alexa-tracking

Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af188e9d9d77014628b456e/menjelang-ramadan-dmi-dan-unilever-bersih-bersih-2-ribu-masjid
Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid
Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid

Jakarta, IDN Times – Bulan suci Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Tidak hanya hati yang mulai harus dijaga, tapi juga masjid sebagai tempat ibadah pun perlu pula dibersihkan.

Untuk itu, Unilever Indonesia bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), meluncurkan gerakan 'Bersih-Bersih Masjid”. Acara ini dihadiri sejumlah tokoh seperti Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan artis Irwansyah dan Dhini Aminarti. Seperti apa sih kegiatannya?


1. Pembersihan 2.000 masjid di seluruh Indonesia
Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid
IDN Times/Helmi Shemi



Peluncuran yang digelar di Masjid Istiqlal Jakarta ini menandai dimulainya kegiatan membersihkan 2.000 masjid di  Indonesia, dari awal Ramadan sampai akhir tahun.  Ini adalah kali kedua setelah pada 2017 lalu Unilever sukses membersihkan 1.011 masjid.

”Ramadan merupakan momentum awal dari niat kami mengajak masyarakat lndonesia untuk menjaga kebersihan masjid dan rumah, tidak hanya demi menyempurnakan ibadah namun juga menjadikan ini sebagai kebiasaan setap saat,” kata Head of Sustainable Business and Unilever lndonesia Foundation Sinta Kaniawati di Masjid Istiqlal, Selasa (8/5).

Baca juga: Pembangunan Proyek Meikarta Berhenti? Ini Penjelasan Pihak Marketing


2. DMI targetkan pembersihan 800 ribu masjid  
Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid
IDN Times/Helmi Shemi



Wakil Ketua DMI yang juga Wakapolri, Komisaris Jenderal Syafruddin, menyebut angka 2.000 masjid itu hanya simbolik. Ia mengimbau seluruh masjid di Indonesia yang jumlahnya 800 ribu dapat dibersihkan juga.

“Kita mengimbau kepada seluruh masjid di Indonesia yang jumlahnya lebih kurang 800 ribu masjid untuk melakukan hal yang sama. Jadi serentak se-Indonesia kita akan melakukan gerakan ini secara terus menerus dengan momentum mau memasuki bulan Ramadan,” kata Syafruddin.

“Di luar Jawa juga melakukan di Makassar melakukan di Padang dilakukan di Medan melakukan, di Aceh melakukan, di Lombok melakukan,” imbuhnya.


3. Melibatkan peran marbut dan komunitas masyarakat
Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid
IDN Times/Helmi Shemi



Sinta menilai kegiatan Bersih-bersih masjid ini butuh peran dari masyarakat, khususnya marbut. Ia mengatakan Unilever, DMI dan LSM lokal membersihkan masjid secara efektif kepada 2.000 marbut masjid.

"Marbut merupakan tokoh kunci untuk mengajak masyarakat setempat dalam membangun kebiasaan untuk menjaga kebersihan. Setelah pelatihan marbut, kami ingin gerakan ini dapat menjangkau sekitar 50.000 anggota masyarakat di sekitar masjid untuk bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih sepanjang tahun. Kami pun membekali komunitas dengan buku panduan untuk menjaga kebersihan masjid dan rumah agar kebiasaan baik ini bergulir ke rumah tinggal mereka,” jelasnya.

Baca juga: Survei LSI: Elektabilitas Demokrat dan PKB Terkerek Jika Mengusung Gatot Nurmantyo

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid Viral Dosen Bela HTI, Begini Penjelasan Rektor ITS

- Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid Survei LSI: Elektabilitas Demokrat dan PKB Terkerek Jika Mengusung Gatot Nurmantyo

- Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid Pembangunan Proyek Meikarta Berhenti? Ini Penjelasan Pihak Marketing

×