alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Sontoloyo dan comberan dalam politik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af0886de05227d04e8b4568/sontoloyo-dan-comberan-dalam-politik

Sontoloyo dan comberan dalam politik

Sontoloyo dan comberan dalam politik

BAHASA | Mungkin wajar, dalam persaingan politik digunakan kata yang keras, bahkan kasar, untuk menyerang lawan. Amien Rais, salah satu pendiri Partai Amanat Nasional, bulan lalu menyebut partai setan dan partai Allah. Lantas lawan politik dari Hanura membalas Amien dengan menyebutnya politikus comberan. Kata "comberan" berarti pelimbahan.

Perang kata sudah mereda, namun pekan lalu Amien mengucapkan sontoloyo -- meniru Bung Karno -- dalam Pengajian Jelang Romadon, di Alun-alun Banjarnegara, Jawa Tengah. Belum jelas siapa yang ia maksud. Tapi PDI Perjuangan menduga ucapan itu menyasar Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Dua tahun lalu Amien juga menggunakan sontoloyo untuk mengatai Gubernur DKI Jakarta saat itu, yang gemar bicara tajam bahkan kasar, "Saya kira si Ahok itu memang sontoloyo." Kala itu Ahok melarang penggunaan mimbar khotbah untuk berpolitik.

Tentang arti "sontoloyo", yang menurut KBBI adalah "konyol, tidak beres, bodoh (dipakai sebagai kata makian)", pada mulanya adalah penyebutan untuk penggembala bebek.

Kata "bajingan" pun dulu secara denotatif berarti kusir pedati. Ya, serupa "germo" yang berarti pemburu binatang (buas). Begitu pun dengan sebuah kata lama, yang berarti pekerja seks komersial, dulu hanya berarti serangga sejenis wangwung (kumbang kelapa; Oryctes rhinocerus). Adapun "semprul", mulanya berarti tembakau yang berkualitas paling buruk.

Semoga kosakata dalam hiruk pikuk politik tak mengangkut semua kata tabu berulang kali -- ada maupun belum ada dalam kamus resmi.
Sontoloyo dan comberan dalam politik


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dalam-politik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sontoloyo dan comberan dalam politik Tuntutan 20 tahun dan bagi-bagi aset First Travel

- Sontoloyo dan comberan dalam politik Pasokan dan harga BBM selama Ramadan dipastikan stabil

- Sontoloyo dan comberan dalam politik PTUN tolak gugatan Hizbut Tahrir Indonesia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di