alexa-tracking

4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Memulai Investasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af10fe9582b2eff3b8b4572/4-hal-yang-harus-perempuan-ketahui-sebelum-memulai-investasi
4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Memulai Investasi
4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Memulai Investasi

Di zaman yang serba cepat saat ini, manusia seringkali memiliki berbagai kebutuhan dan keinginan yang sangat banyak. 

Belum lagi jika Anda sudah berkeluarga atau bahkan sedang dalam tahapan menuju ke sana.

Untuk memenuhi semua tuntutan tersebut terkadang tidaklah cukup dengan mengandalkan gaji semata. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara untuk memberdayakan uang yang kita miliki. Yakni salah satunya dengan melakukan investasi.

Tak dapat dipungkiri, stigma yang beredar dalam masyarakat kita sering menilai dunia investasi sebagai ranahnya laki-laki. 

Namun, seharusnya perempuan tidak perlu merasa dikecualikan.

"Perempuan saat ini memiliki potensi penghasilan yang luar biasa. Makin banyak perempuan yang lulus dari perguruan tinggi sebagai lulusan terbaik, memiliki rekam jejak yang bagus di organisasi, bahkan banyak perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga, jadi sangat penting bagi perempuan untuk mulai berinvestasi,” papar Marshay Clarke, pakar perencana keuangan.

Saat ini makin banyak perempuan yang berkecimpung dalam dunia industri. Dari segi penghasilan pun tak bisa diremehkan. Oleh karena itu penting bagi perempuan untuk memulai investasi.

Namun untuk Anda yang ingin memulai investasi baiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

Dilansir Huffington Post, berikut empat hal yang harus perempuan perhatikan untuk memulai invetasi.

1. Mulai sedini mungkin

Jika Anda ingin memulai investasi. Anda tidak harus sudah menikah atau harus memiliki minimal Rp 100 juta dalam rekening Anda misalnya. Yang paling penting adalah memulai investasi sedini mungkin. 

Karena invetasi merupakan rencana jangka panjang, yang hasilnya baru dapat dinikmati dalam jangka waktu tertentu. Jadi memulainya lebih dini dapat menjadi pilihan yan tepat. Terlebih lagi di saat Anda masih single dan belum banyak memiliki tanggungan.

2. Tentukan goal

Clarke memaparkan ia sering menemukan kurangnya rasa percaya diri pada perempuan yang sering kali membuat mereka urung berinvestasi. Namun lain halnya jika memiliki goal yang jelas. 

Untuk apa melakukan investasi, apa saja tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan investasi. Jika goal atau tujuan sudah terjabar dengan jelas, maka kepercayaan diri untuk berinvestasi pun lebih matang. Coba mulai sekarang rancang goal yang jelas hal apa yang memotivasi Anda melakukan investasi. Apakah untuk menabung biaya pendidikan anak Anda kelak, atau mungkin untuk menabung dana pensiun Anda nanti.

3. Gunakan aplikasi investasi

Saat ini tersedia berbagai aplikasi gratis untuk belajar mengenai investasi. Aplikasi investasi dapat menjadi langkah awal yang bagus untuk berinvestasi, karena Anda dapat belajar tentang investasi tanpa banyak risiko. 

Banyak dari perusahaan-perusahaan investasi tidak memiliki jumlah minimum untuk memulai berinvestasi. Bahkan mereka memiliki jumlah minimal yang sangat rendah. Tak perlu berinvestasi banyak, untuk pemula setidaknya Anda memahami cara kerja investasi terlebih dahulu.

4. Aktif bertanya

Berdasarkan pengalamannya, Clarke sering menemui perempuan yang berfikir apakah mereka sudah cukup memiliki modal yang pantas untuk berinvestasi. Dan solusi akan hal ini adalah rajin untuk berkonsultasi dan bertanya. 

“Anda tidak perlu ragu atau takut untuk mengajukan pertanyaan jika Anda tidak tahu jawabannya, terutama jika itu dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda,” ujarnya. 

Intinya adalah jangan ragu untuk melontarkan pertanyaan soal investasi yang ingin Anda lakukan. “Karena tidak ada konsultan keuangan atau seseorang yang memberimu saran akan memandang rendah Anda karena mengajukan pertanyaan guna mengatur keuangan Anda,” tutupnya.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanstyle/...ulai-investasi

---

Kumpulan Berita Terkait :

- 4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Memulai Investasi 4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Memulai Investasi

- 4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Memulai Investasi 5 Jurus Menghadapi Atasan atau Bos yang Menyebalkan

- 4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Memulai Investasi Bekerja Sendiri Ternyata Membuat Anda Lebih Bahagia, Apa Alasannya?

×