alexa-tracking

LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af18db1dc06bd66608b4567/lipi-tka-china-masuk-ri-tapi-ditolak-india-dan-eropa-bebas-visa-penyebab
LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)
LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa

Selasa, 08 Mei 2018 17:51 WIB

Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ikut melakukan kajian mengenai isu serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China. Salah satu temuan LIPI menyebutkan bertambahnya TKA China di Indonesia seiring dengan meningkatnya investasi China di Indonesia.

Korelasi tersebut cukup masuk akal, sebab pemerintah China memiliki kebijakan bahwa setiap penanaman investasi di luar negaranya harus diikuti dengan ekspor tenaga kerja. Misalnya kebijakan law of the control of the exit and entry citizen yang diterbitkan pada 1986, tujuannya untuk mengatasi persoalan kelebihan angka tenaga kerja di China.

Menurut Peneliti Migrasi Tenaga Kerja Internasional PSDR LIPI, Rudolf Yuniarto kebijakan tersebut pun tercium oleh beberapa negara hingga mereka menolak masuknya investasi dari China yang lebih besar. Pertama India yang menolak proyek Jalur Sutra Baru yang digaungkan oleh Presiden China Xi Jinping lewat program One Belt One Road (OBOR) untuk meningkatkan perdagangan dengan banyak negara.

"India khawatir investasi yang dilakukan perusahaan dan bank China akan membebani utang negara dan stabilitas tenaga kerja lokal," tuturnya di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Selain itu, Rudolf juga mengatakan Eropa juga menolak masuknya investasi dari China. Negara-negara barat curiga proyek Jalur Sutra Baru dibuat untuk memperkuat pengaruh China di kawasan serta menjaga stabilitas tenaga kerja dan ekonomi dalam negeri.

"Di Eropa juga sudah banyak pengungsi dari suriah dan sebagainya, kalau masih menerima investasi dari China mereka ditambah lagi kesulitan untuk mengaturnya," tambahnya.

Sebelumnya LIPI mencatat kebanyakan investasi China di Indonesia lebih banyak ke bidang Sumber Daya Alam (SDA) seperti tambang, migas dan perkebunan. Selain itu investor China lebih banyak masuk ke sektor infrastruktur seperti konstruksi dan kelistrikan yang rata-rata kontraktor dan pembiayaannya dari China juga.

Temuan menarik lainnya adalah, ternyata jumlah TKA China dengan nilai investasi nya yang dibandingkan dengan Singapura berbanding terbalik. Berdasarkan data BKPM dan Kemenaker pada 2016 yang diolah LIPI jumlah investasi dari Singapura mencapai US$ 9,17 miliar dengan jumlah TKA sebanyak 1.700 orang.

Fakta sebaliknya terlihat dari data China. Negara ini berinvestasi di Indonesia pada 2016 sebesar US$ 2,6 miliar, namun jumlah TKA-nya mencapai 21.300 orang. Sementara Jepang yang ada di posisi kedua tercatat jumlah TKA-nya mencapai 12.500 orang dengan nilai investasi sebesar US$ 5,4 miliar.
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4011121/lipi-tka-china-masuk-ri-tapi-ditolak-india-dan-eropa

Ini Analisis Penyebab Serbuan TKA China versi LIPI
Selasa, 08 Mei 2018 16:42 WIB

Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ikut angkat suara mengenai isu serbuan tenaga kerja asing (TKA) asal China di Indonesia. LIPI memandang ada beberapa hal membuat TKA China banyak masuk ke Indonesia.

Peneliti Ketenagakerjaan P2K LIPI, Devi Asiati menerangkan, pertama semakin besarnya jumlah investasi China masuk ke Indonesia berjalan beriringan dengan semakin banyaknya TKA China yang masuk ke Indonesia. Sebab pemerintah China memiliki kebijakan bahwa penanaman investasi di luar negaranya harus diikuti dengan ekspor tenaga kerja.

"Itu berdasarkan kebijakan law of the control of the exit and entry citizen pada 1986 yang mendorong tenaga kerja ke luar negeri seiring dengan investasinya. Karena di negaranya terjadi surplus tenaga kerja," tuturnya di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Faktor lainnya, hubungan kerjasama investasi Indonesia dengan China semakin erat dengan adanya kerjasama Joint Statement on Strenghtening Comprehensive Strategic Partnership di 2015. Implementasi kerjasama itu terlihat dari kemitraan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Ketiga, adanya kebijakan pemerintah tentang bebas visa. Tujuan pemerintah adalah meningkatkan kunjungan para turis. Kebijakan itu tertuang dalam Perpres No 69 tahun 2015 tentang Bebas Visa Kunjungan bagi 45 yang kemudian ditambah menjadi 169 negara yang diubah dalam Perpres No 21 Tahun 2016.

"Implikasi kebijakan itu memunculkan isu atas membanjirnya TKA termasuk dari China. Tujuannya memang untuk meningkatkan turis yang masuk tapi ternyata banyak pekerja yang masuk ke Indonesia dengan visa turis," tambah Devi.
https://finance.detik.com/berita-eko...ina-versi-lipi

------------------------------------


Alasan LIPI ada 3 hal maraknya TKA China itu masuk dan menjadi pekerja di Indonesia. Alasan pertama dan kedua, bukan menjadi penjelasan yang rasional untuk bebasnya mereka bisa masuk ke negeri ini untuk bekerja pada level-level pekerjaan yang bisa dilakukan oleh tenaga kerja Indonesia. 

Yang menanam investasi itu (sejak zaman kemerdekaan dulu) bukan hanya China di negeri kita ini, banyak negara, sebutlah Jepang dan Korea Selatan serta Singapura misalnya. Toh mereka tak se masiv perusahaan China itu memasukkan pekerjanya mereka kemari. Bahw PM China sampai memeinta investor China di Indonesia agar lebih mengutamakan tenaga kerja lokal (tentu untuk jenis pekerjaan yang sudah bisa digantikan TK Indonesia), menunjukkan bahwa memang benar investor China di negara kita  ini berlaku diskriminatif dalam merekrut tenaga kerja untuk proyek-proyeknya di negeri ini. Padahal, semua proyek-proyek itu dibangun dengan utang (bukan hibah),  yang kelak tentunya akan dibayar dengan pajak rakyat Indonesia jua. 

Di AS dan Eropa serta India, investor China itu tak bisa melakukan hal itu, karena Pemerintahnya tegas melarang. Kecuali di negara-negara Afrika dan negara-negara Lautan Pasific karena kebijakan Pemerntahnya yang lemah terhadap investor asing.
Terakhir, kalau alasan karena hubungan kerjasama investasi yang semakin erat, emang dengan investor Barat dan Asia Timur lainnya serta negara Asia Tenggara selama ini tak erat? 

Alasan yang rasional adalah faktor bebas VISA itu sehingga visa untuk turis disalah-gunakan untuk bekerja. Padahal, negara Hong Kong yang juga bagian dari China, ketika kapan hari itu mengetahui Ustadz Somad akan berceramah agama Islam di ahapan WNI/TKI disana, serta-merta dilarang. Alasan Pemerintah Hong Kong yang masuk akal, adalh visa Ustadz Somad bukan untuk bekerja, tapi sekedar kunjungan turis biasa. THINK!

emoticon-No Hope



image-url-apps
arab bijimana cuk?
image-url-apps
LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)


LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)


LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)
KASKUS Ads
LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)
Petugas Imigrasi Klas 1 Tangerang memeriksa dokumen tenaga kerja asing asal Tiongkok yang bekerja di pabrik peleburan bajar PT. SMS Steel di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Selasa (8/5/2018). DOK IMIGRASI KLAS I TANGERANG




Imigrasi Temukan Puluhan Buruh Asing Kasar di Pabrik Peleburan Baja di Tangerang

Selasa, 8 Mei 2018 16:48


Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Petugas Imigrasi Klas 1 Tangerang menginspeksi secara mendadak ke pabrik peleburan baja PT. SMS Steel.

Hasil sidak tersebut petugas Imigrasi menemukan 42 tenaga kerja asing asal Tiongkok baik bekerja sebagai buruh kasar dan tenaga ahli di pabrik yang berada di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang itu.

"Kita temukan para TKA ini yang bekerja baik di bidang tenaga ahli atau kasar," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Tangerang, Herman Lukman di Tangerang, Selasa (8/5/2018).



kenyataannya
ternyata TKI di China Lebih Besar Dibandingkan Jumlah Pekerja China di RIl
https://economy.okezone.com/read/201...ja-china-di-ri
Menaker: TKI Lebih Banyak yang Bekerja di China
https://www.liputan6.com/bisnis/read...kerja-di-china
Menaker: TKI yang Serbu China, Bukan TKA China yang Serbu Indonesia
https://www.kaskus.co.id/thread/5adf...erbu-indonesia
21.300 org aja ribut..
sok kegeeran neh indon..
ga kompeten ya ga kompeten aje..
jgn semua disalahkan kecuali diri sendiri..
Quote:


TKI kita yang bekerja di luar negeri seperti di China itu, adalah pekerja legal, menggunakan VISA bejkerja (bukan visa turis)..
Kalau mereka kerja di China pakai VISA turis, pastilah ketangkep. Tau ajalah sistem pengawasan di negara komunis itu umumnya bagaimana keras dan ketatnya, terutama terhadap WNA di negaranya.

.
Negara sedang kesusahan lapangan kerja eh malah impor buruh luar
image-url-apps
Masa genetik unggul di tolak di india ma eropa
Pasti peneliti abal2 tuh
image-url-apps
Fix LIPI antek nasbung, anti kebasukian, pendukung HTI.

Gak liat jumlah TKI indo lebih besar dari TKA kah?
Egepe negara tujuan TKI lebih maju, lebih kaya dan lebih rendah pengangurannya.
Pokoknya buruh indo miskiner sdm rendah kalah dengan buruh genetik unggul.

-nastak mode off-
Berikutnya mungkin BPOM ya ikut-ikutan masalah TKA.
image-url-apps
Kl baca2 di media sih, kita udah rugi berlipat2. Utang ada bunga, ga digunakan buat membuka lapangan kerja pula. Alasan pekerja indoensia ga mampu sunguh tidak masuk akal dan juga menghina. Apalagi kabarnya asa perbedaan gaji pekerka asing dan lokal. In8 sih sudah jelas2, cina buka lapangan kerja buat rakyatnya, yg bayarin gajinya pemerintah indonesia. Ini bukannya sudah keliru ?
Apalagi kalau kata orang, ini demienang pilpres sekali lagi.
dan kenapa banyak perusahaan lokal yg malah mau nerima emoticon-Ngacir
Karena eropa dan india lebih cerdas dari rizim mukidi... mereka tau kualitas buruh kasar dari cina itu seperti apa... hanya rezim bodoh saat ini saja yang mau nerima sampah dari cina...
image-url-apps
[QUOTE=q4bill;5af18db1dc06bd66608b4568]LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa

Selasa, 08 Mei 2018 17:51 WIB

[size=4][font=Arial]Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ikut melakukan kajian mengenai isu serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China. Salah satu

Ngoahahhahahahhahahaha
LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)
LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)
image-url-apps



LIPI: TKA China Masuk RI, Tapi Ditolak India dan Eropa (bebas VISA penyebab?)


kenapa gak di nyalain aja mesin boilernya pas babi² ngumpet di tu mesin emoticon-Ngakak

Mayan kan babi rebus emoticon-Leh Uga