alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Tugas Spesifik, Menkominfo: Balmon Ujung Tombak Kominfo di Daerah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af092cc98e31ba17c8b456e/tugas-spesifik-menkominfo-balmon-ujung-tombak-kominfo-di-daerah

Tugas Spesifik, Menkominfo: Balmon Ujung Tombak Kominfo di Daerah

Tugas Spesifik, Menkominfo: Balmon Ujung Tombak Kominfo di Daerah

JPP, MATARAM - Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di setiap provinsi, merupakan ujung tombak, muka, sekaligus citra dan wakil bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hubungannya dengan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam acara perpisahan dua kepala Balmon yang memasuki pensiun, di sela Evaluasi dan Monitoring Kinerja Triwulan I Tahun 2018 Ditjen Sumber Daya Pos dan Perangkat Informatika (SDPPI) Kemkominfo, di Mataram, NTB, Jumat (4/5/2018) malam.

“Di daerah orang melihat Balmon adalah Kominfo. Itulah kenapa saya menaruh perhatian banyak terhadap Balmon, karena mereka ujung tombak, untuk bagus tidaknya hubungan Kominfo dengan ekosistem di daerah-daerah,” jelas Rudiantara.

Karena itu, Menkominfo menjelaskan pembinaan bagi kepala Balmon atau UPT juga sumber daya manusia di dalamnya sangat lah penting guna menangani tugas-tugas yang tidak hanya sangat teknis tapi juga spesifik.

“Kita harus bisa mengantisipasi perubahan 5 sampai 10 tahun kedepan dari sekarang dalam konteks frekuensi, akses 5G, yang pasti berbeda dengan teknologi-teknologi akses sebelumnya, dan ini membutuhkan kemampuan-kemampuan dan keahlian,” jelas Rudiantara.

Menkominfo juga menyatakan mendukung penuh pengembangan sumber daya di Wisma Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Dijten SDPPI di Cidokom, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, yang belum lama ini membentuk fasilitas pelatihan untuk pejabat fungsional pengendali frekuensi dan tenaga sertifikasi perangkat telekomunikasi. “Suatu saat saya harus berkunjung ke sana,” ujar Rudiantara.

Selanjutnya, Menkominfo mengungkapkan bahwa Kemkominfo sangat concern dalam pembinaan SDM, di mana setiap tahunnya ada 20 pegawainya yang dikirim ke berbagai negara maju untuk meningkatkan kompetensi dan pengalamannya melalui program beasiswa, baik ke Amerika, Eropa, Australia, dan lainnya.

Hanya saja, menurut Menkominfo, sekarang Kementerian Kominfo tidak lagi mengirim ke negara-negara tersebut, tetapi ke India dan China, dua negara yang sudah terbukti memiliki SDM bidang teknologi informasi yang mumpuni, dan akan menjadi negara berkekuatan ekonomi terbesar dunia di masa mendatang.

“Banyak eksekutif dan petinggi di perusahaan IT global seperti Google dan Microsoft yang berasal dari India, dan itu bukti bahwa negara itu lebih maju dalam pengembangan SDM bidang ini dibanding negara lain,” ungkap Rudiantara.

Untuk itu, Menkominfo mengharapkan, pegawai-pegawai dari Ditjen SDPPI juga bisa memanfaatkan dan terlibat dalam program beasiswa ini untuk meningkatkan kompetensi dan keahliannya, terutama bagi yang masih berusia muda. (kom/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/320697...info-di-daerah

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tugas Spesifik, Menkominfo: Balmon Ujung Tombak Kominfo di Daerah Gotong Royong Semarak Hardiknas di Pelosok Daerah

- Tugas Spesifik, Menkominfo: Balmon Ujung Tombak Kominfo di Daerah Kemendes PDTT Gelar Pelatihan Jitupasna untuk Daerah Rawan

- Tugas Spesifik, Menkominfo: Balmon Ujung Tombak Kominfo di Daerah Pemerintah Serius Pacu Percepatan Pembangunan Infrastruktur

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di