alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
KPK Bidik Pejabat Kemenkeu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af18c9796bde6433c8b4581/kpk-bidik-pejabat-kemenkeu

KPK Bidik Pejabat Kemenkeu

KPK Bidik Pejabat Kemenkeu

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menelisik dugaan keterlibatan pihak-pihak lain dalam kasus dugaan suap terkait usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada RAPBN-P tahun anggaran 2018. Diduga kuat masih ada pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang ikut terlibat dalam kasus tersebut.


'Kita akan buka fakta-fakta yang ada di sekitar ini, karena kami duga hal-hal seperti ini bukan hanya terjadi sekali ini saja, sehingga kami akan mengurai lebih jauh fakta-fakta,' kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.


Untuk mendalami hal tersebut, penyidik berencana memanggil sejumlah pejabat Kemenkeu. Menurut Febri, para pejabat itu nantinya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kasie Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Yaya Purnomo.


'Kita memang perlu melakukan pemeriksaan orang-orang tersebut yang berada pada struktur vertikal atau horizontal, itu tentu dapat dimungkinkan sepanjang memang relevan dan terkait dengan penanganan perkara,' ujarnya.


Febri mengungkapkan untuk saat ini pihaknya tengah menguraikan fakta-fakta adanya praktik korupsi dalam proses dan tahapan usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada RAPBN-P tahun anggaran 2018.


(Baca juga: Menkeu Larang Pertemuan Jajaran Kemenkeu dan Pemda)


'Itu dulu nanti yang akan kita dalami faktanya satu persatu,' pungkas dia. 


KPK sebelumnya menyita sejumlah aset mewah berupa emas seberat Rp1,4 miliar, US$12.500 dan SGD63.000 dari apartemen Yaya. Yaya merupakan salah satu tersangka usulan dana Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2018.


Yaya ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama anggota Komisi XI DPR RI fraksi Demokrat Amin Santono, Eka Kamaludin (swasta) yang diduga perantara, serta seorang kontraktor Ahmad Ghiast (AG).‎ Amin, Yaya dan Eka diduga menerima suap dari Ahmad Ghiast selaku kontraktor yang biasa menggarap proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang.


Atas perbuatannya, Amin, Eka dan Yaya selaku penerima suap dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 


Semantara Ahmad selaku pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b Pasal 13 UU Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


(Baca juga: KPK Sita Mobil Rubicon Milik Pejabat Kemenkeu)



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/nb...jabat-kemenkeu

---

Kumpulan Berita Terkait :

- KPK Bidik Pejabat Kemenkeu Bamsoet Ingin Celah Lobi APBN Diperketat

- KPK Bidik Pejabat Kemenkeu Pejabat Kemenkeu Terjaring OTT, Menkeu Dukung KPK

- KPK Bidik Pejabat Kemenkeu DAK Berbasis Proposal Jadi Celah Korupsi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di