alexa-tracking

Kisahku Tentang Vaginal Birth After Cesarian (VBAC)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1646ac1d7707b288b4586/kisahku-tentang-vaginal-birth-after-cesarian-vbac
icon-hot-thread
Kisahku Tentang Vaginal Birth After Cesarian (VBAC)
Kisahku Tentang Vaginal Birth After Cesarian (VBAC)

​​​​​​​Aku mengetahui apa itu VBAC semenjak mempunyai 2 anak, itu pun hanya sebatas tahu saja. VBAC (Vaginal Birth After Cesarian) ialah melahirkan normal setelah pasca operasi sesar.

Di kehamilan ke-3​​​​​​ aku merasakan lelah karena bayi yang begitu aktif. Pada Minggu ke-32 lahirlah anak ke-3 dengan operasi sesar dikarenakan KPD (ketuban pecah dini) dan Prematur. Itulah pengalamanku yang pertama di ruang operasi, rasanya tak mau terulang kembali.

Kelahiran anak sebelumnya dilakukan dengan normal, itu pun di bidan walaupun ke DSOG hanya sebatas untuk USG.


Kelahiran anak ke-3 membuatku trauma akan halnya ruang VK, dan memutuskan untuk menjaga jarak, karena di kelahiran anak ke-3 ku, aku harus berjauhan selama 14 hari karena bermasalah dengan bayiku.

Ya jelas karena ia lahir prematur dan infeksi akibat terlalu lama dikeluarkan dari perutku. Itu pun terancam juga dengan detak jantung yang semakin melemah. Akhirnya, aku bertekad untuk menjaga baik-baik dia walaupun kondisi tubuh masih kurang baik. 


15 bulan usianya aku hamil sebulan rasanya tak bisa dibayangkan antara senang campur sedih. Saya masih ketakutan mengingat ruang operasi. Memang seperti itu rasanya masuk ruang operasi, pasti seluruh tubuh dingin dan menggigil.

Besokannya aku mulai kembali membuka website tentang VBAC dan beberapa grup yang aku follow di Facebook, rasanya semakin menambah ilmuku untuk memantapkan diri.


Lebih dari 5 bidan aku kunjungi dan lebih dari 3 DSOG mereka menolakku untuk melahirkan normal karna jarak yang sangat dekat kurang dari 2 tahun. Bidan hanya bisa membantuku 5 tahun usianya, sedangkan dokter 3 tahun minimal jaraknya.

Rasanya lelah sekali setelah hati ini mantap untuk melahirkan normal karena aku tak mau kembali ke ruangan operasi sebelum mencobanya. Jika di pertengahan melahirkan ada kendala dengan pasrah aku serahkan jalan yang terbaik.


Hari H pun tiba, akhirnya aku masuk juga di ruang VK dengan rasa waswas. Banyak tenaga kesehatan mengkhawatirkan kondisiku dengan jarak dekat ingin normal. Waktu 30 menit di pembukaan lengkap menanti DSOG, suster tak mau mengambil risiko mengeluarkan bayiku karena itu wewenang Dokter.

Aku pun harus sabar selama 30 menit padahal posisi kepala bayi sudah sangat terlihat keluar, sekali hentakkan dapat keluar. Tetapi saya tetap menahannya karena khawatir dengan jahitan sesarku. Akhirnya, persalinanku pun spontan ketika dokter datang.


Beberapa tips dan trick untuk sukses VBAC:


1. Jaga jarak, kalau sudah terlanjur hamil, maka edukasi diri;

2. Perkuat ilmu untuk banyak buka-buka website dan membaca kisah-kisah VBAC dan lainnya;

3. Hindari Induksi Persalinan karena ini tidak dianjurkan, induksi mengakibatkan robeknya bekas luka sesar karena induksi itu mulesnya terasa 2x mules alami;

4. Percaya diri akan membantu menjauhkan Anda dan bayi dari rasa stres;

5. Dukungan dari tenaga kesehatan (nakes) dan keluarga sangat penting untuk mencapai tujuan akhirnya. Dukungan keluarga paling dekat ialah seorang suami yang harus terus menyemangati istrinya;

6. Untuk rumah sakit, carilah rumah sakit yang mendukung walaupun sangat jarang untuk mendapatkan nakes VBAC. Cobalah terus berusaha jangan mudah putus asa;

7. Jika Anda memiliki kenangan yang sangat traumatis di rumah sakit sebelumnya, atasi trauma itu dulu. 



Semoga bermanfaat.


By: Yuni Mardiana.



Sumber : https://kumparan.com/babyologist/my-...ory-about-vbac

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kisahku Tentang Vaginal Birth After Cesarian (VBAC) Kisahku Tentang Vaginal Birth After Cesarian (VBAC)

- Kisahku Tentang Vaginal Birth After Cesarian (VBAC) Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit

- Kisahku Tentang Vaginal Birth After Cesarian (VBAC) Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ajarkan Anak Toilet Training

Nyimak aja lah bree
pertamax diamankan
nyimek bre
Pertamax?

Berbaktilah pada orang tua mumpung masih ada kesempatan.
Quote:


Koneksi abal" gagal pertamax

Pertalite aja 1 liter
nyimak juga lah
nyimak boleh ga emoticon-Malu
sakit
Nyimak.
Baiknya tetap konsultasi & ikuti kata Dokter.
Quote:


Boleh kok gan emoticon-Malu
Ya siap2in duit dan mental ae lah yak
Tandai dlu dh buat siang,
Vaginal binal emoticon-Ngakak
konsultasi sama dokter bre dan ikuti arahan dokyer

emoticon-raining
Terimakasih sharingnya sist.. sekarang ini ane juga sedang hamil anak ke 2, usia kandungan ane masuk 29minggu. Anak pertama ane dulu lahir SC karena terlilit tali pusar, padahal waktu itu ane sudah pembukaan 9, tapi ane memutuskan untuk SC aja karena kasihan dan khawatir juga sama si bayi. Untuk kehamilan ke dua ini ane pengen banget bisa melahirkan normal, dan memantabkan hati insyaAllah bisa karena jarak kelahiran anak pertama dengan kehamilan ini sudah 4 tahun, tapi sebulan yang lalu di USG ternyata posisi plasenta ane ternyata di bawah dan sebagian menutup jalan lahir, ane tanya ke dokter kemungkinan lahir normal bisa nggak ya dok? Kata dokternya sih kalau plasenta bisa bergeser ke atas dan tidak menutup jalan lahir ya bisa.. Harapan ane sih semoga plasenta bisa segera bergeser ke atas dan tidak menutup jalan lahir sehingga insyaAllah ane bisa melahirkan secara normal. Tapi ane pasrah saja bagaimanapun cara lahirnya yang penting ane n bayi ane selamat n sehat, nggak apa2 kalau harus melahirkan secara SC lagi..
Quote:


Hubungan nya apa bree emoticon-Leh Uga
kasusnya hampir sama dengan istriku saat ini, pasca caesar persalinan ke 3 mengalami masalah pada ginjal, akibat pendarahan hebat saat persalinan, setelah 12 hari berlalu blm mengalami menstruasi pasca melahirkan, apakah bermasalah?sampe saat ini msh rutin cuci darah
Quote:


Pikir aja sendiri brrrreeee
jejak dulu bre
Gembok ya bre