alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Ke Jokowi PM China Curhat Soal Larangan Impor Jeruk Mandarin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af025b250741028298b456a/ke-jokowi-pm-china-curhat-soal-larangan-impor-jeruk-mandarin

Ke Jokowi PM China Curhat Soal Larangan Impor Jeruk Mandarin

Ke Jokowi PM China Curhat Soal Larangan Impor Jeruk Mandarin

Kerja sama ekonomi dan perdagangan menjadi topik bahasan utama dalam pertemuan Perdana Menteri China Li Keqiang dengan Presiden Joko Widodo. Li menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5).

Terkait perdagangan, Presiden meminta China meningkatkan impor komoditas unggulan produk Indonesia. Seperti kelapa sawit, sarang burung walet, kopi, serta buah-buahan tropis di antaranya manggis, buah naga, dan salak.

“Dengan jumlah penduduk 1,37 miliar, China merupakan pasar yang besar bagi produk-produk unggulan ekspor Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers bersama Perdana Menteri Li Keqiang di Istana Bogor.

Menanggapi permintaan itu, Li menyatakan siap untuk meningkatkan impor kopi dan buah-buahan tropis. Namun dia sempat menyampaikan curhat (curahan hati), terkait pembatasan impor buah-buahan dari China, khususnya jeruk mandarin.

“Saya berharap dari Indonesia bisa ditingkatkan impor jeruk mandarin. Kami memastikan bahwa standar dan kualitas jeruk mandarin sesuai dengan standar dan kualitas Indonesia,” ujar Li Keqiang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, menjelang tahun baru China (Imlek) pada Januari lalu, masyarakat sulit mendapati jeruk mandarin di pasaran. Kementerian Perdagangan memang tak menerbitkan Surat Persetujuan Impor (SPI) komoditas tersebut, sejak akhir 2017 hingga masa tahun baru Imlek 2018 tiba.

Dari pantauan kumparan (kumparan.com) pada Januri lalu, harga jeruk mandarin pun melonjak hingga 1.600% akibat kelangkaan di pasar. 

Sementara itu, komoditas yang disebutkan Presiden Joko Widodo seperti sarang burung walet, manggis, dan kopi, ekspornya terus meningkat ke China. Bahkan Indonesia menjadi penguasa pasar yang cukup besar untuk komoditas tersebut.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbisnis...jeruk-mandarin

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Ke Jokowi PM China Curhat Soal Larangan Impor Jeruk Mandarin Ke Jokowi PM China Curhat Soal Larangan Impor Jeruk Mandarin

- Ke Jokowi PM China Curhat Soal Larangan Impor Jeruk Mandarin Zulkifli soal Tak Ikut Bertemu Partai Pendukung Jokowi: PAN Merdeka

- Ke Jokowi PM China Curhat Soal Larangan Impor Jeruk Mandarin Pimpinan DPD RI Temui Jokowi di Istana Bogor

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di