alexa-tracking

Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af13d091cbfaa721d8b4574/mendag-sidak-ke-pasar-kuta-dan-jimbaran-semua-harga-terkendali
Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali
Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menggelar sidak ke dua pasar di kawasan Badung, Bali, Selasa (8/5) yaitu di Pasar Kuta 2 dan Pasar Adat Jimbaran. Enggar memantau langsung harga bahan pokok di kedua pasar tradisional jelang Ramadhan. Dari hasil pemantauannya, ia mengatakan harga bahan pokok di Bali stabil. 

"Seperti yang kita lihat dan saksikan bersama, semua harga terkendali dan sama. Kalau bawang putih ada beda Rp 1.000-2.000 selisihnya, tapi kita lihat bersama turun semua. Beras juga, gula juga, minyak goreng ada dengan harga Rp 11.000, yang setengah liter ada Rp 6.000," ungkap Enggar di lokasi. 

Tidak hanya di Bali, Enggar menegaskan bahwa bahan pokok di 32 provinsi di Indonesia saat ini masih stabil. Pihaknya akan terus memantau pergerakan harga bahan pokok. Pengawasan di lapangan akan dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat dibantu oleh Kepolisian. Bulog juga dilibatkan untuk membantu mengintervensi harga beberapa bahan pokok saat terjadi kenaikan. 

"Semua stabil. Dari 32 provinsi sudah kami datangi, tinggal 2 provinsi lain. Eselon 1 turun. Saya sendiri akan turun saat safari Ramadhan. Akan turun 200 staf kementerian untuk memantau. Semuanya akan dikontrol, makanya saya minta pak Kadis, untuk bersama-sama dengan Kadis di tingkat kabupaten dan kota memantau didampingi satgas dari Kepolisian. Tidak dalam artian represif, tapi kalau ada kelangkaan karena penimbunan. Dari Bulog juga terjamin, apalagi Dirut Bulog dari polisi," tegasnya.

Namun ia melihat masih ada pedagang kecil yang menjual bahan pokok dengan harga lebih tinggi. Penyebabnya karena faktor pembelian dalam jumlah kecil sehingga mereka mau tidak mau menjual dengan harga yang lebih mahal.

"Karena pedagang warung beli dengan jumlah sedikit, maka perolehannya lebih tinggi, dia jual dengan harga Rp 6.500 (setengah liter minyak goreng)," imbuhnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah berkomitmen untuk mengangkat para pedagang tradisional agar bisa mendapatkan akses membeli barang dengan harga yang sama. Caranya dengan melibatkan ritel besar agar mau bekerja sama.

"Salah satu yang akan dilakukan pemerintah bagaimana mengangkat pedagang tradisional dan warung pada level yang sama dari sisi akses perolehan barang itu sendiri. Barang harus bisa diperoleh dengan harga yang sama. Sebab kalau tidak maka Ia akan kalah bersaing. Ini secara bertahap akan kami lakukan. Semua akan kami coba benahi, tapi memang tidak bisa seketika. Itulah yang bapak Presiden minta, ekonomi kerakyatan dan berkeadilan," ujarnya.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...rga-terkendali

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali

- Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini

- Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali Warga Banda Aceh Serbu Pasar Murah, Beli Beras Hingga Telur

×