alexa-tracking

Curang, YouTube Hapus Konten di Ratusan Channel

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af115fc2e04c887678b4567/curang-youtube-hapus-konten-di-ratusan-channel
Curang, YouTube Hapus Konten di Ratusan Channel
Curang, YouTube Hapus Konten di Ratusan Channel

JAKARTA

Konten dari ratusan channel YouTube dihapus karena mempromosikan layanan penulisan esai bagi siswa yang ingin tugasnya dikerjakan orang lain. Keberadaan layanan tersebut diketahui setelah investigasi.  Minggu lalu, BBC merilis laporan investigasi. Dari penyelidikan tersebut, diketahui bahwa ada lebih dari 250 channel YouTube yang mempromosikan perusahaan Ukraina bernama EduBirdie yang menjual jasa penulisan esai pada murid yang ingin berbuat curang, lapor The Verge.

Perusahaan itu berkata, layanan mereka berguna untuk "riset pada subyek, membuat input awal untuk penulisan selanjutnya... penulisan ulang sesuai dengan standar edukasi dan disesuaikan dengan peraturan universitas Anda terkait plagiarisme." EduBirdie memasang iklan di ratusan channel YouTube, yang menyebutkan bahwa layanan tersebut adalah cara mudah untuk lulus dari sebuah kelas. BBC menemukan salah satu video yang mengandung iklan ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 700 juta kali.

Setelah penyelidikan yang dilakukan oleh BBC, YouTube memberikan notifikasi pada pemilik channel bahwa mereka akan menghapus video mereka jika video melanggar peraturan. Menjual layanan penulisan esai memang tidak terlarang. Namun, kreator hanya bisa memasukkan iklan dalam video jika iklan itu sesuai dengan peraturan YouTube. Inilah yang menjadi masalah.

YouTube melarang iklan tentang "bantuan akademik", termasuk layanan untuk membantu seseorang membuat laporan akademis atau lulus ujian. Karena melanggar peraturan tersebut, maka YouTube menghapus konten dari sebagian channel. BBC menyebutkan, ada beberapa channel yang harus merelakan ratusan videodihapus.


×