alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PLN Rugi Rp 6,49 Triliun di Kuartal I 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af0f7ae1cbfaad0158b4567/pln-rugi-rp-649-triliun-di-kuartal-i-2018

PLN Rugi Rp 6,49 Triliun di Kuartal I 2018

PT PLN (Persero) mencatatkan kerugian sebesar Rp 6,49 triliun pada kuartal I 2018. Kinerja keuangan PLN mengalami penurunan dibanding kuartal I 2017 yang berhasil meraup laba bersih Rp 510,17 miliar.

Dikutip dari laporan keuangan PLN untuk periode tiga bulan yang berakhir 31 Maret 2018 dan 2017, jumlah beban usaha PLN naik menjadi Rp 70,35 triliun dari Rp 60,63 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan beban usaha terutama dari biaya bahan bakar dan pelumas yang melonjak dari Rp 27,66 triliun di kuartal I 2017 menjadi Rp 33,52 triliun pada kuartal pertama tahun ini. Biaya pembelian tenaga listrik juga meningkat dari Rp 15,15 triliun menjadi Rp 18,14 triliun.

Pendapatan usaha PLN sebenarnya juga meningkat, namun tak mampu menutup kenaikan beban usaha. Penjualan tenaga listrik di 3 bulan pertama 2018 mencapai Rp 62,91 triliun, sementara di periode yang sama tahun lalu Rp 57,53 triliun. Pendapatan dari penyambungan pelanggan juga bertambah menjadi Rp 1,77 triliun dari sebelumnya Rp 1,619 triliun. Begitu juga pendapatan lain-lain sebesar Rp 387,65 miliar yang lebih baik dibanding Rp 326,49 miliar pada kuartal I 2017 lalu.

Untuk menekan kerugian PLN, Kementerian ESDM menerbitkan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1410 K/30/MEM/2018 untuk merevisi Kepmen ESDM Nomor 1395 K/30/MEM/2018 yang menetapkan patokan harga batu bara untuk kelistrikan di dalam negeri sebesar USD 70 per ton.

Harga batu bara khusus untuk PLN sebesar USD 70 per ton berlaku mulai 12 Maret 2018, tidak berlaku surut. Menurut perhitungan kasar PLN, patokan harga batu bara ini menciptakan efisiensi sekitar Rp 14 triliun untuk tahun ini.

https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/pln-rugi-rp-6-49-triliun-di-kuartal-i-2018

bayar listrik udh mahal perasaan masih rugi bae..
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
kuk kayaknya semakin parah, kenapa ya?
Inefisiensi dulu si Dahlan sukses ngangkat pelayanan dan pendapatan PLN kok sekarang terpuruk begini???..emoticon-Ngakak (S)
Ngeluh aja anjing rugi

liat noh rakyat ekonomi lesu aja ga boleh ngeluh
dollar 14 masih aman anjinggggggggg
ekonomi stagnan 5%

emoticon-Malu emoticon-Malu
Gak usah basa-basi langsung lah naikan tdl emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Monopoli kok rugi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Klo rugi terus ganti aja jd ternak kalajengking emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
pertamina sama pln dr zmn zebot bilangnya rugi mulu tp pejabatnya hidup super mewah
Ya udah naekin lagi emoticon-Ngakak
Jok gimana ini jok?
kata siapa pertamina rugi pertamina gak pernah rugi, tahun 2017 aja pendapatan 20 triliun kok
yang rugi cuman sektor penugasan (yang berhubungan dengan operasional program subsidi pemerintah)


kalo pln emang rugi, karena mayoritas pembangkit pake batubara yang sekarang harga batubara tertinggi sejak 2012 yaitu 100 dollar per ton
pln emang sekarat sih ,
harunya buat pembangkit gak fokus ke batubara , tapi ke yang lain,
saat batubara naik banget , modar kan lu


sori nolnya kebanyakan emoticon-Big Grin
Diubah oleh sthepcurry
saat nya hapus monopoli pln .
batu bara emang lagi bagus sih harganya , lagi naek , makanya pengusaha batu bara mulai menggeliat , mungkin ini ngaruh ya , sama minyak dunia juga naek ... ngaruh juga ya ?? kalo gak dinaekin tarif listrik lebih rugi dong ??? emoticon-Wow

Quote:


Quote:


noh udah di jawab ... ok udah siap aksi di CFD ?? ada bahan nih ... siapin juga kaosnya emoticon-Wkwkwk
ya udah naikkan aja lg harganya,

gitu aja koq repot emoticon-Cool
Quote:


Baru wacana PL nuklir aja Dari jaman sir beye dah heboh. Wkwk. Tapi ane juga ga percaya sih klo yg megang instalasi & perawatan pembangkit nuklirnya orang2 kita nyang slebor emoticon-Leh Uga
DMO batu bara baru dijalankan dibulan maret, mestinya Q2 udah bisa balik lagi. Jonan telat bikin aturannya.
Quote:


Apanya dijawab? emoticon-Bingung (S)
Quote:


sebenernya masih ada geothermal, air angin, surya panel
pada salah paham indonesia itu gak kaya migasnya, masih banyak yg jauh lebih kaya
tapi kita jelas kaya panasbumi
biarpun harga lisrik pembangkit terbarukan lebih mahal tapi setidaknya bisa investasi ngurangin ketergantungan ama komoditas yng harganya fluktuatif gini

kalo nuklir mungkin masih lama bro,
gue juga gak yakin soalnya,
tapi kalo mau belajar kerjasama ke jepang harusnya,
jepang juga pltnnya sempet jebluk gara gara gempa,
meroket turun emoticon-Selamat
Quote:


coba dibaca pelan pelan gan ... udah terjawab itu ... pertanyaan ente ke jok emoticon-shakehand
Quote:


ngaruh bray 2 sektor itu sangat berhubungan
biasanya trend nya begitu kalo minyak naik otomatis tambang naik, kalo turun otomatis sektor tambang ikut turun juga,


batubara sekarang bener bener diatas angin, gak kayak 2 tahun lalu yag pada stop operasi karena merugi, kita eksportier terbesar ke china , china sekarang masih dominasi batubara buat listriknya sama kayak kita
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di