alexa-tracking

Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af13d03ddd7708e258b4580/pemudik-motor-diperkirakan-melonjak-33-di-lebaran-tahun-ini
Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini
Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini

Menjelang mudik lebaran 2018, pemerintah terus mengantisipasi peningkatan pemudik yang diperkirakan lebih tinggi dari tahun lalu. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan, lonjakan tertinggi tahun ini akan diisi pemudik dengan kendaraan roda dua atau motor sebesar 33%, selanjutnya disusul oleh transportasi udara 25%, lalu mobil 16%, kereta api 2%, dan laut 2%.

Adanya tren pelonjakan tahun ini menurutnya karena adanya beberapa penyebab. Pemerintah telah memperbaiki sarana prasarana infrastruktur jalanan, selanjutnya adanya peningkatan daya beli masyarakat yang mulai naik.

"Ya mudik seperti tahun lalu kelihatannya ada satu tren yang bertambah kalau saya bisa tambahkan, pertama prasarana lebih bervariatif dan baik tidak bisa dipungkiri juga daya beli masyarakat membaik tahun ini," ujarnya saat ditemui dalam Seminar Transportation Review Indonesia Menjelang Mudik 2018, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/5).

Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan riset sejak bulan Januari dengan melakukan touring dari Jakarta ke Surabaya bersama komunitas untuk melihat kondisi jalan non tol yang terbukti kondisinya cukup baik. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penumpukan di ruas-ruas tol seperti tol Brebes Exit (Brexit). Pihaknya juga menyarankan agar nantinya pemudik lebih menggunakan jalan non tol.

"Jalan darat terutama, nah ini kita manage kita memang melihat jalan tol menjadi titik tumpu. Kami akan share ke mereka bahwa jalan tol bukan segalanya. Kita sudah lakukan touring dan ini terbukti dengan jalanan baik, jadi kita maunya itu alternatif selain jalan tol," tambahnya. 

Meski demikian, Kabalitbang Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga menambahkan, nantinya pada mudik tahun ini sudah tidak ada lagi jalan darurat seperti tahun lalu. Pada tahun lalu, pemerintah menggunakan tol yang belum siap untuk dijadikan sebagai jalan darurat.

"Ada penambahan ruas jalan tol yaitu dari Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, dan Solo-Surabaya itu khususnya, kalau tahun lalu ada jalan darurat, Insyaallah tahun ini tidak ada lagi," pungkasnya.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...aran-tahun-ini

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini Mendag Sidak ke Pasar Kuta dan Jimbaran: Semua Harga Terkendali

- Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini

- Pemudik Motor Diperkirakan Melonjak 33% di Lebaran Tahun Ini Menhub Imbau Pemudik Tidak Gunakan Sepeda Motor

×