik Vitamin K?

- Kenapa Bayi Baru Lahir Perlu disuntik Vitamin K? 6 Cara Ampuh Atasi Stres bagi Single Mom

- Kenapa Bayi Baru Lahir Perlu disuntik Vitamin K? Jadwal Pendaftaran Masuk SD Negeri Tahun Ajaran 2018/2019

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di