alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Jepang Tawarkan Utang untuk Bangun Kereta Semi Cepat, Bunganya 2%
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af18367a2c06e64688b4571/jepang-tawarkan-utang-untuk-bangun-kereta-semi-cepat-bunganya-2

Jepang Tawarkan Utang untuk Bangun Kereta Semi Cepat, Bunganya 2%

Jepang Tawarkan Utang untuk Bangun Kereta Semi Cepat, Bunganya 2%

Pemerintah Jepang tampaknya serius untuk membangun kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Wakil Presiden Jusuf Kalla bahkan menyebut Jepang telah menawarkan pinjaman kepada Indonesia dengan bunga rendah. Pemerintah pun akan memberikan lampu hijau.

"Pemerintah Jepang memberikan pinjaman dengan dana murah soft loan. Soft loan itu bunganya 1-2%, jadi panjang (masa pinjaman) 40 tahun. Jadi cukup menarik juga dan itu Presiden (Joko Widodo) telah menginstruksikan supaya itu dilaksanakan," ungkap JK saat ditemui di Kantor Wapres, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (8/5).

Untuk mendapatkan pinjaman itu, pemerintah telah menyusun proposal rancangan pembangunan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bersama sejumlah tim ahli. Proposal untuk pengajuan pinjaman tersebut diperkirakan rampung pada akhir tahun ini.

"Tinggal penyusunan bersama-sama tim ahli di Jepang karena itu harus buat proposalnya dulu, berapa dibutuhkan, sehingga diketahui nanti tender kira-kira membutuhkan berapa dana. Prinsipnya pemerintah sudah setuju. Kira-kira selesai mereka buat pada akhir tahun ini sudah selesai, tapi persiapannya sudah jalan," paparnya. 

Pemerintah menginginkan proyek ini bisa secepatnya dibangun. Sehingga bisa mempersingkat mobilitas penumpang dari Jakarta ke Surabaya menjadi hanya 5 jam.  

"Karena itu detail ya, berapa jembatan, berapa fly over, itu kan teknis sekali jadi dibutuhkan perencanaan yang baik. 2019 (sudah) bisa (dibangun)," pungkasnya.

Kementerian Perhubungan sebelumnya menafsir nilai investasi proyek pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya mencapai Rp 100 triliun. Nilai investasi tersebut digunakan untuk merehabilitasi rel kereta yang sudah ada, membangun rel kereta baru termasuk pembangunan rel elevated, biaya pengerjaan, hingga pembebasan lahan yang dilalui rel kereta semi cepat.  



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...pat-bunganya-2

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Jepang Tawarkan Utang untuk Bangun Kereta Semi Cepat, Bunganya 2% Jepang Tawarkan Utang untuk Bangun Kereta Semi Cepat, Bunganya 2%

- Jepang Tawarkan Utang untuk Bangun Kereta Semi Cepat, Bunganya 2% Rini: Dana Pinjaman KA Cepat Rp 2,28 T untuk Bayar Kontraktor

- Jepang Tawarkan Utang untuk Bangun Kereta Semi Cepat, Bunganya 2% Penampakan TKA dari China di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di