alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Tolak Eksekusi Lahan, Warga di Padang Blokade Jalan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af02b4dded770c6568b4572/tolak-eksekusi-lahan-warga-di-padang-blokade-jalan

Tolak Eksekusi Lahan, Warga di Padang Blokade Jalan

Tolak Eksekusi Lahan, Warga di Padang Blokade Jalan

Langkan.id, Padang- Isak tangis dan derai air mata mewarnai eksekusi lahan di Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin 7 Mei 2018. 

Proses eksekusi tersebut, sempat dihalangi warga dengan cara memblokir jalan, dengan memasang barikade kayu di tengah jalan.

Kepala waris suku kaum Balai Mansiang di daerah Parupuk Tabing, Nofrialdi Nofi Sastra mengatakan, warga bersikukuh menolak eksekusi karena tanah seluas 2 hektar yang disengketakan, berada dalam posisi perdamaian antara suku Balai Mansiang dan suku Guci.

“Namun 2 orang dari kelompok suku Guci tersebut melakukan gugatan ke persidangan dan mereka memenangkannya, kemudian atas dasar putusan pengadilan tersebut mereka mau mengambil lahan ini,” ujarnya.

Kata Nofrialdi, sudah ada perjanjian perdamaian antara beberapa mamak kepala waris suku pada tahun 2006 yang disaksikan Wali Kota Padang waktu itu Fauzi Bahar.

Kemudian pada 2016, juga kembali dilakukan perjanjian damai di rumah dinas Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi yang saat itu bertindak sebagai mediator.

“Sudah berulang kali kami melakukan perjanjian perdamaian, namun eksekusi tetap saja dilakukan dan eksekusi kali ini adalah yang keenam kalinya, tiga kali di tahun 2012 dan tiga kali di tahun 2018,”ujarnya.

Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Ediwarman mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan eksekusi karena lahan yang disengketakan itu sudah berkekuatan hukum tetap.

“Hari ini, kami melakukan pengamanan eksekusi setelah kemarin sempat tertunda. Namun setelah mediasi kami fasilitasi, kedua pihak tidak menemukan kata sepakat, maka karena ini sudah berkekuatan hukum tetap akhirnya eksekusi kita lanjutkan dan masyarakat terlihat mendukung karena tidak terjadi insiden,” ujarnya.

Kata Ediwarman, pengadangan yang dilakukan karena informasi belum diterima secara penuh puluhan warga tersebut.

“Namun setelah kami katakan bahwa eksekusi ini murni melaksanakan putusan pengadilan, akhirnya mereka melunak dan mundur,” ujar Ediwarman sembari menyebut pihaknya menurunkan 300 personel saat eksekusi tersebut. (Almurfi Syofyan)



Sumber : https://kumparan.com/langkanid/derai...ahan-di-padang

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tolak Eksekusi Lahan, Warga di Padang Blokade Jalan BNN Musnahkan 6 Hektare Ladang Ganja di Aceh Besar

- Tolak Eksekusi Lahan, Warga di Padang Blokade Jalan Ketua Panitia Pembagian Sembako di Monas Penuhi Panggilan Polda Metro

- Tolak Eksekusi Lahan, Warga di Padang Blokade Jalan Cabup Maman : Kita Harus Menang

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di