alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
120 Admin Sosmed Kota Bandung Belajar Jurnalistik Bareng kumparan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af178149a0951826c8b4569/120-admin-sosmed-kota-bandung-belajar-jurnalistik-bareng-kumparan

120 Admin Sosmed Kota Bandung Belajar Jurnalistik Bareng kumparan

120 Admin Sosmed Kota Bandung Belajar Jurnalistik Bareng kumparan

Wakil Pemimpin Redaksi kumparan, Rachmadin Ismail sedang menyampaikan materi Penulisan Jurnalistik dalam Workshop Penulisan dan Fotografi yang digelar oleh Humas Kota Bandung bersama kumparan di Auditorium Rosada Balai Kota Bandung, Selasa (8/5/2018). (Robby Darmawan/Humas Kecamatan Cibiru Kota Bandung).

BANDUNG, 8 Mei 2018 - Sebanyak 120 Admin Media Sosial dari OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung mengikuti Workshop Penulisan dan Fotografi Jurnalistik yang digelar oleh Humas Kota Bandung bersama kumparan di Auditorium Rosada Balai Kota Bandung, Selasa (8/5/2018).

Workshop dibuka langsung oleh Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Bandung, Muhamad Solihin. Dalam sambutannya Solihin menyampaikan pentingnya peran Humas dan Media Sosial dalam sosialisasi pembangunan di Kota Bandung.

Ia berharap humas perangkat daerah bisa menyajikan informasi yang faktual dan aktual yang datang langsung dari perangkat daerah langsung. "Jangan sampai masyarakat dijejali informasi hoaks. Masyarakat wajib mendapatkan informasi yang benar maka humas berperan disini," ujar Solihin.

Wakil Pemimpin Redaksi kumparan, Rachmadin Ismail mengatakan perlunya kolaborasi antara antara media dan masyarakat sehingga muncul berita dari berbagai persfektif.

"Media mainstream sekarang tidak memberi ruang buat masyarakat atau lembaga untuk berekspresi di media. Nah kami di kumparan memberikan ruang itu," ujar Rachmadin saat memberikan materi tentang Penulisan Jurnalistik.

Menurutnya kemampuan humas dan admin media sosial menguasi teknik penulisan rilis serta jurnalistik merupakan sesuatu yang perlu. Dia memberikan contoh bagaimana menulis rilis yang baik. "Tulisan harus mengandung unsur Klarifiasi, keputusan, informasi, atau seremoni. Seremoni merupakan pilihan terakhir karena kurang begitu menarik pembaca," ujarnya.

Sementara itu, Redaktur Foto kumparan, Aditia Noviansyah mengatakan visual menentukan 60% keputasan pembaca mengklik berita tersebut. Maka, lanjut dia, kemampuan fotografi juga penting dalam menjalankan tugas kehumasan.

Para peserta berfoto bersama pemateri dari kumparan usai Workshop Penulisan dan Fotografi

Salah seorang peserta Workshop, Harry Pribadi mengatakan workshop ini sangat membantu untuk meningkatkan kompetensi terutama dibidang kejurnalistikan. 

"Kita kan setiap hari harus melaporkan kegiatan, dengan adanya workshop ini kita bisa membuat informasi yang sesuai dengan kaidah dan punya estetika lah," ujarnya yang merupakan admin sosial media di OPD Kelurajan Cipadung Kecamatan Cibiru tersebut. 

Harry berharap acara serupa digelar lagi di tingkat Kecamatan. "Kalau bisa di Kecamatan atau Kelurahan juga ngadain acara seperti ini," tandasnya.

Penulis: Robby Darmawan

OPD Kecamatan Cibiru Kota Bandung



Sumber : https://kumparan.com/robby-darmawan1...-1525772586626

---

Kumpulan Berita Terkait :

- 120 Admin Sosmed Kota Bandung Belajar Jurnalistik Bareng kumparan 120 Admin Sosmed Kota Bandung Belajar Jurnalistik Bareng kumparan

- 120 Admin Sosmed Kota Bandung Belajar Jurnalistik Bareng kumparan Pemkot Bandung Libatkan Warga Kumpulkan Informasi Pembangunan Kota

- 120 Admin Sosmed Kota Bandung Belajar Jurnalistik Bareng kumparan kumparan Gelar Pelatihan Menulis dan Fotografi bagi ASN Pemkot Bandung

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di