alexa-tracking

Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1681fc0d770061c8b4572/desmond-amien-rais-bukan-bapak-reformasi-tapi-pecundang
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang
Selasa 08 Mei 2018, 12:04 WIB

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews

Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang
Desmond J Mahesa (Gibran Maulana/detikcom)

Jakarta - Siapa tokoh utama reformasi menjadi perbincangan panas setelah Sri Bintang Pamungkas cs menyebut Amien Rais pengkhianat. Aktivis '98 yang turun langsung ke jalan, Desmond J Mahesa, mengutarakan pendapatnya soal siapa sebenarnya yang jadi tokoh sentral reformasi.

"Menurut saya sih mahasiswa itu sendiri. Jadi kayak Bintang dll itu kan adalah orang-orang tua yang sebenarnya tidak terlibat langsung dalam proses itu. Itu kan dimulai oleh kawan-kawan berbagai kampus melakukan advokasi-advokasi dalam suasana kondisi waktu itu di zaman Soeharto," ujar Desmond saat dihubungi, Selasa (8/5/2018).

Desmond mengatakan mahasiswa merupakan tokoh utama reformasi. Mereka turun ke jalan dan mengadakan demo di beberapa kota di Indonesia. Puncaknya, di Jakarta, gedung DPR RI diduduki mahasiswa.

Soal Amien Rais yang disebut PAN penggerak reformasi, Desmond tak setuju. Desmond merupakan salah satu aktivis '98 yang duduk di parlemen saat ini.

"Nggak. Beliau itu dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk orang yang berbicara di panggung. Dia itu bukan inisiatornya, beliau itu adalah artis," jelas Desmond.

Amien Rais dianggap Desmond hanya dimanfaatkan mahasiswa dalam reformasi. Kebetulan, kata Desmond, Amien saat itu merupakan tokoh yang berani vokal dengan memanfaatkan panggung mahasiswa yang menduduki DPR.

"Iya, karena kebetulan waktu itu dia berani ngomong apa adanya. Tapi kalau inisiator reformasi sendiri jauhlah, Amien Rais bukan siapa-siapa," ucap Ketua DPP Gerindra itu.

Soal reformasi, Sri Bintang cs menuding Amien Rais sebagai pengkhianat. Bagi Desmond, Amien lebih pada pecundang. Apa maksud pecundang versi Desmond?

"Yang harus paham, Amien Rais tidak bisa kita sebut bapak reformasi ya. Kenapa? Karena, bagi kami mahasiswa, jebolnya konstitusi, UUD '45 dengan amendemen itu kan Ketua MPR-nya Amien Rais. Jadi, kalau Amien Rais membobol dasar negara, Amien Rais itu pecundang, gitu, lo," ucapnya.

"Menurut istilah saya, dengan saya pertanggungjawabkan, dengan kondisi rusaknya bangsa ini dengan salah satu jebolnya konstitusi kita dan di situ ada peran Amien Rais dan Megawati waktu itu presiden yang memegang benteng kerusakan bangsa ini semakin liar," tandas Desmond.

Waketum PAN Totok Daryanto membela Amien Rais yang diserang Sri Bintang Pamungkas cs. Menurut Totok, Amien penggerak reformasi dan itu harus diakui.

"Bahwa Pak Amien Rais dinilai mungkin menurut mereka, tapi fakta bahwa Amien tokoh reformasi, penggerak reformasi, harus diakui, kayak Bung Karno itu proklamator Indonesia, tiap orang nggak bisa menyangkal fakta itu," ujar Totok kepada wartawan, Senin (7/5).

(gbr/van)

DETIK
image-url-apps
Benar sekali. emoticon-Ultah
image-url-apps
kasian sangkuni emoticon-Mewek
KASKUS Ads
image-url-apps
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang

Amsyong jual tuh kaos rugi...alhamdulilah sekarang jual #DiaSibukKerja sehari dapat omset 5juta
image-url-apps
si amin memang pecun dang
bangsa ini harus mencatat dan mengingat akan pengkhianat2 bangsa sperti si tua bangka ini , zonkie dll
amin si bapak nya sugiono
image-url-apps
Desmond: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang
image-url-apps
INI ORG MAU DIGAMPAR KAOS2019GANTIJENISKELAMIN YA ?
image-url-apps
Quote:


MKASIH BRE UDH ENDORSE USAHA GUE


MOHON DOANYA BESOK BAKAL LAUNCHING SEMVAK KANCUT DAN LINGERIE 2019GANTIJENISKELAMIN
image-url-apps
Ckck..
Kasihan juga si amin. Gw gak dukung dia sekarang.
Tapi zaman dulu dia emang yg maju.
pasang badan berani lawan soeharto.

Emang dikira banyak orang yg berani lawan soeharto zaman dulu?

Itu tentara macam wiranto dan prabowo malah mereka lah yg antek2nya soeharto.
Megawati diem aja..bahkan anakbuahnya mati saat kasus 27 juli pun di gak mau usut padahal dah jadi presiden pun.

gimana nih emoticon-Leh Uga
image-url-apps
luka lama dibuka kembali

amien rais dulunya emang membenci prabowo

ini orang gerindra berusaha memainkan isu lama agar citra prabowo bisa naik
image-url-apps
Pahlawan dari gerakan reformasi ya para Mahasiswa, bukan si tua bangka macemnya sri bintang dan amin yg entah darimana tiba2 loncat naik ke atas panggung politik, apalagi si sengkuni amin dengan seenaknya mengamandemen UUD 1945 + 2x menggelar Sidang Istimewa tanpa memperhatikan aspirasi para mahasiswa yg berperan besar menggulingkan Soeharto emoticon-Big Grin

Kalo aja orang2 pada inget tentang Tragedi penembakan mahasiswa di Jembatan Semanggi (Tragedi Semanggi jilid 1 dan 2)...pasti pada ngeh kalo yg saat itu bikin mahasiswa bergerak ke DPR dalam skala massal kayak pas taun 98 salah satunya gara2 si amin gak mau denger masukan dari mahasiswa, pihak yg paling berperan bikin Soeharto kejungkal.

Sementara wowo?? Disaat mahasiswa bergerak, dia malah mendalangi penculikan2 aktivis yg malah bikin gerakan mahasiswa saat itu makin menggila. Udah gitu pas BJ Habibie menjabat, kariernya secara tragis harus berakhir gara2 mau coba2 bikin kudeta emoticon-Big Grin
Quote:


Lu pkir kurang berani apa dulu macam sri bintang, yg masuk penjara subversip... Cuman mega bintang dulu lobang buat kagak milih PDI buatan golkar dan golkar. Kurang galak gimana PDI/PDIP? Sampe kantor diacak2 ada yg mati jg.

Amien itu vokal aja.. tapi dia cuman aktor.. kagak pernah dia ditangkep gara2 ngomongin pak harto.. beraninya di mana? Dia cm dapet bocoran aja kl amrik ga lagi dibelakang suharto. Jd berani..
image-url-apps
namanya aja pecun

harus bisa ngangkang kanan kiri

Itulah si pecun politik emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


klo kasus 27 juli trus larinya ke tentara dan soeharto sm aja mentok . kejadiannya sm kaya kasus dukun santet yg korbannya kebanyakan kyiai NU . pdhl waktu itu jaman gusdur berkuasa, dan selama ini PKB kan selalu d dlm pemerintahan . tp ga bs ngusut jg ....


ini tentang abuse of power ....
image-url-apps
Quote:


BUAT SENDIRI POSTING SENDIRI... WKWK
image-url-apps
Amin ntu bpk repotnasi
Dia makannya banyak bre
hahaahah

kok tumbem kali ini org gerindra ngomongnya bener

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
image-url-apps
Quote:


Sri bintang berani?? Berani tapi bodoh kalo dia emoticon-Big Grin

Sementara di saat itu gua masih lebih respect sama Megawati, walau partainya diacak2 sampe pecah tragedi 27 Juni + dikambinghitamkan orba atas tragedi tersebut, dia masih gagah berani vokal + masih bisa bermain cantik agar tetap lolos dari jebakan2nya orba emoticon-Big Grin

Nah kalo amin?? Ah, dia mah oportunis sejati. Dari sejak sebelum sampe sesudah reformasi-pun jauh lebih banyak orang yg melihat sosoknya dengan perspektif negatif karena dia cuma pembonceng gerakan mahasiswa tapi ngaku2 sebagai penggerak reformasi emoticon-Big Grin

Lagipula emang secara politik luar negeri, disaat2 menjelang reformasi, hubungan Indo dengan Aussie (sekutu terbesar AS di region Asia Pasifik) setelah beberapa tahun mesra luarbiasa, tiba2 mulai kembali dingin gara2 Aussie mulai kembali ngebacot soal Timor Leste. Patut diingat, sejak Uskup Belo dari Timor Leste jadi pemenang Nobel Perdamaian taun 96 karena vokal melawan tindakan2 otoriter TNI di Timor Leste..sejak itu juga, suka atau tidak, AS dan para sekutunya mulai mengkritik Indonesia soal kebijakan otoriter pemerintah di Timor Leste emoticon-Big Grin
×