alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Melihat Pabrik Pengolahan Nikel Milik Antam di Pomalaa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1780de052273f308b4568/melihat-pabrik-pengolahan-nikel-milik-antam-di-pomalaa

Melihat Pabrik Pengolahan Nikel Milik Antam di Pomalaa

Melihat Pabrik Pengolahan Nikel Milik Antam di Pomalaa

Stainless steel yang kita gunakan saat ini seperti alat makan dan berbagai alat lainya terbuat dari mineral yang ada di alam, yaitu nikel. Untuk bisa menjadi sebuah sendok atau garpu stainless steel, nikel yang diambil dari dalam tanah diolah dulu menjadi feronikel. 

Kali ini kumparan (kumparan.com) berkesempatan untuk melihat proses pengolahan bijih nikel menjadi feronikel langsung dari pabriknya (smelter) di Unit Bisnis Pengolahan Nikel (UBPN) di Pomalaa, Sulawesi Tenggara. Pabrik pengolahan nikel ini salah satu smelter yang dimiliki PT Antam Tbk (ANTM). 

SVP Deputy General Manager Antam UBPN Pomalaa, Nilus Rahmat, menjelaskan bahwa bijih nikel ditambang dari kedalaman 6-8 meter di bawah tanah.  

“Lalu dipilah untuk dimasukkan ke dalam furnace (mesin pengolahan) yang ditambah dengan batu baru sehingga nikel terpisah dari oksidanya. Setelah itu, menghasilkan metal cair atau crude metal,” kata Nilus saat ditemui di Pomalaa, Selasa (8/5).

Setelah crude metal dihasilkan, lalu dimurnikan di mesin berbeda untuk menjadi feronikel. Feronikel cair yang dioleh menghasilkan dua produk, yaitu low carbon dan high carbon

“Kedua produk itu kemudian dicetak menjadi Feronikel dalam bentuk granule yang dieskpor menjadi sebagai bahan baku baja anti karat,” lanjutnya.

 

Nilus menyebutkan, tahun ini UBPN Pomalaa menargetkan produksi feronikel sebanyak 26 ribu metrik ton. Feronikel menjadi salah satu penyumbang terbesar pendapatan usaha Antam selain emas dan bauksit. 

Feronikel yang dihasilkan di sini diekspor ke berbagai negara seperti ke India, Korea Selatan, dan China. Selain feronikel, Antam juga mengekspor nikel dalam bentuk mentah atau bijih nikel (ore). 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...tam-di-pomalaa

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Melihat Pabrik Pengolahan Nikel Milik Antam di Pomalaa Melihat Pabrik Pengolahan Nikel Milik Antam di Pomalaa

- Melihat Pabrik Pengolahan Nikel Milik Antam di Pomalaa Antam Targetkan Produksi Feronikel 28 Ribu Ton Tahun Ini

- Melihat Pabrik Pengolahan Nikel Milik Antam di Pomalaa Antam Kantongi Laba Bersih Rp 136 Miliar di 2017, Naik 111%

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di