alexa-tracking

Intelijen Irak Ungkap Lokasi Persembunyian Abu Bakar Baghdadi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1726fa09a39b55b8b4577/intelijen-irak-ungkap-lokasi-persembunyian-abu-bakar-baghdadi
Intelijen Irak Ungkap Lokasi Persembunyian Abu Bakar Baghdadi
Intelijen Irak Ungkap Lokasi Persembunyian Abu Bakar Baghdadi

ISIS memang telah dipukul mundur di banyak wilayah di Irak dan Suriah, namun pemimpinnya ternyata masih hidup. Abu Bakar Baghdadi dilaporkan bersembunyi di wilayah gurun Suriah.

Hal ini disampaikan oleh bos intelijen Irak kepada media Fox News, Senin (7/5). Dia mengatakan, Baghdadi kemungkinan masih berada di wilayah Lembah Sungai Eufrat bagian Suriah yang berbatasan dengan Irak.

"Informasi terakhir yang kami peroleh dia ada di Al-Hajin, Suriah, 19 km dari perbatasan provinsi Deir ez-Zor," kata Abu Ali al-Basri, direktur jenderal badan intelijen dan pemberantasan terorisme di Kementerian Dalam Negeri Irak.

Informasi ini, kata Basri, diperoleh beberapa hari terakhir. Hal serupa disampaikan oleh Brigjen Yahya Rasool, juru bicara Kementerian Pertahanan Irak yang mengatakan Baghdadi berada di wilayah gurun perbatasan timur Sungai Eufrat. 

"Tidak sulit bagi dia sembunyi di gurun Suriah," kata Rasool.

Namun akan sulit bagi pasukan Irak yang dibantu koalisi AS menemukannya. Pasalnya menurut Hisham al-Hishami, anggota Komisi Rekonsiliasi Nasional Irak, wilayah yang diduga persembunyian Baghdadi memiliki luas hingga ribuan kilometer persegi dan mencakup puluhan desa.

"Saya bertemu beberapa orang dan beberapa pembantu Baghdadi yang tertangkap, mereka mengatakan dia bisa bersembunyi karena bergerak tanpa konvoi dan pengawalan. Dia hanya bersama tiga orang, putranya, menantunya, kawannya atau supir," kata Hishami.

Baghdadi hanya pernah sekali muncul di publik, yaitu di masjid kota Mosul ketika mengumumkan kekhalifahan ISIS. Mosul kini telah direbut oleh Irak atas bantuan serangan udara koalisi AS.

Baghdadi juga disebut mendapatkan perlindungan dari suku-suku Arab setempat. Di persembunyiannya, dia diyakini mengalami luka parah dalam beberapa kali serangan udara yang membuatnya sulit bergerak. 

Basri menduga, Baghdadi terluka parah dalam serangan jet tempur F-16 ke wilayah al-Qaim. Walau berbagai isu soal kematiannya, Rasool memastikan bahwa Baghdadi masih bernapas.

"Dia terluka sedikitnya tiga kali, dua kali di Irak dan sekali di Suriah. Dia mengalami luka parah di kakinya dan kesehatannya memburuk," kata Basri.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/i...bakar-baghdadi

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Intelijen Irak Ungkap Lokasi Persembunyian Abu Bakar Baghdadi Intelijen Irak Ungkap Lokasi Persembunyian Abu Bakar Baghdadi

- Intelijen Irak Ungkap Lokasi Persembunyian Abu Bakar Baghdadi Rencanakan Penembakan Massal, Remaja di Texas Ditangkap

- Intelijen Irak Ungkap Lokasi Persembunyian Abu Bakar Baghdadi Gabung ISIS, 19 Wanita Rusia Divonis Seumur Hidup di Irak