alexa-tracking

Menanti KJRI Hong Kong Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af0a3385c7798d7328b4581/menanti-kjri-hong-kong-menyediakan-layanan-online-pengaduan-publik
Menanti KJRI Hong Kong Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik
Menanti KJRI Hong Kong Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik

Momentum May Day, Menanti KJRI Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik.

Oleh: Ida Royani

Selamat kepada KJRI yang pada Selasa (24/4) lalu meraih seritifikasi internasional dalam layanan masyarakat, yakni ISO 9001:2015. Dikutip dari Wikipedia, ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Harapan kita semua dengan adanya sertifikasi ISO 9001 akan memberikan manfaat maksimal kepada warga negara Indonesia (WNI) di Hong Kong, jika KJRI Hong Kong menjalankan ISO 9001 dengan cara yang benar dan praktis. Dengan implementasi yang benar tersebut, akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk meningkatkan layanan publik dan bukan hanya satu set prosedur yang disimpan dan dipajang saja, dan dipakai pada saat ada audit.

Kita apresiasi semangat berbenah dari Konjen KJRI RI Hong Kong, Tri Tharyat. Ia juga menginformasikan bahwasannya layanan yang masuk dalam sertifikasi ini mencakup legalisasi kontrak, job order, paspor, welcoming program, during stay, selain itu, sertifikat juga melingkupi exit program, layanan bantuan hukum, dan layanan pengaduan kasus ketenagakerjaan.

Terkait dengan layanan pengaduan kasus ketenagakerjaan, pada acara May Day Selasa (1/5), sejumlah buruh migran Indonesia (BMI) menggelar aksi peringatan Hari Buruh di Lapangan Victoria Causeway Bay juga di KJRI Hong Kong. 

Dalam acara itu, disebutkan bahwa fakta di lapangan banyak BMI yang tidak tahu ke mana mengadu dan meminta perlindungan ketika dihadapkan dengan kasus biaya potongan yang sangat tinggi atau overcharging, yang mereka tahu hanya pada agensi, meski ada perwakilan pemerintah (KJRI Hong Kong) tapi tidak semua BMI tahu bagaimana cara melapor kasus overcharging yang semakin menggila potongannya. Apalagi bagi BMI korban terminitan dan break kontrak.

Kita semua menginginkan suatu sistem yang fleksibel sesuai dengan kondisi BMI. Mungkin ada baiknya jika sistem pengaduan layanan publik KJRI Hong Kong juga menyediakan layanan online di website KJRI Hong Kong. 

Layanan online pengaduan publik merupakan suatu penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah atau hal ini KJRI Hong Kong dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Jika pengaduan online diimplementasikan, dapat dipastikan informasi dan bukti-bukti yang disampaikan oleh korban dalam formulir pengaduan bisa lebih detail, selain itu untuk peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik oleh KJRI Hong Kong.

Artikel ini telah dimuat di editorial, media cetak koran BERITA INDONESIA di Hong Kong pada edisi Mei 2018.



Sumber : https://kumparan.com/ida-royani15249...ngaduan-publik

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Menanti KJRI Hong Kong Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik Menanti KJRI Hong Kong Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik

- Menanti KJRI Hong Kong Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik Oknum Tak Bertanggung Jawab Ancam Keselamatan TKI

- Menanti KJRI Hong Kong Menyediakan Layanan Online Pengaduan Publik Pemilu LN Hong Kong dan Makau

×