alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Bupati Lampung Tengah Kumpulkan Suap dari Rekanan Proyek
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af09243d9d770067f8b456e/bupati-lampung-tengah-kumpulkan-suap-dari-rekanan-proyek

Bupati Lampung Tengah Kumpulkan Suap dari Rekanan Proyek

Bupati Lampung Tengah Kumpulkan Suap dari Rekanan Proyek

Jakarta: Bupati Lampung Tengah, Mustafa ditetapkan sebagai tersangka perkara dugaan suap persetujuan pinjaman daerah untuk APBD Lampung Tengah tahun anggaran 2018. Uang suap diperoleh dari rekanan penggarap proyek TA 2018. 


Kasus suap ini berawal ketika Mustafa memohon persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menyetujui pinjaman daerah dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) Persero. Untuk memuluskan hal tersebut, Mustafa menyetujui permintaan fee oleh Wakil Ketua I DPRD, Natalis Sinaga sebesar Rp5 miliar. 


'Mustafa meminta Kadis Bina Marga, Taufik untuk merealisasikan permintaan Natalis. Mustafa juga meminta Taufik agar menyediakan uang tambahan sebesar Rp3 miliar sesuai permintaan Natalis untuk diberikan kepada Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dari Partai Demokrat, PDIP dan Partai Gerindra,' kata Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat membacakan surat dakwaan untuk Taufik di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, 7 Mei 2018. 


Baca: Kadis Bina Marga Lampung Tengah Didakwa Suap Anggota DPRD


Untuk memenuhi uang yang diminta Natalis, Taufik lantas mengumpulkan para rekanan yang akan menggarap proyek di tahun anggaran 2018 atas arahan dari Mustafa. Dalam pertemun itu, Taufik meminta fee dari para penggarap. 


Dua rekanan proyek yang setuju memenuhi permintaan Taufik menuntut imbalan berupa commitment fee. Simon Susilo meminta proyek senilai Rp67 miliar dengan imbalan fee Rp7,5 miliar. Sedangkan Budi Winarto meminta proyek senilai Rp40 miliar dengan imbalan fee Rp5 miliar. 


'Taufik memerintahkan Rusmaldi untuk mengambil uang dari Simon Susilo dan Budi Winarto alias AWI secara bertahap sehingga terkumpul seluruhnya sebesar Rp12.500.000.000,00 (dua belas miliar lima ratus juta rupiah),' beber Jaksa. 


Baca: Bupati Mustafa Lobi DPRD Soal Pinjaman untuk APBD


Atas perbuatannya, Mustafa dan Taufik selaku pihak pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/nN...rekanan-proyek

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Bupati Lampung Tengah Kumpulkan Suap dari Rekanan Proyek KPK Usut Keterlibatan DPRD Lampung dalam Kasus Suap

- Bupati Lampung Tengah Kumpulkan Suap dari Rekanan Proyek Ketua DPD Gerindra Lampung Diperiksa KPK

- Bupati Lampung Tengah Kumpulkan Suap dari Rekanan Proyek KPK Periksa Pimpinan Fraksi DPRD Lampung

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di