alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Berbekal Lulus STM, Mr. Nanang Jadi Guru SMK di Bogor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1459156e6afee468b4585/berbekal-lulus-stm-mr-nanang-jadi-guru-smk-di-bogor

Berbekal Lulus STM, Mr. Nanang Jadi Guru SMK di Bogor

Berbekal Lulus STM, Mr. Nanang Jadi Guru SMK di Bogor

Sedari usia anak-anak Nanang Sukandar begitu menyukai pelajaran sains dan eksak. Pria 52 tahun asal Kota Bogor itu mendalami pelajaran tersebut sembari menyelami bahasa asing hingga lulus STM.  

Sampai pada akhirnya, saat ini Nanang mendapat kesempatan menjadi guru di sebuah SMK dan SMP di Bogor. Nanang mengajar di dua sekolah tersebut pada hari Senin hingga Kamis. Sisanya, dia habiskan untuk berjualan es cincau di Jalan Pajajaran, Kota Bogor. 

Saat berjualan, Nanang kerap mengajak pembelinya berdialog dengan Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. Memang, tidak usah diragukan lagi, kemampuan Nanang berbahasa asing bisa dibilang menakjubkan.

“Kebetulan yayasan atau sekolah yang di Bogor, meminta Bapak untuk ngajar. Bukan Bahasa Inggris, tapi sains, eksak, Kimia, Matematika yang kayak gitu, Fisika juga gitu. Dulu kan saya senang matematika, IPA dulu ya sampai saya sekolah di STM. Itu di SMK, kalau di SMP ngajar Seni Budaya,” cerita Nanang kepada kumparan (kumparan.com), Jumat (4/5).

Lebih lanjut, Nanang berkisah, baru-baru ini dia ditawari menjadi guru Biologi di sebuah SMP. Dia pun sempat terkaget-kaget mendapati tawaran tersebut. 

“Tapi ini aneh, ada yang baru nawarin bapak ngajar Biologi di SMP. Ya mungkin karena biologi kan satu lingkup dengan IPA ya. Ada genetika, zoologi, botani, dan belajar tentang ekosistem ya,” sebut Nanang.  

Tawaran yang didapat Nanang itu sendiri bisa disebut tak sesuai dengan hati kecilnya. “Jadi sebenarnya bapak ingin ada sekolah yang ngerekrut Bapak untuk ngajar Bahasa Inggris,” kata pria dua anak itu. 

Kegemarannnya terhadap Bahasa Inggris membuat Nanang kerap mengajak murid-muridnya berbincang dengan bahasa asing itu di kelas. 

“Mereka antusias banget, dan mereka ingin kursus ke Pak Nanang Bahasa Inggris,” ujar Nanang. 

Namun, Nanang menyoroti beberapa murid atau generasi muda yang dia temui masih malu untuk berbincang dengan Bahasa Inggris di hadapan publik. Padahal, menurut Nanang, Bahasa Inggris memegang peran penting dalam segala sektor kehidupan, untuk saat ini dan nanti. 

“Jadi mereka mau mengembangkan kemampuan Bahasa Inggrisnya ya. Harus disadari kalau ada kesempatan kerja di luar negeri, tapi kalau enggak bisa Bahasa Inggris mau apa? Itulah kekurangan dari pemuda kita. Kendalanya banyak ya dari bahasa,” terang Nanang. 

Meski selama ini Nanang hanya lulusan STM, banyak orang menaruh hormat padanya. Dia adalah sosok teladan yang multitalenta dan penuh semangat. 

Beruntung, di usia senjanya, Nanang mendapat beasiswa S1 dari salah satu televisi swasta. Dia bisa berkuliah di Universitas Juanda dengan mengambil jurusan Komunikasi. Jurusan tersebut merupakan bidang yang dia sukai, karena dengan itu Nanang bisa luwes berbincang dengan banyak orang. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/b...u-smk-di-bogor

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Berbekal Lulus STM, Mr. Nanang Jadi Guru SMK di Bogor Berbekal Lulus STM, Mr. Nanang Jadi Guru SMK di Bogor

- Berbekal Lulus STM, Mr. Nanang Jadi Guru SMK di Bogor Mr. Nanang, Penjual Es Cincau yang Akan Buka Kampung Amerika di Bogor

- Berbekal Lulus STM, Mr. Nanang Jadi Guru SMK di Bogor Mr. Nanang Mahir Bahasa Asing karena Turis Bule di Indonesia

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di