alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cina Setuju Naikkan Kuota Ekspor Minyak Sawit Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af129865a5163c94b8b4569/cina-setuju-naikkan-kuota-ekspor-minyak-sawit-indonesia

Cina Setuju Naikkan Kuota Ekspor Minyak Sawit Indonesia

Cina Setuju Naikkan Kuota Ekspor Minyak Sawit Indonesia

JAKARTA (INDOPETRO)- Presiden Joko Widodo meminta Perdana Menteri Cina, Li Kegiang,untuk menaikkan kuota ekspor beberapa komoditas dari Indonesia, salah satunya adalah minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO). Permintaan ini diajukan Jokowi saat dikunjungi Li Kegiang di Istana Bogor, Senin (7/5/2018).

“Tadi saya menekankan pentingnya peningkatan ekspor Indonesia ke Tiongkok dan disambut sangat baik oleh PM Li Keqiang,” katanya dalam pernyataan pers usai pertemuan.

Menurut Jokowi, Cina merupakan pasar ekspor yang besar untuk komoditas dan produk Indonesia, dikarenakan jumlah penduduknya yang mencapai 1,37 miliar. Beberapa komoditas unggulan ekspor Indonesia ke Cina di antaranya adalah CPO, sarang burung walet, kopi, serta aneka buah seperti manggis, buah naga, dan salak.

Menanggapi permintaan Jokowi, Li langsung menyatakan komitmennya untuk menaikkan kuota impor CPO dari Indonesia.

“Kami bersedia menambah kuota 500 ribu ton minimal, minyak sawit dari Indonesia. Pada saat ini Tiongkok impor minyak sawit tak kurang dari 5 juta ton per tahun. Jadi kami akan memberikan arahan ke kementerian dan lembaga terkait agar bisa merealisasikannya,” kata Li.

Mengutip data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), China merupakan pasar ekspor ketiga terbesar dari produk sawit Indonesia, dengan porsi 12,01%. Posisi China masih berada di bawah India, yang saat ini menjadi pasar ekspor terbesar dengan porsi 24,56% dan Uni Eropa sebesar 16,18%.

“Kami menyadari, saat ini Indonesia masih punya potensi untuk meningkatkan ekspor kelapa sawit Indonesia ke Tiongkok. China merupakan negara yang mengimpor kelapa sawit paling banyak dari Indonesia, dibandingkan negara produsen sawit lainnya,” ujar Li.

Menurut Li, China memperhitungkan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik di kawasan Asia Tenggara. Kerja sama kedua negara di sektor agrobisnis, diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan petani kecil di Indonesia.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Gak ada udang di balik bakwan kan yaa
Apa nih yg dituker ? emoticon-Leh Uga


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di