alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pelajari Manajemen SDM, Mahasiswa UI Kunjungi Kemensetneg
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af092d39a095180158b4570/pelajari-manajemen-sdm-mahasiswa-ui-kunjungi-kemensetneg

Pelajari Manajemen SDM, Mahasiswa UI Kunjungi Kemensetneg

Pelajari Manajemen SDM, Mahasiswa UI Kunjungi Kemensetneg

JPP, JAKARTA - Institusion visit merupakan suatu kunjungan rutin ke sebuah institusi negara yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia (UI). Pada kunjungan kali ini, mahasiswa menyambangi Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Tujuannya institusion visit kali ini untuk mempelajari bagaimana sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) yang diterapkan di Kemensetneg serta agar mahasiswa dapat berkoneksi dengan lingkungan Kemensetneg.

Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kemensetneg Faisal Fahmi menerima kunjungan delegasi mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Negara Univeritas Indonesia didampingi dosen pembimbing mata kuliah Hubungan Industri Kusnar Budi, di Gedung III Lantai 4 Kemensetneg, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Di awal acara, Faisal Fahmi yang juga selaku Kepala Bidang Pengelelolaan Informasi Publik memberikan sambutan pembuka sekaligus paparan tentang upaya Kemensetneg mencapai institusi pemerintah yang smart governance.

Faisal menerangkan kiat-kiat sukses yang akan dilaksanakan jelang Asian Games 2018. “Ada tiga sukses yang kami upayakan, sukses sarana prasarana, sukses penyelenggaraan acara, dan sukses prestasi untuk Asian Games,” jelas Faisal.

Kunjungan delegasi ini berlanjut dengan membahas strategi kebijakan pengembangan karir Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Andri Kurniawan sebagai Kepala Biro SDM dan Muharromi selaku Kepala Bagian Mutasi Biro SDM. Biro SDM juga memiliki kebijakan reformasi birokrasi dengan Program Smart ASN.

“Aparatur Sipil Negara (ASN) harus melakukan inovasi digitalisasi dan debirokrasi melalui smart ASN,” ujar Andri.

Di era digitalisasi, Biro SDM sudah menerapkan beberapa inovasi berbasis teknologi. “Pelaksanaan ini sudah kami terapkan secara elektronik. Semua pegawai dapat mengakses lewat Sistem Informasi Manajemen (SIM) SDM,” tutur Andri.

Dalam paparannya, Andri menjelaskan tentang Sistem Merit yang sudah diterapkan Biro SDM. Sistem Merit merupakan kebijakan dan manajemen yang mengatur SDM ASN. Sistem tersebut memudahkan pegawai dalam mengakses terkait kepegawaian seperti manajemen karir, perencanaan, pengembangan, pola karir, penghargaan, dan sanksi berdasarkan penilaian kinerja.

Lewat penjabaran yang diberikan Andri, mahasiswa diharapkan dapat memahami tugas Biro SDM Kemensetneg. Selain itu, Andri juga menerangkan tentang bagaimana melakukan pembinaan ASN seperti pada proses rekrutmen, promosi dan mutasi, hak ASN, pembinaan penegakkan disiplin, penilian kerja, administrasi kepegawaian, dan pemberhentian/pensiun ASN.

Setelah pembahasan materi, mahasiswa diberi kesempatan melakukan tanya jawab dengan para narasumber. Suasana diskusi terlihat tenang tetapi serius. Acara ditutup dengan pertukaran cendera mata dan berfoto bersama. (stkb/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/sudut-ist...gi-kemensetneg

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Pelajari Manajemen SDM, Mahasiswa UI Kunjungi Kemensetneg KSP Jelaskan Fungsi sebagai Think Tank Pemerintah pada Mahasiswa S2 Unibraw

- Pelajari Manajemen SDM, Mahasiswa UI Kunjungi Kemensetneg Menristekdikti Ajak Mahasiswa Indonesia di Beijing Bangun Tanah Air

- Pelajari Manajemen SDM, Mahasiswa UI Kunjungi Kemensetneg Situasi Keamanan Memburuk, Pemerintah Imbau WNI Tidak Kunjungi Suriah

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di