alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Kemenkumham Beberkan Bukti yang Meyakinkan Hakim Tolak Gugatan HTI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af18900a2c06e75688b4577/kemenkumham-beberkan-bukti-yang-meyakinkan-hakim-tolak-gugatan-hti

Kemenkumham Beberkan Bukti yang Meyakinkan Hakim Tolak Gugatan HTI

Kemenkumham Beberkan Bukti yang Meyakinkan Hakim Tolak Gugatan HTI

Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menolak gugatan atas pembubaran HTI oleh pemerintah. Kuasa hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenku HAM), I Wayan Sudirta, membeberkan sejumlah bukti yang meyakinkan hakim menolak gugatan itu.

Wayan mengatakan ada 143 bukti menjadi dasar keputusan hakim menolak gugatan itu. Salah satunya, kegiatan HTI dinilai melanggar Perppu dan Pancasila.

"Hakim mempertimbangkan HTI telah melanggar pasal 59 ayat 4 (huruf) c karena kegiatannya melanggar Perppu dan Pancasila," kata Wayan dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, yang bertajuk Menerima Bersama Hasil Putusan Sidang HTI, di Kominfo, Jakarta, Selasa (8/5).

Wayan menyebut, satu dari 143 bukti yang disampaikan di persidangan, yakni buku karangan tokoh HTI. Buku ini dinilai sangat bertentangan dengan Pancasila. 

"Di dalam buku ini, kami sebut halaman 337 (mengenai) rancanagan Undang-Undang Dasar Daulah Islam Hukum Umum, dimulai dari pasal pertama," terang Wayan. 

Wayan memaparkan, buku ini menjelaskan banyak hal yang bertentangan dengan Pancasila. Misalnya soal pemimpin dan hak orang memimpin sebuah institusi hingga negara.

"Mari kita lihat pasal pertama, aqidah Islam adalah dasar negara bukan yang lain. (Di dalam juga disebutkan) Khalifah adalah pemimpin negara untuk semua bidang. Perempuan tidak punya hak untuk memimpin. Laki-laki nonmuslim atau perempuan nonmuslim tidak punya hak suara," jelasnya. 

Wayang mengungkapkan konsep yang dipegang kelompok HTI hanya memengang ketatapan hukum Allah. Sementara, tidak percaya dengan hukum yang berlangsung di Indonesia. Hal ini akan menjurus pada pemberontakan terhadap negara. 

"Meraka tidak suka produk hukum manusia. Kalau tidak suka produk hukum manusia, tapi ingin merebut kekuasaan. Di negara demokratis merebut kekuasaan dengan pemilu tapi (kalau tidak pemilu) dengan apa?," jelasnya. 

"Makanya melanggar 59 ayat 4 huruf c. Itu dipergimbangkan secara cermat oleh majelis hakim," pungkasnya.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/k...ak-gugatan-hti

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kemenkumham Beberkan Bukti yang Meyakinkan Hakim Tolak Gugatan HTI Kemenkumham Beberkan Bukti yang Meyakinkan Hakim Tolak Gugatan HTI

- Kemenkumham Beberkan Bukti yang Meyakinkan Hakim Tolak Gugatan HTI HTI Banding Putusan PTUN: Kezaliman Harus Dihentikan

- Kemenkumham Beberkan Bukti yang Meyakinkan Hakim Tolak Gugatan HTI PBB Siap Akomodir Massa Eks HTI yang Mau Jadi Caleg di 2019

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di