alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
LSI Denny JA: Jokowi Dongkrak Suara PDIP, Prabowo Kerek Gerindra
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af175301854f729238b4569/lsi-denny-ja-jokowi-dongkrak-suara-pdip-prabowo-kerek-gerindra

LSI Denny JA: Jokowi Dongkrak Suara PDIP, Prabowo Kerek Gerindra

LSI Denny JA: Jokowi Dongkrak Suara PDIP, Prabowo Kerek Gerindra

PDIP, Golkar dan Gerindra masih menjadi 3 parpol tertinggi jelang Pemilu 2019. Survei LSI Denny JA mendapati suara parpol itu dipengaruhi oleh kandidat calon presiden dalam parpol tersebut.

"75.5 persen pemilih menyatakan yang bisa menaikkan dan menurunkan dukungan terhadap partai adalah ada atau tidaknya capres kuat yang diusung partai," ucap peneliti LSI Adian Sopa dalam paparan survei di Jakarta, Selasa (8/5).

Faktor lain yang mempengaruhi elektabilitas adalah program populer yang diusung partai, kasus atau skandal partai. Secara lebih rinci elektabilitas PDIP tetap di puncak survei karena turur didorong oleh sosok Joko Widodo yang diasosiasikan dengan PDIP.

Meski begitu, elektabilitas PDIP belum maksimal karena ada kasus e-KTP yang menyeret dua nama elite PDIP yaitu Puan Maharani dan Pramono Anung. Meski, isu ini sudah dibantah oleh keduanya.

"Isu Puan Maharani dan Pramono soal e-KTP menurunkan elektabilitas PDIP. Pada pemilih PDIP kita tanyakan bagaimana efeknya terhadap dukungan partai, 77% menyatakan akan tetap memilih PDIP, akan tetapi ada 10,7% yang menyatakan tidak akan memilih PDIP. Sisanya 12.3% menyatakan tidak tahu tidak jawab," paparnya.

"Meskipun demikian, PDIP masih kokoh di urutan pertama karena masih terasosiasi kuat dengan Jokowi dibanding partai lain," lanjut Adian.

Kemudian elektabilitas Golkar di urutan kedua, dipengaruhi oleh kasus e-KTP Setya Novanto. Meski, tidak signifikan karena versi LSI Denny JA Golkar terbantu oleh adanya program untuk masyarakat. Yaitu sembako murah, lapangan kerja, rumah harga terjangkau dan program teknologi.



Kemudian elektabilitas Gerindra yang mendekati Golkar. Sama halnya dengan PDIP, Gerindra elektabilitasnya terdongkrak karena masyarakat mengasosiasikan dengan Prabowo sebagai calon presiden.

"Ketika kita tanyakan kepada pemilih, partai mana yang akan mencalonkan Prabowo? Mayoritas, sebanyak 80.9% menyatakan Gerindra. Terdapat jawaban partai lain yang akan mencalonkan Prabowo tetapi minor hanya 5.3%, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab sebanyak 13.8%," paparnya.

"Asosiasi ini yang menaikkan dukungan buat Gerindra," pungkas Adian.





Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/l...kerek-gerindra

---

Kumpulan Berita Terkait :

- LSI Denny JA: Jokowi Dongkrak Suara PDIP, Prabowo Kerek Gerindra Dua Maling Curi Peralatan Sepak Bola di Wisma PSS Sleman

- LSI Denny JA: Jokowi Dongkrak Suara PDIP, Prabowo Kerek Gerindra Survei: Suara Gerindra, PKB, Demokrat Naik Jika Usung Gatot di 2019

- LSI Denny JA: Jokowi Dongkrak Suara PDIP, Prabowo Kerek Gerindra Gerakan Menuju 100 Smart City 2018, Hadirkan Pelayanan Publik Berkualitas Di Bumi Batara Guru

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di