alexa-tracking

Melihat Son Doong, Gua Terbesar dan Eksotis di Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af17264e05227c03a8b457f/melihat-son-doong-gua-terbesar-dan-eksotis-di-dunia
Melihat Son Doong, Gua Terbesar dan Eksotis di Dunia
Melihat Son Doong, Gua Terbesar dan Eksotis di Dunia

Masih ingat film City of Ember (2008) di mana sebuah penduduk kota tinggal di bawah tanah tanpa tersentuh sinar matahari? Tampaknya, kehidupan bawah tanah semacam itu bisa diwujudkan di Gua Son Doong, Vietnam. Gua terbesar di dunia itu saking besar bisa menampung sekitar 40 gedung pencakar langit.

Terletak di Taman Nasional Phong Nha - Ke Bang, Provinsi Qaung Binh, Gua Son Doong memiliki tinggi 200 meter, lebar 150 meter, dan panjang 8,5 km. Di dalamnya terdapat sungai dan vegetasi yang tumbuh lebat dan membentuk ekosistem. Uniknya, hingga kini penjelajah Gua Son Doong lebih sedikit daripada jumlah pendaki yang pernah mencapai puncak Gunung Everest.

Dilansir dari situs resmi pariwisata Vietnam, Gua San Doong terbentuk sekitar 2,5 juta tahun yang lalu. Gua itu baru ditemukan pada 1991 oleh warga lokal bernama Ho Khanh. Saat itu ia sedang menyusuri Taman Nasional Phong Nha - Ke Bang untuk mencari kayu.

Pada 2009, sekelompok peneliti dari British Cave Research Association mengeksplorasi San Doong dan mempublikasikan hasil riset mereka. Baru pada 2013 silam, San Doong resmi dibuka untuk umum.







Untuk mencapai Gua Son Doong, pengunjung harus melewati Ban Doong, satu-satunya desa di Taman Nasional Phong Nha - Ke Bang dan dihuni kelompok etnis minoritas. Karena akses yang sulit, desa itu terisolasi dari dunia luar dan minim tersentuh modernisasi. Jumlah penduduknya saja tak lebih dari 50 jiwa.

Tak heran jika belum banyak orang yang sudah menyaksikan langsung gua raksasa Son Doong. Sebab, pengunjung harus trekking melewati hutan lebat dan kawasan konservasi. Bisa dibilang, mencapai Gua Son Doong adalah sebuah ekspedisi.

Namun keindahan Gua Son Doong akan membuatmu ternganga. Kamu seperti memasuki dimensi lain. Stalaktit dan stalagmit raksasa bagai membawamu ke era dinosaurus. Bahkan beberapa stalagmit panjangnya lebih dari 70 meter.

Kamu bisa memasang tenda untuk beristirahat di dekat sungai bawah tanah yang mengalir sepanjang 2,5 km. Benar-benar seperti surga tersembunyi!



Sumber : https://kumparan.com/@kumparantravel...sotis-di-dunia

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Melihat Son Doong, Gua Terbesar dan Eksotis di Dunia Melihat Son Doong, Gua Terbesar dan Eksotis di Dunia

- Melihat Son Doong, Gua Terbesar dan Eksotis di Dunia Traveling Saat Haid... ? WHY NOT

- Melihat Son Doong, Gua Terbesar dan Eksotis di Dunia Cara Seru Nikmati Jembatan Cinta di Pulau Tidung