alexa-tracking

[SHARE] 4 Marketing Strategy di Masa - Masa Sulit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1397496bde65c6b8b4570/share-4-marketing-strategy-di-masa---masa-sulit
[SHARE] 4 Marketing Strategy di Masa - Masa Sulit
[SHARE] 4 Marketing Strategy di Masa - Masa Sulit

Halo agan-aganwati sekalian, hari ini ane mau sharing tentang bagaimana seorang pebisnis harus berperang melawan kondisi ekonomi yang saat ini gak seberapa bagus. Banyak kenalan-kenalan ane yang notabene pengusaha-pengusaha yang tinggal di bilangan Pantai Indah Kapuk ngeluh sana ngeluh sini, omzet menurun, harga barang naik, banyak toko tutup, dsb. Ane jadi pusing ngedengernya. Nah, dari situlah ane cari-cari berbagai macam strategi mengenai pemasaran atao Bahasa Spanyolnya Marketing, bisa juga dalam Bahasa jawa disebut Dodolan. Hahahahahahaha………….Akhirnya ane menemukan sebuah artikel keren gan yg ane rangkum ulang agar agan-aganwati yg punya bisnis baik itu offline ato onlen bisa bertahan atao bahkan lebih berkembang dari hari-hari sebelumnya. Simak artikelnya ney gan !!!!

emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Sundul Up emoticon-Shakehand2

 
Selalu ada cara bagi marketer untuk merebut hati konsumen. Terutama pada saat masa perekonomian yang sedang melemah seperti yang terjadi saat ini. Pelemahan ekonomi diindikasikan dengan pelemahan daya beli masyarakat dan juga melemahnya nilai tukar mata uang Rupiah terhadap mata uang Dollar Amerika Serikat. Namun, hal tersebut bukan untuk dijadikan alasan. Seorang marketer harus tetap menjadi pemenang dalam peperangan merebut perhatian konsumennya.
 
Saat dihadapkan pada kondisi seperti ini, biasanya ada empat hal yang lazim dilakukan oleh pebisnis-pebisnis Indonesia. Pertama, Pebisnis biasanya akan menerapkan strategi sachet marketing, yang mana mereka akan membuat edisi yang lebih ringkas dan kecil untuk membuat konsumen lebih sering membeli. Namun, biasanya strategi ini membuat marjin sebuah produk menjadi lebih tipis. Tapi, strategi ini terbukti ampuh dan jita serta telah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar.
 
Kedua, fighting brand. Dengan strategi ini, pebisnis akan menciptakan sebuah produk baru yang menjadi turunan dari produk utama. Strategi ini pernah digunakan oleh Maskapai pelat merah Garuda Indonesia saat menyasar pangsa pasar low cost carrier pada waktu itu.
 
Ketiga, guerilla marketingDengan menerapkan strategi ini, pebisnis harus bisa jeli dalam memilih medan tempurnya. Secara umum, model ini menjadi strategi tidak disangka-sangka dan tidak lazim. Strategi ini untuk menciptakan interaksi dan konsumen menjadi target di area-area yang sama sekali tidak diduga.
 
Keempat, adalah adjusted product proposition. Ini merupakan strategi yang memberikan nilai kepada konsumen melalui produk yang diluncurkan. Kata kunci dalam penerapan strategi ini adalah penyesuaian dengan kebutuhan khusus dari konsumen tersebut. 
 
Selain keempat strategi marketing yang telah disebutkan diatas, adanya fleksibilitas menjadi sangat penting dalam sebuah perusahaan saat kondisi ekonomi sedang melemah. Satu hal yang perlu diingat adalah seorang marketer harus bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Tetapi juga harus fokus kepada bisnis bukan kepada ego masing-masing.
 
Gimana agan-aganwati sekalian? Menarik ngga? Kalo ngga, atao ada saran-saran baru dalam dunia marketing silahkan comment yaaa, maklum ane cuman manusia biasa yg masih banyak belajar…… wkwkwkwkwkwkwk. emoticon-Kaskus Banget
 
Tapi ane ga akan berhenti buat share-share sesuatu tentang dunia bisnis yee, ane akan tetep sharing n bagi-bagi ilmu, update artikel, share video-video keren, dll yg penting Masyarakat Indonesia khususnya pemuda-pemudanya bisa sukses mau jd pengusaha, politisi, pejabat, pilot, nahkoda,atao apa aja deeh yg penting halal.


Source : https://bit.ly/2HYEs5S



BACA JUGA :

Tips Mengeruk Rupiah Dari Online Tanpa Modal.

Cara Mudah Menghasilkan Ribuan Dollar Melalui Youtube Tanpa Perlu Memiliki Keahlian Apapun.


Tidak pernah ada cara Meledakkan Penjualan Semudah ini, Promosi GRATIS dengan konversi tinggi yang menjangkau prospek TEPAT secara otomatis.


Sukses berjualan di Marketplace dengan modal minim.


Cara PROMOSI Ke Ribuan No Whatsaap cukup "SEKALI KLIK".


Cara Mudah Mendapatkan Audiens Tepat Untuk Meledakkan Penjualan Dalam Waktu Sesingkat - Singkatnya!

Tools fenomenal yang membantu Targeting Iklan Facebook Anda lebih Tertarget dan Relevan Dalam Waktu yang Singkat! 
 
di era disruptif ini marketing cuma salah satu komponen dari suatu program ato produk gan.

Dari analisa ane, disrupsi dateng dari evolusi sistem dan mekanisme, bukan operasi.

Bukan berarti yang ts tulis di atas salah. Tapi ane saranin look at the bigger picture.. kalo penurunannya akibat korban disrupsi, segala sistem marketing cuma patch dari serangan bertubi2 yang terus bakal dateng. Jadi istilahnya metode menghemat air waktu terdampar di padang pasir.

Contoh kecil:
Penjualan sedan premium medium di US dikuasai oleh pendatang baru yang menyerang tanpa program marketing yang nyata.
Jadi kompetitor dari pemain lama gak bisa menyerang balik ato bahkan cuma sekedar bertahan cuma pake program marketing.
Because that's just not the problem.
Quote:



Thx atas comment dan sarannya gan. Tidak dipungkiri bahwa Disrupsi memang dateng dr evolusi sistem. Namun, kita ngga boleh anggep disrupsi ini sbg ancaman tetapi sebagai peluang. Peluang untuk menciptakan sebuah perubahan. Krn keadaan dan kondisi berubah, otomatis kita hrs melakukan perubahan dimulai dg perubahan yg paling mendasar baik Internal maupun external. Nah, salah satunya adalah marketing. Memang pebisnis-pebisnis khususnya pemain baru tidak bsa nyerang balik cuman modal strategi marketing. Mereka harus membuat perubahan baik itu strategi pengelolaan SDM, financial, produksi, distribusi, dll. Krn penjualan akan amburadul jika ngga diimbangi dg perbaikan kondisi internal.

Sekali lagi thx atas commentnya gan, klo missal ada yg mau d share dgn senang bsa tuker pikiran dg agan ,,,,wkwkwkwk,,, salam kenal gan mainsilat

emoticon-Shakehand2

Jangan anggap flaming ya
Buat bahan diskusi aja, ane berharap trit2 diskusi bisa dominan di forbis, supaya bisa nutupin trit2 dari ts yang gak bisa bedain forbis dengan fjb emoticon-Wink

Quote:


i bet matahari, wallmart, toys r us will says otherwise emoticon-Big Grin

Quote:


i beg the differ.
In my humble opinion, pemain baru justru berpotensi jadi disruptor yang besar (kalo mereka mau). Karena infrastuktur dan ekologi bisnisnya masih dalam mold era.

Jadi justru kembali ke mereka. Are you the past or the future.

No offence guys emoticon-Smilie
disruption era is real, and its coming in silent to your doors in a expansional rate from ay directions.
Indonesia agak delay karena banyak hal, tapi bukan berarti selamet.
250jt penduduk is a large market to attract innovations based company. Dan sebagian besar bukan dateng dari negara kita.
Diperburuk lagi dengan information delay and ignorances cukup parah di sini.

Quote:


hubungannya ke sini.. jauh dari sistem tradisional, yang sebuah usaha itu hampir selalu revenue based, sekarang gak sesederhana itu lagi.

So, again.. in my opinion.. sebelom menuju ke hal2 teknis, sebaiknya kembali lagi ke core nya,
What are you and why are you doing it for what reason.. ini in terms of company locomotion ya. Bukan personal interest..

Dalam pengalaman, seringkali sebuah problem solusinya ternyata bukan di eksekusi, tapi justru di redesign ato rekonstruksi corenya.

Solusi di eksekusi efektif waktu tau pasti problemnya apa. Tapi kalo belom jelas, lebih sering justru wasting resources & capital.

Contoh :
Toko kelontong tradisional ter-disrupsi oleh mini market modern.

Marketing adalah hal terakhir yang harusnya dipikirin oleh pelaku usahanya.. because it's just not making any senses to do it. In long term (asumsi punya kapitalnya) ini gerakan bunuh diri.

Ini contoh lain:

Departement stores ter-disrupsi oleh supliernya sendiri! Yeah you read it right.. ini efek jangka panjang dari keberhasilannya online marketplace. Solusi Marketing cuma bakal nguntungin disruptornya.

Ini gambaran kecil yang sedang terjadi dan akan terjadi si masa depan :

Industri fotografi diserang oleh industri elektronik
Industri komputer diserang industri hp
Industri automotive diserang industri elektronik
Industri peternakan diserang industri processed food
Industri pertanian/perkebunan diserang industri transportasi

Process this info carefully, karena terlalu panjang buat dibahas dalam 1 posting

Intinya gini.. di jaman yang aneh ini, banyak kasus :
Produk udah bener
Pricing udah bener
Manajemen udah bener
Market udah bener
Tapi jatuh..
Ini gak bisa diobatin dengan strategi marketing
It's mean your company just... outdated.

Quote:


likewise gan emoticon-Smilie

moga2 jadi berkembang ya bahasannya hehe