alexa-tracking

PM Tiongkok Tekankan Investasi Negaranya Akan Menggunakan Tenaga Kerja Lokal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af14e999e7404b6218b4571/pm-tiongkok-tekankan-investasi-negaranya-akan-menggunakan-tenaga-kerja-lokal
PM Tiongkok Tekankan Investasi Negaranya Akan Menggunakan Tenaga Kerja Lokal
PM Tiongkok Tekankan Investasi Negaranya Akan Menggunakan Tenaga Kerja Lokal


Dalam beberapa waktu terakhir, isu Tenaga Kerja Asing (TKA), khususnya yang berasal dari Tiongkok, menjadi sorotan publik. 

Pasalnya, pihak oposisi menuding pemerintahan Presiden Jokowi melonggarkan keberadaan TKA di tengah minimnya akses pekerjaan bagi WNI. Hal itu karena Presiden Jokowi meneken Perpres No 20 Tahun 2018 soal Tenaga Kerja Asing di Indonesia.

Meski informasinya dipelintir sedemikian rupa, namun publik banyak yang percaya dengan narasi banjirnya TKA di tanah air, khususnya TKA dari Tiongkok.

Menjawab tudingan tersebut, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang turut menepis anggapan tidak benar dari pihak oposisi itu. Dia menyatakan bahwa perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia harus menyerap tenaga kerja lokal. 

"Kami tekankan perusahaan Tiongkok yang investasi, harus (gunakan) sebagian besar tenaga kerja Indonesia," kata Li di Istana Kepresidenan, Bogor, Senin (7/5).

Perdana Menteri Tiongkok itu akan menginstruksikan seluruh perusahaan negaranya yang beroperasi di Indonesia untuk menyerap tenaga kerja lokal. 

Dengan begitu, Li berharap korporasi dari negaranya bisa memperluas lapangan pekerjaan bagi warga lokal, bukan membawa pekerja dari luar negeri, termasuk dari Tiongkok.

Merujuk data Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah tenaga kerja asing asal Cina di Indonesia hingga 2017 mencapai 24.804 orang. 

Secara keseluruhan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri memaparkan jumlah tenaga kerja asing di Indonesia masih dalam jumlah yang sedikit atau sekitar 0,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia. 

Hingga saat ini menurut data yang valid pun tidak ada lonjakan jumlah tenaga kerja asing di Indonesia.

Oleh karena itu, isu yang menyebutkan terdapat lonjakan jumlah tenaga asing merupakan "permainan" politik yang menyudutkan kebijakan pemerintah.

Merek memainkan informasi hoax untuk memfitnah dan menyudutkan pemerintah. Selain itu juga mengaburkan informasi yang benar di masyarakat.
image-url-apps
Mungkin pekerjaanya suruh pake hotpen
Nasbung biasanya ngiler liat yg model beginian di mall
baguslah...biar tak ada lagi yg mewek merengek2
KASKUS Ads
image-url-apps
gaji dan upah pun harus disetarakan
ya setelah ada aksi baru ada reaksi...sudah lumrah itu emoticon-Big Grin
klo soal TKA gak viral cem gini...gak bakalan itu digembar gembor klo PM tiongkok ingin pake TKI lokal
ada ada aja dah....
image-url-apps
Padahal TKI indonesia yg profesional di luar negeri itu banyak dan di hargai loh, contohnya programmer, design interior, insiyur, dosen dan masih banyak lgi.

Contoh aj temen gw yg programmer, gaji di atas 100jt klo di rupiahin. BONUS ? Jangan di tanya lagi karna karyawan terbaik di sana.

Dan temen gw lagi jadi audio techninal, gaji jg di atas 100jt klo di rupiahin. Tiket pulang pergi ke indonesia di biayain kantor, anak nya lahir dibiayain kantor.

TKI tenaga profesional kita tuh di akuin, ayoooo lahhh. Masa yg di dalam negeri ga mau berusaha biar jadi yang baik dari TKA itu sendiri.
image-url-apps
masukin dikit ggp kok om TKA nya emoticon-Ngakak
×