alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Pilkada /
Ini Komitmen Gus Ipul-Puti ke JPPA se-Jatim
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af136d9dac13e69158b4570/ini-komitmen-gus-ipul-puti-ke-jppa-se-jatim

Ini Komitmen Gus Ipul-Puti ke JPPA se-Jatim

Ini Komitmen Gus Ipul-Puti ke JPPA se-Jatim
Pasangan Cagub-Cawagub Jatim yang diusung PDI Perjuangan Gus Ipul-Mbak Puti Guntur Soekarno, berkomitmen meningkatkan perhatian pada kaum ibu dan anak.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri ‘Workshop Pemetaan Impian Situasi Perempuan dan Anak Jawa Timur’, di hadapan Jaringan Pendamping Perempuan dan Anak (JPPA), di Surabaya.
Gus Ipul dan Mbak Puti menyiapkan 3 poin regulasi berupa Pergub, agar ada petunjuk teknis yang jelas sehingga pelaksanaannya bisa lebih efektif di Jawa Timur.
"Regulasi tersebut merupakan tindak lanjut atas Perda nomor 2 tahun 2014 tentang Sistem Penyelenggaraan Perlindungan Anak," urai Gus Ipul.
Tiga poin tersebut diusulkan Gus Ipul menjadi pembagian 3 kelompok penanganan pada perempuan dan anak.

Menurut Gus Ipul, kelompok pertama yakni perempuan yang tidak memiliki masalah. Pemerintahannya kelak akan mendorong pelaksanaan pemberdayaan perempuan mulai bidang sosial politik hingga ekonomi.

“Kami akan terus mendukung perempuan makin kreatif khususnya di bidang ekonomi,” kata Gus Ipul.

Jawa Timur kata pria Wagub Jatim 2 periode itu merupakan salah satu provinsi yang memiliki kebijakan sekaligus dukungan berupa anggaran yang besar untuk pemberdayaan ekonomi perempuan.
“Bidang ekonomi kreatif Jatim justru digerakan oleh perempuan, mencapai 52%,”katanya.
Kelompok kedua lanjut Gus Ipul, yakni perempuan yang rentan menghadapi masalah resiko tinggi. Dengan permasalahan yang mungkin timbul, pihaknya akan menggandeng LSM untuk menjadi pendamping kaum perempuan di Jatim.
“Pendampingan ini berupa perlindungan khusus bagi kaum perempuan yang terlibat atau terjerumus dalam permasalahan hukum. Misalnya prostitusi,” imbuhnya.

Terakhir, kelompok ketiga menurut Gus Ipul, yakni pada perempuan pekerja. Dirinya juga akan fokus memperhatikan para perempuan pekerja, utamanya pada pemenuhan hak untuk bayi-bayi pekerja.
“Memang saat ini sudah ada peraturan cuti hamil hamil selama tiga bulan bagi pekerja," imbuhnya. Namun sebagian ibu hamil yang bekerja masih merasa kurang cukup waktu dengan peraturan tersebut.
"Solusinya, kami akan mengeluarkan regulasi tentang waktu cuti hamil bisa lebih,” ujar Wakil Gubernur yang sedang cuti ini.
Tujuan rencana kebijakan ini kelak, lanjut Gus Ipul, karena masa depan anak juga harus dipikirkan. “Solusi ini bukan hanya untuk produktivitas dan kesehatan sang ibu, namun juga memikirkan masa depan anak-anak mereka,” jelasnya.
Lanjutnya, pihak Gus Ipul-Mbak Puti, akan menerapkan peraturan yang mendorong perusahaan maupun instansi untuk menyiapkan fasilitas laktasi kepada ibu menyusui. Sehingga meski si ibu bekerja, namun anak masih bisa terus mendapatkan ASI eksklusif.
Gus selanjutnya menandatangani tujuh poin komitmen dukungan sikap kepada perempuan dan anak di hadapan audiensi JPPA Jatim.


Spoiler for "Sumber :":

Thread Sudah Digembok
Urutan Terlama
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di