alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benarkah TKA China Makin Banyak Masuk RI? Ini Temuan LIPI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1764056e6afe50c8b4568/benarkah-tka-china-makin-banyak-masuk-ri-ini-temuan-lipi

Benarkah TKA China Makin Banyak Masuk RI? Ini Temuan LIPI

Benarkah TKA China Makin Banyak Masuk RI? Ini Temuan LIPI
Jakarta - Maraknya perbincangan mengenai isu serbuan tenaga kerja asing (TKA) asal China membuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ikut serta membahasnya. Lembaga ini menggelar diskusi bulanan dengan mengambil tema TKA berdasarkan hasil kajiannya.

Peneliti Ketenagakerjaan P2K LIPI, Devi Asiati mengungkapkan beberapa temuan mengenai TKA asal China. Pertama meningkatnya nilai investasi RRT di Indonesia seiring dengan meningkatnya masuknya TKA asal China.

"Jadi ada pola yang sama antara kenaikan investasi sejalan dengan peningkatan jumlah TKA-nya. China adalah salah satu negara terbesar yang melakukan investasi di Indonesia. Jumlahnya juga meningkat dari 2010 peringkat ke 10, lalu pada 2014 naik menjadi ke 8 hingga di 2016 posisi ke 3 sebagai negara asal investasi terbesar di Indonesia. Itu berdasarkan data BKPM," tuturnya di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

LIPI juga mencatat kebanyakan investasi China di Indonesia lebih banyak ke bidang Sumber Daya Alam (SDA) seperti tambang, migas dan perkebunan. Selain itu investor China lebih banyak masuk ke sektor infrastruktur seperti konstruksi dan kelistrikan yang rata-rata kontraktor dan pembiayaannya dari China juga.

Temuan menarik lainnya adalah, ternyata jumlah TKA China dengan nilai investasinya yang dibandingkan dengan Singapura berbanding terbalik. Berdasarkan data BKPM dan Kemenaker pada 2016 yang diolah LIPI jumlah investasi dari Singapura mencapai US$ 9,17 miliar dengan jumlah TKA sebanyak 1.700 orang.

Fakta sebaliknya terlihat dari data China. Negara ini berinvestasi di Indonesia pada 2016 sebesar US$ 2,6 miliar, namun jumlah TKA-nya mencapai 21.300 orang. Sementara Jepang yang ada di posisi kedua tercatat jumlah TKA-nya mencapai 12.500 orang dengan nilai investasi sebesar US$ 5,4 miliar.

"Memang kalau dibandingkan dengan Singapura ini berbanding terbalik," tuturnya.

https://m.detik.com/finance/berita-e...ni-temuan-lipi

Invest Singapura: $9,14 miliar
TKA Singapura: 1700

Invest China: $2,6 miliar
TKA China: 21.300

Wow emoticon-Belo
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
pasti banyak koki yang masuk

bisa dibajak untuk buka warung chinese food
Drungtod mode on emoticon-Marah

Chinese itu lebih mending daripada domba kulit putih PAOK tukang genosida perampas tanah.


Drungtod mode off emoticon-Ngakak
itu yg terdaftar gan yg disembunyi dan sembunyi2 lebih banyak lagi😂😂😂
mantapzzzz
hail singapor
emang singapura penduduknya berapa? begejibun kaya cina.....
Mo bandingn singapura yg jumlah penduduknya 5-6 jutaan, ma cina yg 1 milyar lebih.....
emoticon-Hammer2
Tka mengleng.yg masuk sini khan tenaga ahli semua ..
Napa pada banyak yg iri toh bukan level kerjaan kalian yg diambil
Bahkan terapis spa dari sono aja tenaga ahli memeras sp3rma
puokoknya jumlah TKI kita lebih banyak dari TKA. TITIK. emoticon-Hansip

egepe tu negara tujuan lebih kaya, lebih maju, pengangguran lebih sedikit dan membuka lapangan kerja.emoticon-Mad (S)

Quote:


nastak tak bisa mencerna omongan peneliti LIPI
yang mereka pahami cuma omong kosongnya Jokowi
Quote:


Lipi cuma tukang hitung, macam kalkulator.

Orang singapura seberapa banyak sih yg butuh kerja dj luar?
Quote:


Nasbung kampret dongo kalo ngomong kek udah yg paling pinter aja.
Diubah oleh suzukisiantar
Indonesia investasi berapa? TKInya berapa?
biar in aja bro china pada dateng kesini itung2 income dan dpt devisa negara lah indonesia... emang di sini dia org pd kaga makan kaga pada hiburan dan kg pada beli oleh2 nanti pas pulang...
jgn fanatik jd org mau siapapun yang dtg kesini nikmatin aja dan kita liat hasilnya jadi org jgn kebanykan goblok nya dikit2 anti asing aseng....
lu orang kapan mau maju kalau kayak gitu ???
gorengan isu murahan
pembodohan utk masyarakat, pemupukan sentimen utk rasis
kasarannya inpest sedikit kuli selangit

yah mirip2 kita lah
Quote:


kalo aseng yang masuk ribut breh

tapi ngarab yang masuk sampe bikin puncak jadi kampungnya dj khaled pada diem aja emoticon-Najis
Gue mah tau orang Lipi begimana emoticon-Ngakak (S)
ane kerja ma china..rata2 top levelnya org asli mainland..atasan ane jga mainland..weekend mereka ttp masuk padahal gak diiitung lemburan..gajinya?? alhamdulillah 2x lipat dari kantor lama yg direksinya china pribumi yg taunya cuma beres aja..bodo amat mau banyak tka yg masuk..situ sudah siap bersaing belum?ada skilk kgk? kalo kgk? wassalam dah emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di